Langsung ke konten utama

9 Tips Mudah Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Madu sudah sejak lama diketahui memiliki khasiat untuk tubuh manusia. Khasiat yang ada didalamnya sangan baik untuk mengatasi penyakit yang ringan ataupun berat. Selain itu, khasiat madu juga membantu proses metabolisme dalam tubuh.  Bahkan di era sekarang ini, kegunaan madu memiliki varian khasiat untuk kecantikan. Alasannya kandungan nutrisi didalam madu yang cukup kompleks menjadikanya primadona bagi sebagian besar masyarakat. Sehingga banyak sekali perusahaan penghasil madu untuk berlomba lomba meningkatkan produsi nya dari minat pasar tentang madu yang begitu besar.

Adapun perhatian yang diperlukan untuk mengambil segala manfaat madu adalah keaslian dan kemurniaannya. Apabila Anda dapat mengkonsumsi madu murni, tentu saja akan memperoleh sejuta manfaat madu yang tidak bisa diragukan lagi. Namun sebaliknya, Madu kemurniannya diragukan Anda konsumsi, maka kemungkinan besar justru penyakit yang akan menyerang Anda. Maka berhati hatilah dalam memilih madu yang beredar di pasaran dengan berbagai varian merek untuk di cek dulu kemurnianya.

9 Tips Mudah Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Jangan khawatir tentang hal itu, tips tentang bagaimana cara menemukan madu asli akan Anda dapatkan agar tidak terkecoh dengan madu palsu atau campuran. berikut ini ada 10 tips menemukan madu asli dengan cara mudah dan sederhana untuk Anda ketahui

1. Teteskan Madu ke dalam air


Meneteskan madu ke dalam air akan menunjukkan reaksi yang bisa Anda lihat dengan kasat mata terkait kemurnian dari madu tersebut. Cukup dengan satu tetes madu saja kemudian Anda masukan ke dalam air Anda dapat mengetahui keasliannya.

Perhatikan reaksi yang terlihat pada air dan tetesan madu. Apabila tetesan madu tidak tercampur kedalam air dan terjatuh kedasar air alias tenggelam, maka madu tersebut asli atau murni. Sebaliknya, apabila tetesan madu yang masuk dan terjatuh kedalam air menyatu maka kemungkinan besar kemurnian madu tersebut diragukan.

2. Madu Asli Tidak akan Beku


Tips ini dapat Anda lakukan dirumah dengan syarat Anda harus memiliki lemari es. Jika Anda masih merasa ragu tentang kemurnian madu yang Anda beli, cukup Anda letakkan saja botol madu yang sudah Anda pegang kedalam lemari es. kemudian lihatlah reaksi yang ditimbulkan.

Setiap madu asli atau murni tidak akan pernah membeku walaupun di frezer, sedangkan madu campuran baik itu campuran larutan gula, perasa atau sakarin akan membeku bila didiamkan didalam frezer. Kandungan air yang ada didalam madu campuran akan menimbulkan efek beku dari perubahan zat cair ke zat padat. itulah mengapa, madu murni tidak bisa membeku karena tidak adanya kandungan air didalamnya.

3. Bakarlah Madu tersebut dengan Korek api


Kemurnian madu yang bersifat panas dapat dimanfaatkan untuk membedakan madu asli dan palsu. Caranya ambilah batang korek api bakar dan lumuri dengan madu pada ujung pemantiknya. Kemudian gesekkan pada kertas pemantik korek. Lihatlah reaksi yang ditimbulkan. Apabila madu asli, maka korek akan tetap menyala. Sebaliknya, jika korek api basah dan tidak bisa menyala maka madu tersebut palsu atau campuran.

4. Rebus Madu dengan sendok dan lilin


Langkah ini jarang diketahui oleh sebagian besar masyarakat, karena kecenderungan sulit untuk melakukannya. Padahal, hanya dengan sedikit usaha saja Anda dapat mebedakan mana madu asli dan palsu demi khasiat didalamnya. Caranya, tuangkan sedikit madu ke atas sendok makan, kemudian bakarlah lilin. Panaskan madu yang sudah Anda tuangkan tadi diatas lilin yang menyala.

Hati hati, jangan lupa ujung sendok beri kain untuk menahan panas rambatan dari proses perebusan ini. Tunggulah beberapa menit dal lihatlah bagaimana madu itu setelah direbus. Madu yang asli akan mengeluarkan buih-buih yang banyak apabila sudah mendidih, sedangkan madu campuran tidak begitu mengeluarkan buih.

5. Oleskan madu pada kertas lalu robeklah


Tips ini memudahkan Anda apabila sedang mencari madu di toko toko atau pasar. Karena cukup simpel dalam melakukanya. Pertama oleskan madu ke secarik kertas apa saja yang sudah Anda siapkan. Bisa kertas HVS atau folio atau sobekan buku buku tulis. Kemudian robeklah kertas tersebut. Jika kertas mudah terobek, maka madu terseebut palsu. tetapi apabila kertas yang sudah diolesi madu masih sedikit sulit untuk di robek berarti madu tersebut asli.

6. Teteskan Madu lalu Lihatlah


Hanya dengan meneteskan madu dari penyimpanan Anda dapat mengetahui madu asli atau tidak. Lihatlah teksturnya, apabila menetes dengan jangka waktu yang sedikit lama berati madu tersebut asli.

Baca Juga: 15 Ciri Khas Madu Asli yang Perlu Anda Ketahui

Tips mudah lainya dalam menemukan madu asli atau palsu cukup dengan melihat dan melakukan hal ini, diantaranya :



Tips Mudah Membedakan Madu Asli dan Palsu Lainnya


1. Goyangkan madu yang ada di dalam botol, apabila sulit madu sulit bergoyang maka murni
2. Buka tutup botol madu, jika menimbulkan gas maka madu tersebut asli.
3. Rasakan teksturnya dan lihat warnanya
4. Bau madu asli lebih tajam

Ingat, kemurnian madu asli akan membawa manfaat bagi penikmatnya. semoga bermanfaat dan cerdaslah dalam memilih madu sebagai makanan Anda.