Langsung ke konten utama

14 Makanan Alami Penguat Kekebalan Tubuh yang Ampuh

Tubuh yang sehat adalah dambaan setiap manusia. Menjaga agar tubuh tetap sehat dilakukan dengan berolah raga setidaknya 30 menit setiap harinya, menjaga pola tidur dan mengkonsumsi gizi seimbang perlu dilakukan. Asupan Gizi yang baik dapat diperoleh dari makanan yang sehat dan kebersihannya.

Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh dan sistem kekebalan dapat terjaga dengan baik. Asupan makanan yang baik untuk menjaga kekebalan juga perlu diketahui agar tidak salah pilih. Beberapa makanan dibawah ini yang mampu meningkatkan kekuatan kekebalan tubuh Anda, diantaranya:

14 Makanan Alami Penguat Kekebalan Tubuh yang Ampuh

1. Daging


Daging merupakan sumber protein yang kerap dijadikan sebagai Andalan pemenuhan kebutuhan tubuh. Kandungan zink pada setiap elemen daging sangat penting bagi manusia untuk memproduksi sel darah putih. Kekuatan dan ketersediaan sel darah putih dalam tubuh akan membantu Anda terhindar dari penyakit karena sel darah putih mampu membantu melawan bakteri atau virus penyebab penyakit

2. Telur


Sistem imun tubuh manusia mampu dipenuhi dengan mengkonsumsi telur setiap kali makan setidaknya sekali dalam makan siang atau malam. Kandungan vitamin D dan B kompleks yang membantu memperkuat imun tubuh mampu membasmi penyakit dan meningkatkan peredaran darah dalam tubuh.

3. Ubi Ubian


Memang sering dikenal sebagai makanan  orang kampung, tetapi ubi ini memiliki khasiat yang ampung menjaga kekebalan tubuh. setelah mengkonsumsi ubi Anda akan merasa kenyang tentunya. Karena bagis ebagain orang menggunakan ubi sebagai bahan makanan pokok. Salah satu jenis ubi yang secara efisien membantu sistem kekebalan tubuh Anda adalah jenis ubu jalar.

Ubi jalar kaya akan vitamin A dan betakaroten. Peranannya sebagai bahan makanan penguat daya tahan tubuh mampu mencegah bakteri dan kuman pada lapisan kulit dalam. Selain itu kandungan vitamin A juga membantu memproduksi jaringan konektif yang menghubungkan sistem jaringan tubuh.

4. Jamur


Kegunaan jamur sama halnya dengan daging. Jika harga daging mahal, Anda dapat menggunakan jamur sebagai alternatif makanan sumber penguat daya tahan tubuh. Jamur ini juga mampu membantu memproduksi sel darah putih dalam tubuh.

5. Yogurt


Olahan susu dari proses fermantasi dari bakteri baik ini sangat baik membantu sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, keguanaan yogurt juga membantu sistem pencernaan Anda terutama kesehatan usus. Usus sangat penting dalam sistem pencernaan. Jika usus Anda sehat, maka pencernaan Anda akan sehat juga sehingga sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

6. Bawang Putih


Sebagai bumbu Andalan dapur Anda, bawang putih juga berkasiat sebagai makana untuk membantu menjaga kekebalan tubuh Anda. Senyawa sulfur tinggi yaitu alicin dapat menghantam bakteri dan infeksi secara alami.

7. Buah Lemon


Sudah tidak asing lagi mengenai buah lemon ini untuk kesehatan tubuh Anda. Vitamin c yang tinggi  sangat baik sebagai penyuplai kekuatan imun. Apalagi saat seseorang menderita flu dan pilek, buah lemon bisa dijadikan obat tradisional untuk mengusir penyakit tersebut.

8. Buah Beri


Tidak lengkap rasanya ketika buah ini tidak dimasukan dalam kategori makanan sehat. Khususnya blueberi atau raspberi memiliki kandungan anti oksidan yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh Anda meningkat. Apalagi kadnungan gula yang rendah sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari dan menyehatkan.

9. Sayur Kubis


Sayuran ini termasuk sebagai salah satu makanan sehat yang kaya akan glutamin. Pengertian dari glutamin sendiri merupakan salah satu asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Sehingga kubis mampu dijadikan sebagai bahan makanan penyuplai glutamin bagi tubuh yang berperan untuk daya tahan. tetapi, bagi penderita diabetes dan tekanan darah tinggi tidak disarankan mengkonsumsi terlalu banya kobis.

10. Kelapa


Merupakan buah yang subur didaratan tropis. Kandungan asam laurik pada minyak kelapa mampu dijadikan sebagai penyuplai zat monolaurim untuk bayi sebagai penguat imun. Monolaurin sendiri adalah zat yang terdapat pada air susu Ibu.

Baca Juga: 9 Efek Samping Obat Dumolid untuk Kesehatan Tubuh

Sumber makanan lain yang dapat dijadikan sebagai sumber penguat daya tahan tubuh yaitu:


Makanan Alami Penguat Kekebalan Tubuh Lainnya


11. Jahe
12. Buah Alpukat
13. Gandum (oat)
14. sayuran Hijau

Kebutuhan sumber makanan sehat jelas diperlukan. Keseimbangan tubuh yang terjaga dari pola makan akan memberikan dampak pada keberlangsungan kesehatan Anda. Sehingga segala aktivitas keseharian dan waktu Anda tidak terbengkalai begitu saja akibat Anda terserang penyakit.