Langsung ke konten utama

16 Jenis Obat Luka Dalam karena Benturan untuk Tubuh

Luka yang ditimbulkan karena kulit mengelupas akibat gesekan benda asing yang diterima oleh tubuh manusia dialami saat terjatuh atau Kecelakaan. Luka demikian dapat mengakibatkan rasa nyeri dan mampu mengakibatkan infeksi jaringan epidermis kulit. Selain itu, luka tersebut akan sulit hilang dan berbekas apabila terdapat pada lekukan tubuh.

Cara mengobatinya dengan menggunakan obat merah ditambah dengan salep atau antibiotik jika luka tidak kunjung sembuh. Berbeda dengan luka dalam akibat benturan, biasanya terlihat memar dan kemerah hitaman pada area bekas benturan.

16 Jenis Obat Luka Dalam karena Benturan untuk Tubuh

Bagaimana mengatasi luka dalam ? Apakah sama dengan mengobati Luka luar? tidak usah khawatir, Berikut ada beberapa alternatif obat yang cukup ampuh sebagai alat bantu untuk menyembuhkan memar ( luka dalam ) yang Anda derita. Ada

1. Buah Pepaya


Buah ini direkomendasikan bagi Anda yang mengalami luka dalam atau memar. Kandungan Bromelain yang terdapat pada buah ini mampu membantu lancarnya jaringan darah yang tersumbat akibat memar. Usahakan mengkonsumsi buah ini sebagai pendorong dan membantu Anda untuk mempercepat penyembuhann. Selain sebagai penyembuh obat memar, ternyata khasiat obat ini Dapat memperlancar BAB Anda.

2. Buah Nanas


Seperti halnya buah pepaya, nanas memiliki kandungan yang sama untuk membantu Anda dalam mengobati luka dalam. Jika Anda kurang suka dengan pepaya Anda dapat menggantinya dengan buah ini karena menyegarkan. Kandungan Protein dan enzim digesti (bromelain) dalam nanas mampu menghancurkan sumbatan akibat protein yang mengendap pada luka memar atau benturan.

3. Kombinasi Cabe dan Pelembab


Kegunaan cabe selain sebagai bumbu masakan, ernyata memiliki khasiat sebagai obat. Karakternya yang pedas dan banyak penggemarnya ternyata bukan hanya dari kalangan orang pecinta cabe dan masakan pedas lainnya. Kegunaan cabe sebagai obat luka dalam (memar) dapat dikombinasikan dengan pelembab yang Anda miliki. Tidak sulit menggunakan cabe ini sebagai obat, cukup dengan menghaluskannya dan mencampurkannya pada pelembab kulit. Lakukan setiap hari maka memar yang Anda derita kan memudar dengan cepat dan total.

4. Kompres dengan Es


Es batu sebagai pendingin minuman ternyata memiliki kemampuan lain sebagai media untuk menghilangkan memar. Kegunaannya sebagai bahan pertolongan pertama akibat benturan dapat dimanfaatkan secara maksimal. Fungsinya, es batu dapat meminimalisir peradangan dan pembengkakan akibat benturan. Sehingga luka memar tidak menyebar di area lain.

5. Gunakan Paracetamol


Kegunaan Obat ini masih memiliki kadar efek samping yang cukup rendah. Selain sebagai obat anti panas, Paracetamol juga berfungsi sebagai penghilang rasa sakit dan nyeri. Senyawa kimia yang didalamnya bersifat anti inflamasi sehingga radang dan nyeri dapat diredakan akibat benturan. Usahakan memilih obat ini, jangan gunakan aspirin karena efek yang ditimbulkan lebih berbahaya karena dosis aspirin lebih tinggi. Apalagi pada penderita luka dalam yang masih dibawah umur (anak-anak)

6. Jahe


Sebagai Obat herbat, kegunaan jahe yang menghangatkan tubuh mampu digunkan sebagai obat penghilang rasa sakit pada penderita luka dalam. Kegunaannya dapat dikonsumsi atau hanya dioleskan saja. Waspadai efeksamping dari jahe ini, karena mampu membuat tulang Anda keropos akibat panas dari efek jahe ini. Gunakan secukupnya sebagai Obat atau penghangat tubuh Anda.

7. Peterseli


Mungkin banyak yang belum kenal daun ini. Sifat anti inflamasi yang sama seperti jahe dan kasiat pepaya dapat membantu mengobati luka memar. cukup dengan meremasnya dan mengoleskannya pada area luka dalam yang Anda derita.

8. Perawatan Air Hangat


Pengobatan dengan air hangat dapat Anda lakukan saat Anda sudah mengalami luka memar lebih dar sehari. Pengompresan dengan air hangat dapat mengurangi resiko pengendapan darah pada area memar Anda. Sifat air hangat yang mampu membuka kelenjar kulir dan pori pori memberi ruang untuk perbaikan jaringan.

9. Sinar Matahari


Surya yang menjadi penerang dan sumber kehidupan di alam ini merupakan obat alami yang bisa Anda lakukan jika mengalami memar. Cukup menjemurnya selama 10-15 menit pada pagi hari akan menghancurkan bilirubin penyebab memar.

10. Menggunakan Cuka


Campurkan cuka dengan air hangat, kemudian gosokaan dengan kapas pada bagian yang sakit. Kandungan asam pada cuka dapat memperlancar aliran darah ke permukaan kulit.

Baca Juga: 8 Gejala Keracunan Pestisida yang Perlu Diketahui

Selain alternatif obat diatas, ada beberapa tanaman yang mampu dijadikan sebagai obat luka memar, diantaranya :

1. Tanaman Kencur
2. Kumis Kucing
3. Seledri
4. Kelapa
5. Daun Kol
6. Daun Murbei

Bahan bahan diatas mampu memberikan efek alami terhadap luka yang memar. Kombinasikan beberapa bahan alami diatas agar efektif dan efisien sebagai obat luka dalam.