Langsung ke konten utama

22 Obat Alami Sakit Perut ketika Haid yang Paling Efektif

Semua wanita    yang sudah mamasuki masa menstruasi akan mengalami berbagai kendala saat menstruasi. Ada sebagai yang merasa mual, pusing, mood yang berubah bahkan saki pada perut yang tak tertahankan. Berbagai gangguan diatas mampu memberikan efek negatif pada segala aktivitas yang dikerjakan. Seorang Wanita akan merasa malas gerak (Mager) bahkan ekstrimnya mengalami depresi akibat sakit yang ditimbulkan dari Haid ini.

Gangguan yang sering dialami wanita pada masa haid atau menstruasi adalah sakit pada area perut bagian bawah. Hal ini berkaitan dengan kondisi pecahnya sel telur yang tidak dibuahi karena belum pada masa nya. Ada beberapa rekomendasi obat alami dibawah ini yang mampu Anda jadikan sebagai alternatif jika Anda mengalami gangguan sakit perut saat menstruasi :

22 Obat Alami Sakit Perut ketika Haid yang Paling Efektif

1. Madu


Sebagai Obat herbal kaya manfaat ini mampu memberikan kenyamanan pada perut Anda ketika mengalami menstruasi. Nyeri yang timbul akibat haid dapat Anda redakan dengan mengkonsumsi madu 1 sendok makan dan diulang 3 kali sehari. Usahakan gunakan madu asli yang jelas terbukti kemurnianya. Jika tidak tahan dengan rasa manisnya yang menyengat, Anda dapat mencampurkannya dengan segelas air sebagai pengencer madu tersebut.

2. Temulawak


Kandungan curcuma pada temulawak sering dipergunakan sebagai suplemen bagi Anda yang memiliki nafsu makan kurang. Ternyata, masih banyak dari orang yang belum tahu manfaat lain dari temulawak ini. Temulawak yang ditemukan mampu mengurangi rasa sakit pada perut wanita saat datang bulan. Temulawak akan berguna maksimal bila Anda campurkan pemanfaatanya dengan daun sirih. Kareana khasiat daun sirih bagi wanita terbukti ampuh dan sangan berguna bagi kesehatan Miss V

3. Buah Kelapa Hujau


Sudah banyak keguanaan dari manfaat kelapa hujau. selain sebagai minuman yang menyegarkan, kelapa hijau juga bermanfaat sebagai obat pereda sakit saat haid. Selain itu, kegunaan dari kelapa hijau yang dimanfaatkan airnya ini mampu meredakan gangguan racun yang menjangkit di tubuh. Minumlah saat merasa sakit ketika menstruasi, sehingga perut Anda akan nyaman dan badan Anda terasa segar.

4. Asam Jawa


Kefektifitan asam jawa sebagai ramuan penghilang rasa sakit saat masa menstruasi memang masih belum banyak diketahui. sama halnya dengan khasiat dari temu lawak, asam jawa memiliki manfaat yang sama dalam meredakan nyeri pada wanita yang sedang datang bulan. caranya hanya sedu dengan air panas, lalu minum secara teratur sebelum masa menstruasi Anda datang.

5. Buah Pisang


Buah ini mengandung banyak sekali vitamin C dan kalsium untuk tulang Anda. Mengkonsumsi buah ini pada masa haid dapat mengurangi nyeri yang didertia. Usahakan sebelum masa haid datang, Anda sudah mengkonsumsi buah ini agar keefektifitasnya dapat maksimal Anda rasakan demi kenyamanan perut Anda.

6. Jeruk Nipis


Rasa asam yang kuat sebagai kekhasan dari buah ini tidak dapat dihilangkan. Di balik rasa asam dari buah ini ternyata memiliki manfaat sebagai pereda nyeri selain sebagai pendamping makanan seperti soto. Caranya hanya iris buah ini dan peras ainya kedalam air hangat. campurkan sedikit madu atau tambahkan sedikit gula apabila kurang tahan rasa asam. Minumlah secara teratur pada masa haid.

7. Buah Pepaya


Dalam bahasa jawa sering disebut kates atau gandul. Buah ini mampu memperlancar pencernaan yang Anda alami serta sebagai penghilang rasa sakit saat haid. Konsumsi buah ini secara rutin setiap Anda datang bulan. Rasakan perubahanya dan buktikanlah manfaatnya sebagai obat penghilang nyeri perut.

8. Bayam


Sayuran ini mampu memperlancar haid yang tak teratur sekaligus menjadi obat nyeri saat datang bulan. Bayam ini bisa Anda olah dengan cara di jus atau diolah soup. Mengkonsumsi secara rutin dapat membantu Anda ketika mengalami kendala saat haid.

9. Jahe


Potonglah jahe yang sudah Anda bersihkan, lalu sedu dengan air panas untuk Anda konsumsi. Jahe juga mampu meredakan nyeri perut saat Anda haid.

10. Rebusan Lidah Buaya


Menggunakan lidah buaya sering kali untuk memperkuat kesehatan rambut. Tetapi, dengan merebus lidah buaya ternyata mampu membantu meredakan sakit perut yang dialami wanita saat datang bulan.

Baca Juga: 13 Efek Samping Bahan Kimia untuk Kesehatan Tubuh

Obat alami lain yang sangat efektif bisa Anda temukan dibawah ini. Namum ada beberapa obat yang perlu Anda cari dengan sedikit usaha keras, diantaranya :

Obat Alami Sakit Perut ketika Haid Lainnya


1. Biji kedawung
2. Daun Srigading
3. Pulosari
4. Biji adas
5. Jintan Hitam
6. Lengkuas
7. Kunyit
8. Kencur
9. Bawang Putih
10. Kunyit Asam
11. Teh herbal
12. Aroma terapi

Silahkan Anda buktikan obat-obatan alami diatas, jangan sampai menggunakan obat alami tersebut secara berlebihan. Hal apapun jika berlebihan pas berdampak tidak baik kecuali lebih bersyukur pada nikmat sehat atas karunianNya.