Langsung ke konten utama

30 Pencegahan dan Pengobatan Diare Secara Alami


Diare adalah buang air besar dengan kondisi yang cair seperti mencret sebanyak lebih dari 3 kali dalam sehari bahkan lebih. Jadi apabila Anda mengalami buang air besar sebanyak 3 kali dalam sehari namun feses tidak cair maka itu bukan indikasi dari terserang penyakit diare. Penyakit diare yang menyerang ini adalah akibat dari infeksi dari saluran pencernaan yang di akibatkan oleh macam- macam seperti bakteri, virus dan juga parasite.

Mikroorganisme ini menyebar dalam makanan dan juga minuman yang sudah terkontaminasi dari bakteri tersebut. Atau bisa juga penyakit diare ini akibat dari kebiasaan yang buruj yakni sering tidak cuci tangan saat akan makan. Dan banyak dari masyarakat di Indonesia yang meremehkan hal tersebut dan bahkan banyak yang tidak tahu mengenai pencegahan dan juga pengobatan dari diare.

30 Pencegahan dan Pengobatan Diare Secara Alami

Pencegahan dari penyakit diare:


1. Cuci tangan lebih sering
2. Gunakan sabun untuk mencuci tangan selama 20 detik
3. Gunakan pembersih tangan saat tidak ada air dan sabun
4. Menggunakan air minum yang bersih dan aman
5. Mengonsumsi hanya makanan yang bersih

Ada banyak sekali pengobatan diare secara alami. Dibawah ini ada beberapa yang bisa dicoba...

1. Oralit


Oralit adalah salah satu minuman obat yang digunakan oleh orang zaman dulu untuk mengobati sakit diare dan oralit sendiri adalah larutan garam. Oralit juga dapat Anda buat sendiri di rumah dan caranya pun juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan air putih yang hangat sebanyak seperempat dari gelas dan kemudian berikan sedikit garam dan aduk sampai merata. Dan jadilah oralit untuk diare, Anda dapat mengkonsumsi ini 3 kali dalam sehari.

2. Makan buah salak


Kemudian ada buah salak yang sangat membantu untuk mengatasi diare karena buah salak adalah penyebab dari sembelit. Buah salak ini memiliki serat yang rendah sehingga dapat mengobati diare ataupun mencret ada penderita dan dapat membuat feses kembali seperti normal kembali.

3. Buah sawo


Kemudian ada buah sawo yang juga dapat mengobati sakit diare yang cukup parah bagi penderita. Ternyata selain rasanya yang sangat lezat untuk dimakan juga sangatlah bermanfaat untuk mengobati penderita yang terserang penyakit diare. Anda hanya perlu memarut sawo yang matang yang kemudian hasil parutan ini dicampur dengan air dan sedikit garam dan saring.

4. Kulit jeruk


Untuk pengobatan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk yang ternyata dapat mengatasi penyakit diare. Anda hanya perlu mengambil kulit jeruk yang tanpa menggunakan pestisida dan rebus kulit jeruk sampai air rebusan menjadi setengah kemudian angkat. Dan air rebusan dapat Anda minum untuk diare sebanyak 3 kali dalam sehari.

5. Biji fenugreek


Para peneliti ahli sudah menyatakan bahwa biji fenugreek ini dapat menyembuhkan seorang yang terkena diare. Dan biji ini juga sangat aman digunakan oleh anak- anak ataupun orang dewasa. Anda dapat merebus biji fenugreek dan meminum air rebusannya sebanyak 3 kali dalam sehari.

6. Jambu biji


Jambu biji memang sudah dipercaya untuk dapat mengatasi diare bahkan banyak obat diare yang berbahan jambu biji ini. Jambu biji memiliki  rasa yang sepat sehingga dapat mengobati diare dan mengurangi kadar air dalam feses.

7. Daun jambi biji


Selain buahnya, daun dari jambu biji juga dapat mengobati diare dan cara menggunakannya dengan cara di tumbuk. Anda hanya perlu memilih daun jambu biji yang sudah Anda bersihkan lalu kemudian tumbuk dan saring dengan air. Maka air itu yang dapat diminum untuk mengobati mencret.

8. Minum teh chamomile


Teh chamomile ini memiliki kandungan zat flavonoid yang dapat mengatasi dan mengurangi cairan air dalam feses dan dapat membuat feses kembali normal.

9. Buah blueberry


Buah blueberry adalah buah yang juga dapat menyembuhkan diare karena buahnya yang kering tersebut. Anda dapat langsung memakan buah tersebut untuk mengobati diare pada penderita.

10. Buah sirsak


Kemudian untuk yang terakhir adalah dengan menggunakan buah sirsak karena memang buah sirsak ini dapat mengobati mencret. Anda dapat minum minuman dari olahan sirsak secara rutin 3 kali sehari sehingga mencret akan segera sembuh.

Baca Juga: 15 Pencegahan dan Pengobatan Asam Lambung Naik

20 Pengobatan untuk Penyakit Diare Lainnya


1. Cuka apel
2. Kunyit dan kapur sirih
3. Obat diare
4. Jangan makan makanan pedas
5. Kurangi konsumsi alkohol
6. Konsumsi vitamin
7. Makan yang bernutrisi
8. Minum air bersih
9. Tidak makan makanan kadaluarsa
10. Menjaga kebersihan dapur
12. Menjaga kebersihan kamar mandi
13. Hindari makanan kotor
14. Makan makanan matang
15. Istirahat teratur
16. Sering berolah raga
17. Menggunakan kayu manis
18. Banyak konsumsi buah
19. Jangan makan makanan asam
20. Kurangi minum kafein

Untuk mencegah diare sangat mudah, jangan mengonsumsi makanan yang tidak higienis apalagi yang dijual dipinggir jalan karena sangat rawan terkontaminasi kuman dan bakteri. Anda bisa membaca artikel penyakit lainnya....