Langsung ke konten utama

19 Obat Alami Bengkak dan Memar Sekaligus untuk Tubuh

Luka memar akibat benturan atau terjatuh sering dialami oleh setiap manusia. Luka memar ini akan menimbulkan efek ketidak percaya diri apabila terjadi pada area wajah. Biasanya teluka di area hidung, mata, atau pada bagian tangan. Luka ini terjadi akibat jaringan tubuh rusak atau aliran darah mebeku. Selain itu luka memar juga terjadi apabila trauma yang dialami aliran darah akibat benturan.

Penggunaan obat kimia pada luka ini justru akan menimbulkan efek yang berbeda. Ini berkaitan  sensitifitas kulit terhadap bahan kimia asing. Cobalah menggunakan beberapa alternatif obat alami untuk mengatasi memar dibawah ini dan terbukti efektif membantu mengatasinya. Selain efektif, Anda bisa melakukaannya cukup mudan bahkan tanpa mengeluarkan biaya untuk mendapatkan obat alami ini. Berikut pemaparannya :


19 Obat Alami Bengkak dan Memar Sekaligus untuk Tubuh

1. Es Batu


Es selain digunakan untuk dikonsumsi sebagai pendingin minuman ternyata memiliki fungsi sebagai obat luka memar. Es juga dapat Anda peroleh dari membeli atau sudah Anda sediakan di lemari es yang Anda miliki untuk keseharian. Es ini memiliki fungsi sebagai obat untuk memperlancar aliran darah dan mencegah pembekuan luka memar. Sehingga dapat Anda lakukan apabila terjadi memar pada area wajah.

2. Air Hangat


Siapa sangka air hangat hanya dipergunakan untuk membuat kopi, teh atau susu saja. Ternyata menyediakan air hangat mampu dijadikan alternatif mengobati luka memar. Terpenting lagi mengompres dengan air hangat dapat dilakukan pada area wajah, kaki dan tangan.

3. Cuka Apel


Cuka ini memiliki konsentrasi cukup baik dalam membantu mengobati luka memar. Caranya hanya mencampurkan sedikit cuka apel ke dalam air hangat lalu mengkompresnya pada bagian tubuh yang memar. Efek yang ditimbulkan lama kelamaan luka memar akan menghilang. Ajaib bukan

4. Kompres dengan Buah Nanas


Buah nanas yang menyegarkan walapun sulit untuk mengupasnya ternyata memiliki manfaat yang lain. Salah satunya sebgai obat untuk mengatasi luka memar. kandungan bromelain yang memiliki fungsi untuk membantu menyembuhkan luka memar pada area wajah dan bibir. caranya hanya menghaluskan daging buah ini kemudian kompres atau oleskan luka secara merata. diamkan sampai sedikit mengering lalu bilas dengan air bersih.

5. Kunyit


Adalah salah satu rempah rempah yang mudah dijumpai. Banyak kegunaan kunyit selain sebagai pewarna alami. selain itu, kunyit juga memiliki fungsi membantu mengobati luka memar. Kandungan nutrisi didalamnya mampu meredakan nyeri dan rasa sakit pada luka memar yang Anda alami. Cukup dengan memarut kunyit dan kompres hasil parutan pada luka. Diamkan sampai mengering dan bilas dengan air.

6. Daun Sirih


Daun kaya manfaat ini selain mengobati keputihan atau masalah ASI ternyata mampu mengobati luka memar. Daun ini dapat mengobati luka yang biasanya terjadi pada area kaki dan tangan.  Cara memanfaatkan daun ini hanya dengan menghangatkannya menggunakan teknik membakar atau kukus. Setelah itu cukup tempelkan pada bagian memar atau luka. Perhatikan jangan sampai Anda salah memilih daun sirih ya.

7. Kombinasi Beras dan Kencur


Perpaduan dua bahan makanan ini sudah sering dilakukan. Kombinasi beras dan kencur selain sebagai obat tenggorokan, memiliki khasiat sebagai obat luka memar. Kombinasi dari perpaduan bahan ini juga aman digunakan untuk bayi. Caranya tumbu beras dan kencur sampai halus dengan ditambahkan sedkit air, lalu oleskan pada luka. Tunggu hingga mengering. Lama kelamaan Luka akan kimpes dan sembuh.

8. Bunga Pacar Air


Bunga ini dapat memperlancar peredaran darah hanya dengan menumbu dan mengoleskannya pada luka memar. Sangat mudah bukan

9. Konsumsi Pepaya


Mengkonsumsi pepaa selain memeprlancar BAB ternyata memiliki fungsi sebagai obat memar. Kandungan Bromelain seperti pada nanas dapat membantu memperlancar peredaran darah. Tetapi pepaya dapat Anda konsumsi sebagai alternatif pengobatan memar dari dalam tubuh.

10. Mengkonsumsi Vitamin K


Jika luka memar susah untuk dihilangkan, berarti Anda terindikasi kekurangan vitamin K. cobalah untuk mengkonsumsi berbagai sayuran dibawah ini sebagai alternatif penambah vitamin K untuk membantu mempercepat penyembuhan luka memar.

Baca Juga: 18 Obat Tradisonal Radang Tenggorokan yang Paling Ampuh

Makanan tersebut diantaranya :

Jenis Makanan sebagai Obat Alami Bengkak dan Memar Sekaligus



a. Bayam
b. Brokoli
c. Kubis
d. mentimun
e. daun bawang
f. selada
g. kacang polong
h. bunga kol
i. asparagus dan tomat

Kombinasikan pengobatan alternatif ini dengan mengkompres dengan bahan bahan yang sudah dijelaskan serta perbanyak konsumsi sayuran atau buah buahan yang mampu membantu mengobati luka. Pengobatan ini aman dilakukan karena tidak adanya bahan kimia seperti obat medis yang masuk dalam tubuh. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh