Langsung ke konten utama

29 Jenis Obat Gatal Kulit Alami dan Medis untuk Tubuh

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami gatal, ada yang langsung menghilang dengan sendirinya, menghilang dengan cara diobati dan dalam waktu yang singkat namun ada juga yang sudah lama gatal tersebut tidak hilang bahkan semakin parah. Meski sering dianggap remeh gatal pada tubuh bisa menjadi indikasi yang serius apalagi jika disertai gejala yang lain.

Kebanyakan rasa gatal yang ada di tubuh disebabkan oleh gigitan serangga, radang, biang keringat, iritasi dan juga alergi, namun ada juga gatal yang disebabkan oleh penyakit serius lagi misalnya penyakit ginjal dan kanker. Gatal juga dipicu oleh kehamilan karena perubahan hormon. Oleh sebab itu sebelum mengobati gatal sebaiknya Anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Ada banyak pilihan sebagai usaha mengatasi gatal kulit, baik dengan obat medis maupun bahan alami, berikut penjelasannya.

29 Jenis Obat Gatal Kulit Alami dan Medis untuk Tubuh

Obat Medis


Medis biasanya akan mendiagnosa penyebab gatal kulit yang timbul. Apakah karena alergi, gigitan serangga atau karena penyakit yang ada di dalam tubuh. Berikut ini adalah obat gatal yang bisa digunakan untuk menghilangkan gatal dalam tubuh:

1. Salep


Salep adalah obat medis pertama yang paling mudah untuk digunakan ketika ingin mengatasi rasa gatal pada kulit. Jika anda gatal-gatal yang diakibatkan oleh jamur anda bisa memilih salep jamur yang didalamnya mengandung fungasol, mizonazole dan juga ketoconazole.

2. Obat Anti Gatal


Mungkin banyak diantara Anda yang memilih obat oral dibandingkan obat oles karena tidak suka dengan rasa lengket di kulit akibat obat oles. Anda bisa menemukan obat pereda gatal di apotek/toko obat, salah satu jenisnya cetirizine HCL, 10 miligram.

3. Sabun Antiseptik


Sabun mempunyai kandungan antiseptik yang baik untuk tubuh. Maka tak heran jika benda ini disarankan untuk selalu digunakan setelah kita beraktivitas. Untuk menghilangkan gatal yang menimbulkan ruam sebaiknya memilih menggunakan sabun yang batangan, sedangkan sabun antiseptik yang bersifat cair sebaiknya digunakan untuk cuci tangan.

4. Krim Kortikosteroid


Pemakaian krim ini dengan mengoleskannya di area kulit yang mengalami gatal dan juga memiliki ruam merah sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari. Fungsi dari krim ini sendiri yaitu dengan merangsang kulit Anda agar tidak mudah gatal maupun terasa panas. Bagi yang ingin mengobati gatal dengan obat ini sebaiknya meminta petunjuk dokter.

5. Obat Oral Kortikosteroid


Obat ini bisa menyembuhkan kulit gatal karena paradagan dan alergi. Obat oral ini akan terkonsentrasi dalam darah manusia sehingga membunuh dan menghilangkan kuman/bakteri penyebab peradangan dan gatal di kulit. Penggunaan obat ini dalam jangka panjang berbahaya jika tidak diawasi oleh dokter kulit.

6. Antihistamin


Antihistamin adalah obat oral sehingga penggunaannya dengan mengkonsumsi. Fungsinya sebagai penghambat zat kimia dalam tubuh yang bisa menyebabkan kulit gatal. Obat yang bisa dikonsumsi adalah CTM yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal namun memiliki efek samping rasa kantuk. Anda bisa mengkombinasikan obat antihistamin oral dan juga obat kortikosteroid dimana kedua kombinasi obat itu lebih ampuh meredakan gatal.

7. Terapi Cahaya


Medis akan melakukakan terapi cahaya atau fototerapi untuk menghilangkan gatal yang ada di tubuh. Rasa gatal itu bisa diredakan dengan rasa panas yang dihasilkan oleh alat terapi tersebut.

Obat Alami


Jika Anda merasa beberapa obat medis yang Anda beli tidak bisa mengobati rasa gatal di kulit, Anda bisa menggunakan obat tradisional yang juga tidak kalah ampuhnya. Berikut ini adalah cara mengobati gatal dengan obat alami berikut ini:

1. Hindari Menggaruk Kulit yang Gatal


Agar rasa gatal yang anda alami tidak terlalu parah anda bisa menahan diri anda untuk tidak menggaruknya karena menggaruk menyebabkan rasa gatal semakin menyebar dan merusak jaringan kulit/lecet.

2. Bedak Tabur


Anda bisa menaburkan bedak di sekitar lekukan kulit untuk mengatasi gatal kulit karena bedak mampu mencegah terjadinya perkembangan kuman dan bakteri penyebab gatal.

3. Bedak Dingin


Bedak dingin merupakan resep dari turun-temurun orang tua kepada anaknya. Jenis bedak yang satu ini memang terbukti ampuh untuk meredakan rasa panas gatal pada kulit dan mencegahnya memerah kembali atau terasa gatal.

4. Tepung Kanji


Gatal akibat biang keringat atau keringat yang berlebihan di tubuh anda, Anda bisa menggunakan tepung kanji. Orang jaman dulu suka menaburkan tepung kanji di bagian kulit yang terkena biang keringat atau terasa gatal. Tepung kanji mampu menyerap keringat sehingga rasa gatal bisa diatasi.

5. Pakaian Yang Longgar


Orang sering merasakan gatal di seluruh tubuhnya akibat keringatnya sendiri. Pakaian yang longgar tidak akan menempel ke kulit Anda secara langsung, sehingga keringat yang membasahi pakaian pun tidak akan terus menempel pada kulit.

6. Losion Kulit


Penyakit radang dan kulit dermatitis bisa diakibatkan oleh kondisi kulit yang kering. Oleh sebab itu Anda bisa menggunakan losion yang berguna untuk melembabkan kulit. Sebaiknya anda menggunakan losion yang bersifat menyejukkan dan dipakai setelah anda mandi.

7. Pelembab Kulit


Bagi anda yang merasakan gatal di bagian wajah bisa jadi Anda mengalami kulit kering di bagian wajah. Anda bisa menggunakan pelembab khusus untuk kulit kering agar rasa gatal yang disebabkan oleh kulit wajah yang kering dapat teratasi.

8. Mengompres


Anda juga bisa menggunakan kompresan sebagai salah satu cara alami untuk mengatasi gatal pada kulit. Kompresan yang bisa anda gunakan untuk meredakan gatal adalah kompres air dingin pada bagian yang gatal.

9. Es Batu


Untuk menghilangkan kulit yang gatal atau terdapat ruam bisa menggunakan es batu. Es batu memang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh dan juga berguna dalam dunia kecantikan. Sensasi es yang dingin dipercaya bisa meredakan rasa panas pada kulit.

10. Menghindari Panas


Membiarkan tubuh dan kulit anda terkena panas akan membuat anda menjadi berkeringat, padahal keringat bisa memicu pertumbuhan dan perkembangbiakan kuman dan bakteri sehingga rasa gatal yang anda alami akan semakin menjadi. Paparan sinar matahari akan membuat kondisi kulit anda kering dan rentan untuk terkena gatal-gatal.



Baca Juga: 21 Obat Gusi Bengkak yang Paling Ampuh untuk Kesehatan Gigi

Obat alami lain yang juga bisa membantu menyembuhkan gatal kulit adalah

11.    Balsam
12.    Minyak Tawon
13.    Daun Salam
14.    Campuran Garam dan Minyak Goreng
15.    Jahe
16.    Lidah Buaya
17.    Kulit Pisang
18.    Daun Biduri dan Minyak Kelapa
19.    Daun Mahkota Dewa
20.    Timun
21.    Cuka Apel
22.    Air Dingin

Jika gatal menghampiri kulit Anda segera atasi dengan obat-obat tersebut. Anda bisa memilih obat gatal alami atau medis. Semua tergantung pilihan Anda.