Langsung ke konten utama

20 Pencegahan dan Pengobatan Osteoporosis


Di Negara Indonesia sendiri angka kematian yang disebabkan oleh osteoporosis sangatlah tinggi karena memang kesadaran dari masyarakat untuk mencegah osteoporosis sangatlah rendah. Osteoporosis sendiri adalah dimana suatu kondisi tulang yang cacat sampai mengalami patah tulang dan ini tentunya akan mengurangi kualitas hidup dari seseorang yang menderita.

Penderita osteoporosis memang paling banyak terjadi wanita karena hampir 80% pada wanita akan tetapi hal tersebut tak dapat menutup kemungkinan para pria akan terserang osteoporosis. Banyak orang yang ada di Indonesia ini tidak mengetahui gejala dan juga pencegahan dari penyakit osteoporosis dan bahkan banyak wanita yang terkena osteoporosis merasa putus asa tidak bisa sembuh padahal sangat banyak cara untuk mengobati penyakit osteoporosis tersebut. Apabila Anda tidak terkena osteoporosis maka ada baiknya jika Anda melakukan pencegahan dan pengobatan jika Anda sudah terkena osteoporosis.

20 Pencegahan dan Pengobatan Osteoporosis

Pencegahan Osteoporosis:


1. Banyak mengkonsumsi kalsium
2. Vitamin D
3. Hindari makanan berlemak
4. Jauhi merokok
5.  Hindari minum alcohol

Berikut kumpulan pengobatan osteoporosis secara alami:

1. Sinar Matahari


Memang benar jika sinar matahari pada pagi hari itu sangat baik untuk tulang karena memang banyak vitamin D. Namun, vitamin D ini hanya dapat di peroleh hingga pukul 8 pagi saja. Jadi Anda ketika Anda ingin mendapatkan vitamin D untuk tulang maka Anda dapat melakukan jogging pagi hari sampai jam 8 pagi.

2. Vitamin C


Dengan banyak mengkonsumsi vitamin C maka juga akan dapat menyembuhkan osteoporosis bagi penderita. Anda bisa mendapatkan vitamin C ini dari buah- buahan seperti jambu biji, stroberi, nanas dan juga apel. Karena pada dasarnya buah yang memiliki rasa asam ini memiliki vitamin C yang banyak yang dapat memperkuat tulang dan juga memperbaiki tulang yang keropos.

3. Hindari Diet Esktrim


Sebenarnya melakukan diet yang ekstrim itu akan menimbulkan penyakit osteoporosis dan juga akan semakin memperparah kecacatan tulang. Dalam melakukan diet itu sah- sah saja namun juga harus di damping oleh ahli gizi agar diet Anda menjadi berhasil dan sehat bukan malah terkena penyakit.

4. Konsumsi Suplemen Kalsium


Mungkin ada yang memang alergi dengan susu dan inilah yang menyebabkan orang yang alergi susu akan semakin rentan terkena osteoporosis dan akan semakin memperparah keadaan tulang jika penderita tidak mau mengonsumsinya. Oleh karena itu, bagi penderita yang alergi susu maka dapat mengkonsumsi suplemen kalsium agar tulang semakin kuat.

5. Banyak Mengonsumsi Kalsium


Dengan Anda banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium maka dapat dipastikan bahwa tulang Anda akan semakin kuat. Bagi wanita yang memiliki umur 40 tahun ketas sangatlah di anjurkan untuk meminum susu dalam sehari. Anda juga dapat mengkonsumsi buah yang mengandung banyak kalsium juga karena dengan dikonsumsi itu untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

6. Olahraga


Bagi penderita osteoporosis memanglah sangat di anjurkan untuk sering melakukan olah raga. Anda dapat melakukan olah raga yang ringan yakni dengan melakukan jogging ataupun jalan sehat. Olahraga ini baik bagi penderita osteoporosis dan juga dapat mencegahnya karena dengan olahraga yang dilakukan secara rutin, tulang akan menjadi padat dan kuat sehingga terhindar dari bungkuk.

7. Makanan Sehat


Anda juga perlu memperhatikan makanan yang di konsumsi untuk keseharian karena makanan juga salah satu factor yang paling mempengaruhi tulang. Anda perlu makan makanan yang sehat untuk tulang dengan begitu tulang Anda akan menjadi sehat kembali.

8. Minum Air Mineral


Untuk penderita osteoporosis memang sangat di anjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi air mineral dalam kesehariannya. Dengan minum air mineral 6 sampai 8 gelas dalam sehari akan dapat mengembalikan kekuatan dari tulang yang keropos.

9. Hindari makanan berlemak


Sangat di anjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak yang banyak karena lemak sangat tidak baik bagi penderita osteoporosis karena akan semakin parah kecacatan tulang yang dialaminya. Selain itu, lemak juga bisa menghambat penyerapan kalsium menjadi yang dikarenakan lemak memiliki sifat akan mengikat kalsium. Sehingga apabila kalsium banyak dalam tubuh namun masih saja mengkonsumsi makanan yang berlemak maka akan percuma.

10. Makanan vitamin D


Dengan memperbanyak konsumsi makanan yang bervitamin D akan berfungsi untuk mengembalikan fungsi dari tulang yang keropos.

Baca Juga: 15 Efek Samping Minum Kopi Setiap Hari

10 Pengobatan Penyakit Osteoporosis Lainnya:

1. Hindari minum soft drink
2. Perbanyak vitamin K
3. Mengkonsumsi teh hijau
4. Mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan hormon
5. Perbanyak makan makanan sayur- mayur
6. Makanlah buah- buahan segar dengan banyak
7. Konsumsi makanan yang mengandung ragi
8. Perbanyak makanan yang banyak mengandung omega 3
9. Makanlah makanan yang banyak mengandung fosfor
10. Perbanyak makan makanan yang berprotein tinggi.

Untuk menghindari Osteoporosis, maka sejak dini Anda harus rajin berolahraga dan perbanyak konsumsi kalsium. Anda bisa membaca artikel penyakit lainnya...