Langsung ke konten utama

21 Obat Gusi Bengkak yang Paling Ampuh untuk Kesehatan Gigi

Gusi bengkak menjadi salah satu penyakit yang menyerang orang, terutama jika kesehatan gigi mereka memang sedang terganggu. Banyak hal yang bisa menyebabkan gusi bengkak ini misalnya saja ketika akan tumbuh gigi dan kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.

Mengobati gusi bengkak secara medis memiliki kelebihan dan kelemahan. Anda bisa menggunakan obat medis dengan mudah dan membelinya juga dengan mudah. Namun jika Anda menggunakan obat tradisional, Anda tidak akan mendapatkan efek samping yang sering terjadi ketika mengonsumsi obat kimia atau medis.

16 Obat Gusi Bengkak yang Paling Ampuh untuk Kesehatan Gigi

Berikut ini adalah obat medis yang bisa anda gunakan untuk mengobati gusi bengkak yang anda alami:

Obat Medis


1. Asam Mafenamat


Dosis yang dianjurkan adalah sebanyak 500 mg setiap mengkonsumsinya. Anda bisa mengkonsumsi obat itu sebanyak tiga kali dalam sehari. Fungsinya sebagai penghilang rasa sakit pada gusi maupun gigi.

2. Clindamycin


Obat medis lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak adalah clindamycin dengan dosis sebanyak tiga kali dalam sehari dan dosisnya sekali minum sekitar 150 mg. Fungsinya sebagai antibiotik yang menangkal bakteri dan kuman penyebab gusi bengkak.

3. Dexamethasone


Dosis obat dexamethasone tiga kali dalam sehari dengan batas konsumsi 0,5 mg sekali minum. Fungsinya mencegah terlepasnya sel-sel tubuh penyebab bengkaknya gusi.

4. Ibuprofen


Ibuprofen ini merupakan obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit ketika gusi menjadi bengkak dan obat anti peradangan. Kadang ketika gusi menjadi bengkak timbul radang di gusi tersebut sehingga menyebabkan rasa sakit semakin menjadi-jadi. Dosisnya sebanyak tiga kali dalam sehari.

5. Metampiron


Metampiron merupakan jenis obat yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Obat ini juga bisa digunakan untuk meredakan dan menghilangkan rasa sakit ketika Anda sedang diserang rasa sakit pada gusi yang bengkak.

Obat Tradisional


Selama ini alam telah menyediakan berbagai macam tumbuhan yang berguna bagi kehidupan manusia, hanya manusia saja yang tidak tahu. Beberapa obat tradisional yang bisa Anda gunakan yaitu:

1. Lemon


Salah satu buah yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi gusi bengkak yaitu lemon karena kandungan vitamin C nya cukup tinggi. Kandungan vitamin C yang ada pada lemon berguna untuk melembabkan kulit dan juga mencerahkan kulit.

2. Air Putih


Anda bisa mengkonsumsi banyak air putih untuk mengobati gusi bengkak. Air liur merupakan obat alami yang ada di dalam mulut Anda untuk menetralisir rasa sakit yang menyerang syaraf, terutama pada bagian gusi dan gigi. Anda juga bisa mengonsumsi air putih jika ingin memproduksi air liur lebih banyak.

3. Baking Soda


Cara mengatasi gusi bengkak untuk mengobati sariawan menggunakan baking soda dengan mencampurkan setengah sendok teh baking soda di segelas air hangat. Kemudian gunakanlah air tersebut untuk berkumur sebanyak dua kali dalam sehari agar gusi bengkak segera bisa diatasi.

4. Bayam


Cara mengatasi gusi bengkak secara alami dan tradisional bisa menggunakan bayam. Selain kaya akan kandungan zat besi, bayam juga bermanfaat untuk mengatasi gusi bengkak.

5. Daun Krokot


Anda pasti hanya mengenal daun krokot sebagai salah satu konsumsi sayuran saja. Siapa sangka jika daun ini juga berguna untuk meredakan gusi yang bengkak. Terdapat beberapa kandungan alami di daun ini yang bisa meredakan sakit pada gusi.

6. Asam Jawa


Kandungan vitamin C pada asam jawa bermanfaat untuk mengobati gusi bengkak yang anda miliki dan sebagai peningkat sistem imun. Jika sistem imun meningkat maka tubuh bisa menghilangkan kuman atau bakteri penyebab gusi bengkak.

7. Kulit Andong


Kulit andong merupakan kulit dari tanaman andong. Anda bisa menggunakan kulit Andong untuk mengatasi gusi bengkak dengan cara menyiapkan garam kemudian mencampurnya dengan kulit ini. Oleskan pada gusi yang terasa sakit atau bengkak.

8. Bawang Merah


Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah selama ini dipercaya sebagai bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit dan menghilangkan berbagai macam masalah kesehatan. Bawang merah pun bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak.

9. Buah Gambir


Pernahkah anda melihat buah gambir? Jika iya maka anda telah menemukan salah satu bahan herbal yang bisa digunakan sebagai obat untuk gusi bengkak.

10. Jeruk Nipis


Jeruk nipis untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Kandungan vitamin C dalam jeruk ini cukup tinggi sehingga mampu membuat gusi dan gigi Anda jauh lebih sehat tanpa mudah diserang penyakit seperti infeksi atau bengkak.

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak yang paling ampuh adalah sebagai berikut:

11. Bawang Putih
12. Garam
13. Minyak Cengkeh
14. Madu
15. Kompres Hangat
16. Kompres Dingin

Baca Juga: 8 Bahaya Obat Tanpa Resep Dokter untuk Tubuh

Tips Agar Gusi Bengkak Cepat Sembuh


Berikut ini adalah hal-hal yang bisa anda lakukan agar gusi bengkak menjadi cepat sembuh :

• Hindari alkohol dan rokok

• Memijat gusi

• Hindari stres

Banyaknya obat yang beredar di toko obat membuat orang seringkali bingung memilih obat yang mana. Anda sebaiknya pintar memilih dan memilah obat mana yang cocok untuk mengobati gusi. Agar cepat mendapatkan kesembuhan dari penyakit gusi bengkak, sebaiknya melakukan tips agar gusi bengkak cepat sembuh untuk mengimbangi kinerja dari obat gusi bengkak yang telah disebutkan di atas.