Langsung ke konten utama

18 Obat Tradisonal Radang Tenggorokan yang Paling Ampuh

Feringitis adalah nama lain radang tenggorokan. Infeksi tenggorokan disebabkan karena bakteri dan virus seperti layaknya penderita flue (pilek). Infeksi tenggorokan biasanya terjadi pada anak anak. Hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh pada tenggorokan baru terbentuk saat dewasa. Tetapi, bagi kaum dewasa juga mengalami radang tenggorokan saat menjelang penyakit flue ataupun batuk.

Sakit ini begitu menggagu aktifitas. Rasa nyeri pada sekitar tenggorokan mampu meberikan efek frustasi dan malas dalam beraktivias. Terlebih lagi saat menelan makanan yang itu sangat menyiksa. Gejala yang biasa muncul adalah sakit kepala, kelenjar membesar pada bagian leher, amandel membesar, nyeri pada otot leher dan batuk atau bersin. Penyebab dari radang tenggorokan adalah virus dan bakteri. Lantas bagaimana cara mengusir penyakit ini?

18 Obat Tradisonal Radang Tenggorokan yang Paling Ampuh

Berikut ada beberapa alternatif obat tradisional yang bisa Anda coba untuk menyehatkan sakit tenggorokan

1. Air garam


Air garam jangan Anda sepelekan untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat penyakit radang tenggorokan. Bumbu dapur ini mampu melarutkan lendir yang ada pada bagian tenggorokan. Cara yang bisa Anda gunakan bisa dilakukan dengan 2 langkah, yaitu dengan cara meminumnya atau hanya berkumur.

2. Bawang putih


Bawang putih merupakan bumbu dapur selanjutnya yang mampu meredakan radang tenggorokan. Ketika Anda mengalami sakit tenggorokan ini hanya dengan mengunyahnya. Kandungan bawang putih berupa senyawa alicin mampu membunuh bakteri dan mengurangi peradangan

3. Lemon


Lemon adalah buah yang mudah ditemui. Lemon ini juga berfungsi untuk meredakan peradangan tenggorokan. Usahakan menggunakan lemon  buah karena mengandung vitamin C yang tinggi. Guna dari vitamin C ini membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Cara memanfaatkan buah ini untuk meredakan penyakit radang tenggorokan cukup dengan memeras lemon segar dan campur dengan air minum. Kemudian minumlah sampai habis dan ulangi sehari 2 kali.

4. Madu


Madu memiliki khasiat luarbiasa sebagai obat alami. Kegunaanya sebagai obat herbal tidak diragukan lagi. Madu juga mampu membantuk meredakan tenggorokan Anda hanya dengan meminumnya satu sendok makan. Lakukan hal tersebut dalam seharri 3 kali.

Hal yang terpenting adalah kemurnian madu yang perlu Anda perhatikan. Madu murni sebagai bahan alam dari nextar yang sudah diolah oleh lebah memiliki kekhasan tersendiri. Salah satunya aroma, warna dan rasa yang khas dari madu asli dapat Anda rasakan manfaatnya untuk membantu meredakan tenggorokan.

5. Jahe


Jahe adalah merupakan salah satu rempah tradisional yang mampu menimbulkan sensasi hangat didalam tubuh. Selebihnya jahe memilki kandungan senyawa zingiberin untuk melancarkan sirkulasi darah. tambah lagi, jahe memiliki kadar yang mampu menghilangkan racun (detoksifikasi). bakteri merupakan racun bagi tubuh, sehingga mampu di detoksifikasi oleh jahe pada penderita radang tenggorokan.

6. Minyak kayu putih


Minyak Kayu Putih yang khas dan asli adalah produksi dari pulau buru (namlea). Minyak kayu putih adalah larutan dari daun pohon kayu putih yang diolah dengan penguapan. Intisari minyak kayu putih berasala dari uap yang proses sublimisasi. Minyak ini mampu meredakan sakit tenggorokan dengan meminumnya sepucuk sendok makan atau mengoleskannya pada leher.

7. Pisang


Buah Pisang merupakan aneka buah yang sering disaran kan oleh dokter untuk mengurangi rasa sakit pada penderita radang tenggorokan. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh penderita radang tenggorokan saat menelan makanan menjadi alasan buah ini untuk dikonsumsi. Tekstur yang lembut dan mudah di telan akan mengurangi rasa sakit. Terlebih lagi kandungan potasium tinggi yang terbukti mampu mengurangi peradakan, melawan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Air Putih


Air Putih adalah alternatif mudah yang dapat digunakan untuk mengurangi peradangan pada tenggorokan. Perbanyak air putih hangat sangat disarankan

9. Sup hangat


Soup bisa dikatakan sebagai obat bagi penderita radang tenggorokan. apalagi sup ayam yang nikmat dan hangat menimbulkan sensasi lega dan mengenyangkan

10. Teh hangat


Teh hangat merupakan minuman yang mengandung antioksidan. Meminum teh hangat dapat menghangatkan tubuh dan meredakan radang tenggorokan. usahakan jangan memakai gula.


Baca Juga: 13 Jenis Makanan Penyehat Otak Terbaik yang Wajib Dikonsumsi

Berbagai obat obatan tersebut akan optimal apabila Anda juga melakukan kegiatan berikut ini sebagai pendukung mengobati radang tenggorokan, diantaranya :

Obat Tradisional Radang Tenggorokan Lainnya


1. Jangan Merokok
2. Beristirahat yang cukup
3. Hindari minuman manis dan bersoda
4. Makan Makanan kaya sayur
5. Gunakan Obat Peradang Tenggorokan
6. Jangan Memakan Permen
7. Hindari minum Air es
8. Gunakan masker saat berpergian

Segala makanan, obat, dan kegiatan diatas akan membantu Anda dalam mengurangi penyakit radang tenggorokan. Apabila dalam jangka waktu 3-4 hari tidak kunjung sembuh segera periksakan pada dokter ahli THT terdekat.