Langsung ke konten utama

23 Penyebab Gigi Kuning dan Banyak Plak

Penyebab Gigi Kuning - Gigi merupakan aset yang paling berharga bagi seseorang terutama public figure untuk bisa menambah kepercayaan diri dan menunjang penampilan. Namun banyak kesalahan yang terjadi dalam hal perawatan gigi sehingga menyebabkan gigi kuning. Gigi yang kuning tentunya menurunkan tingkat kepercayaan diri sebagian bahkan hampir seluruh orang. Banyak orang yang menginginkan memiliki gigi putih yang bersih. Penyebab gigi kuning merupakan hal-hal yang menjadi kebiasaan dan berada di sekitar kita.


Gigi Kuning, Plak Gigi, Penyebab Gigi Kuning, Kuman Gigi


Ketika tidak dijaga dengan benar, kesehatan gigi akan terganggu bahkan warna putihnya yang disebabkan email gigi bisa memudar seiring dengan waktu. Oleh sebab itu kita perlu tahu hal apa saja yang bisa menjadikan gigi berubah menjadi kuning. Berikut ini merupakan beerapa hal penyebab gigi kuning yang wajib kamu ketahui:


1. Jarang Sikat Gigi


Hal pertama yang bisa menjadi penyebab gigi kuning adalah jarang sikat gigi. Ketika makan, makanan akan menyebabkan plak di gigi, plak tersebut akibat sisa makanan yang menumpuk. Sisa dari kotoran makanan tersebut yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Jarang menyikat gigi dapat menyebabkan gigi mengalami berbagai macam gangguan seperti gigi menjadi berlubang dan memunculkan plak atau karang gigi yang sulit untuk dihilangkan dengan gosok gigi biasa.

2. Kopi


Kopi dapat menjadi penyebab gigi menjadi kuning, kopi merupakan minuman yang memiliki kandungan kafein yang tinggi, kafein tersebut yang membuat gigi menjadi kuning, akan tetapi pada kopi yang tidak diberi gula, kemungkinan kafein untuk menempel pada gigi sangat kecil. Kopi yang mengandung gula yang memperbesar kemungkinan gigi menjadi kuning, sebab gula akan mengikis email pada gigi sehingga kafein akan menempel pada lapisan di bawahnya dan menyebabkan gigi menjadi kuning.

3. Mengonsumsi Minuman Dingin dan Panas Secara Bersamaan


Konsumsi makanan dan minuman dingin secara bersamaan, dapat melemahkan lapisan email pada gigi, email pada gigi meskipun suatu lapisan yang kuat apabila terlalu sering terkena pana dan dingin secara bersamaan dapat rusak, ketika rusak makan gigi akan menjadi kuning sebab email gigi, sebagai pelindung gigi tidak mampu melakukan fungsi kerjanya.

4. Merokok


Penyebab gigi kuning lainnya yaitu kandungan tar pada rokok, kandungan tar pada rokok dapat menumpuk pada paru-paru dan pada gigi, bahkan organ lain. Tar merupakan senyawa yang mirip dengan aspal yang biasanya digunakan untuk mengaspal jalanan. Kebayang kan betapa mengerikannya efek tar tersebut apabila masuk dan tersimpan dalam tubuh.

5. Melakukan Bleaching Gigi Tidak Sesuai Anjuran Dokter


Bleaching gigi merupakan proses pengikisan gigi, pada proses bleaching gigi lapisan email pelindung gigi dikikis guna membuka lapisan baru dibawahnya, apabila hal ini terlalu sering dilakukan maka gigi akan menjadi lemah dan rawan terserang bakteri sehingga menjadi kuning. Jadi bagi kamu yang ingin melakukan bleaching konsultasi terlebih dahulu ke dokter keluarga atau dokter langgananmu

6. Mengkonsumsi Alkohol Berlebih


Alkohol dipercaya dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Alasannya yaitu kandungan kimia pada alkohol mampu merusak lapisan luar gigi sehingga warnanya bisa berubah menjadi kuning. Alkohol pun mampu menyebabkan gigi menjadi berlubang.

7. Menggunakan Penyegar Mulut Berlebih


Penyegar mulut merupakan bahan bahan kimia aktif yang akan membunuh bakteri, apabila terlalu sering menggunakan penyegar mulut, maka bakteri di dalam mulut akan kebal dan resisten sehingga menjadi bakteri yang ganas, dan mengancam gigi kamu.


8. Mengonsumsi Permen Berlebih


Penyebab gigi kuning lainnya adalah suka mengonsumsi permen yang berlebihan. Kandungan gula yang tinggi menarik bakteri untuk datang, apabila tidak dibersihkan makan akan menyebabkan bakteri bersarang di gigi dan menimbulkan plak berwarna kuning

9. Mengonsumsi Teh Berlebih


Teh juga menjadi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, akan tetapi tidak setinggi kandungan kafein didalam teh apabila dibandingkan teh. Kafein pada teh bekerja layaknya kafein pada kopi, yaitu menyerang email di gigi sehingga menyebabkan kerusakan lapisan pelindung gigi.

10. Genetik


Salah satu penyebab gigi kuning lainnya adalah karena genetik. Faktor genetic disini mempengaruhi tingkat ketebalan dari email gigi itu sendiri, beberapa orang memiliki email yang tebal sehingga lebih tahan terhadap masalah gigi kuning, dibanding yang lainnya.

Baca Juga: 15 Bahaya Menambal Gigi di Tukang Gigi



Penyebab Gigi Kuning dan Banyak Plak Lainnya :


11. Minuman Soda
12. Makan minuman terlalu manis
13. Obat-obatan tertentu
14. Klorin
15. Mengidap penyakit
16. Terlalu sering menggosok gigi
17. Waktu gosok gigi yang salah
18. Kebiasaan buruk
19. Tidak berkumur setelah makan
20. Memakan makanan mengandung zat penyebab plak pada gigi
21. Bakteri yang berkembang biak di gigi

Bebagai penyebab gigi menjadi kuning dan terdapat banyak sekali plak diatas dapat menjadi acuan bagi anda untuk menghindari hal-hal tersebut. Rawat gigi putihmu agar kelak menjadi aset yang sangat berharga dalam hidupmu, karena kesehatan merupakan harta yang paling mahal dan paling berharga dalam hidup. Baca juga beberapa artikel penyakit lainnya.