Langsung ke konten utama

26 Akibat Dehidrasi Yang Perlu Diwaspadai

Akibat Dehidrasi - Akibat dehidrasi merupakan salah satu efek yang sangat tidak baik di sebabkan kekurangan cairan di dalam tubuh yang dapat mengakibatkan beberapa macam keluhan kesehatan tubuh. keluhan tersebut dapat menyerang siapa saja baik itu tua, muda, anak anak ataupun lansia. Maka dari itu, biasakanlah untuk minum setidaknya 2 liter perhari.

Akibat Dehidrasi, Dehidrasi, Cairan, Kekurangan Cairan, Haus


Berbicara tentang akibat dehidrasi dalam kondisi normal, cairan yang ada di dalam tubuh dapat hilang setiap harinya sekitar 1000-4500 ml yang dikeluarkan melawati keringat. Apabila cairan yang ada di dalam tubuh lebih banyak pengeluaran dari pada yang di dapat maka hal ini bisa menyebabkan dehidrasi. Akibat dehidrasi tersebut dapat menimbulkan gejala-gejala yang mengganggu pada kesehatan. Berikut inilah akibat dari kekurangan cairan atau dehidrasi.

1. Rentah terserang penyakit kulit


Dehidarsi merupakan salah satu keadaan tubuh kehilangan banyak cairan dari pada yang di peroleh.. Hal ini bisa menyebabkan kelembapan kulit yang asli menjadi hilang dan dapat menimbulkan kering pada kulit dan mengakibatkan sel yang ada di permukaan kuit kehilangan tenaga untuk mencegah serta menawar jamur yang menempel dengan keringat.

2. Fungsi ginjal terganggu


Akibat dari dehidrasi bisa menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal dimana sistem kinerja ginjal dapat berkurang. Selain itu, ginjal tidak dapat memiliki kemampuan untuk mengontrol cairan di dalam darah secara maksimal. Dengan adanya hal tersebut bisa mengakibatkan tubuh anda mengalami keracunan yang di peroleh dari berbagai macam makanan yang sudah anda konsumsi.

3. Mempercepat keriput dan sel kolagen


Pasti semua orang tidak menginginkan keriput pada tubuh terutama wanita, yang sangat menjaga kecantikan kulit. Kurangnya cairan di dalam tubuh seseorang bisa merusak sel kolagen yang ada di bawah jaringan kulit, sehingga tidak dapat mengatur minyak alami dan air yang ada pada kulit, maka akan mengakibatkan jaringan kulit gersang serta keriput. Jika kondisi ini di biarkan berkepanjangan maka akan mempercepat penuaan dini yang merupakan kulit menjadi keriput di sekeliling wajah.

4. Radang sendi


Akibat dehidrasi yang berkepanjangan sangat lama bisa mengakibatkan cairan pelumas yang ada pada sendi menjadi tidak stabil serta peredaran darah di sekeliling sendi tidak bisa lancar sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri.

5. Imunitas tubuh menurun


Siapapun orangnya jika mengalami imunitas tubuh menjadi turun maka akan menyebabkan gangguan pada kesehatan. akibat dehidrasi yang mudah terjadi yaitu seseorang yang mudah terkena demam, flu dan menggigil. Keadaan ini di akibatkan oleh imunitas anda di dalam situasi yang kurang baik atau mengalami penurunan.


6. metabolisme tubuh lambat


Metabolisme tubuh bisa mengalami keterlambatan dapat di sebabkan oleh berbagai macam gangguan salah satunya adalah akibat dehidrasi. Kekurangan cairan di dalam tubuh yang di sebabkan karena kurangnya mengkonsumsi air putih bisa merusak struktur metabolisme tubuh.

7. Gangguan pencernaan


Menjaga sistem pencernaan di dalam tubuh sangatlah perlu sekali karena demi menjaga kesehatan. akibat dehidrasi ini dapat menimpa siapapun sehingga bisa menimbulkan gangguan pada pencernaan di dalam tubuh, jaringan usus yang ada di dalam tubuh akan mengalami kekeringan dan sangat mudah sekali terluka dan menimbulakan infeksi yang serius pada saat mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol.

8. penumpukan racun di dalam tubuh


Berkumpulnya racun diu dalam tubuh dapat di sebabkan karena berbagai macam penyebab terutama makanan yang di konsumsi setiap hari, selain itu, penumpukan racun di dalam tubuh bisa juga akibat dari dehidrasi dan menyebabkan tubuh mengalami keracunan.


9.  Sering kram otot


kram otot sering di alami seseorang yang mempunyai hobi berolah raga. Akibat dari dehidrasi ini bisa menimbulkan penyusutan, kekeringan, kontraksi dan memperlambat aliran darah di sekeliling otot secara terus menerus.


10. Saluran kandung kemih terganggu


Pada saat tubuh anda mengalami kekurangan cairan bisa mneyebabkan dinding kandung kemih mudah terkena infeksi yang dapat menggangu kelancaran buang air kecil. kondisi ini sangat berbahaya karena mempunyai hubungan bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga : 12 Pencegahan dan Pengobatan Ispa Secara Alami


16 Akibat Dehidrasi Lainnya : 


11. Sakit kepala
12. Tubuh mudah lelah
13. Menyebabkan sembelit
14. Mulut bqau tak sedap
15. Tak sadarkan diri
16. Sulit berkonsentrasi
17. Kolesterol meningkat
18. Enzim tubuh terganggu
19. Tekanan darah rendah
20.Tekanan darah tinggi
21.  Gangguan emosional
22. Stamina berkurang
23. Suhu tubuh meningkat
24. Gangguan daya ingat
25. Dada sakit
26. Ingin makan gula

Berbagai akibat dari dehidrasi yang dapat anda ketahui dan perlu di waspadai, Jika anda salah satu orang yang mengalami tanda-tanda dehidrasi seperti di atas, segeralah untuk pergi kedokter untuk segera di tangani secara khusus karena dehidrasi sangat berpengaruh sekali terhadap aktifitas anda sehari-hari. Tetaplah menjaga gaya hidup yang sehat agara anda terhindar dari beberapa macam penyakit.