Langsung ke konten utama

25 Makanan Sumber Zat Besi Alami untuk Kesehatan Tubuh

Mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh salah satunya adalah zat besi. Fungsi dari zat  besi tidak lain untuk mengangkut oksigen dari paru paru ke seluruh tubuh. Zat besi juga dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pembentukan hemoglobin sebagai fungsi daya tahan tubuh normal. Jika daya tahan tubuh upnormal, maka tubuh akan rentan penyakit dari bakteri dan virus yang ada.

Penyakit yang timbul akiba kurangnya sel darah merah sering disebut anemia. Kurangnya gairah, mudah lelah dan lemas serta sering pusing merupakan gejala dari anemia ini. Perlu konsumsi air dan beristirahat agar sel darah merah dapat mulai bertambah. Selain itu, sebagai upaya menambah zat besi kedalam tubuh perlu asupan makanan yang banyak mengandung zat besi seperti dibawah ini :


25 Makanan Sumber Zat Besi Alami untuk Kesehatan Tubuh

1. Kacang-kacangan


Kacang Kacangan merupakan makanan dengan kandungan nutrisi yang kaya. Selain energi, kacang kacangan ini memiliki kandungan zat besi yang baik untuk membantu menjaga stabilitas oksigen dan sel darah merah. Beberapa Makanan yang bersifat kacang mudah kita temui. Diantaranya Kacang tanah, kacang Hijau, dan kacang kedelai. Varian makanan dari kacang kacangan tersebut juga sangat banyak dan cenderung berkhasiat.

2. Beras merah


Beras Merah juga dapat membantu kebutuhan zat besi. Walapaun rasanya kurang enak, tetapi kaya akan zat besi. beras merah juga sering digunakan untuk diet bagi seseorang karena kurangnya zat gula dan karbohidrat didalamnya. Sehingga berguna menurunkan berat badan dan gula darah.

3. Roti gandum


Roti Gandum merupakan varian makanan pilihan bagi pelaku diet juga. Nutrisi zat besi yang tinggi mampu menyuplai kebutuhan gizi perut dan hemoglobin. Selain itu, fungsi dari mengkonsumsi roti gandum adalah mampu menghambat penyakit kanker dan jantung.  Jadi bagi penderita penyakit jantung, kenutuhan roti gandum perlu diperhatikan sebagai pilihan makanan utama.

4. Kismis


Kismis yang khas bagi seseorang setelah pulang dari haji selain sebagai oleh oleh memiliki manfaat yang luarbiasa. Kismis kaya akan zat besi dan merupakan makanan yang bersifat basa. Sehingga mampu membantu menstabilkan tubuh dalam kondisi asam.

5. Sereal


Sereal adalam menu makanan cepat saji yang memiliki kaya manfaat, termasuk kandungan zat besi didalamnya. Setiap ¾ cangkir sereal mengandung 18 mg zat besi. Ini dapat dijadikan alternatif pilihan sarapan pagi karena mudah penyajiannya dan cukup terjangkau.

6. Telur


Telur merupakan makanan kaya akan mineral. Zat besi dan Vitamin B termasuk nutrisi didalam telur. Telur ini juga ideal dikonsumsi setiap pagi karena jumlah energi didalamnya juga memadai. sehingga tubuh akan siap melakukan aktivitas kerja dengan baik.

7. Daging sapi


Daging Sapi merupakan bahan makanan dari klaster hewani. Pengolahan daging sapi sangat bervarian, bisa di buat baksi, dendeng atau steak yang sangat lezat. Manfaat daging juga mampu mensuplay kebutuhan zat besi dalam tubuh selain kaya akan protein.

8. Ikan


Ikan adalah klaster hewani selanjutnya. Baik Ikan laut dan ikan tawar kaya akan lemak jenuh dan omega 3. salah satu jenis ikan yang kaya akan zat besi adalah jenis ikan baronang dimana setiap 100mg daging ikan ini mengandung zat besi sebanyak 3,8 mg.

9. Kentang


Kentang merupakan klaster makanan dari tumbuh tumbuhan. Tetapi pemanfaatan kentang demi menyuplay zat besi berasal dari kulitnya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa lebih dari 5 kali lipat nutrisi kulit kentang mengandung zat besi dibanding daging buahnya. Cobalah memasak kentang tanpa mengupas kulitnya dan usahakan enak ya.

10. Jagung


Jagung merupakan bahan makanan dari klaster nabati yang mempu mensuplay kebutuhan zat besi. Jagung kaya akan zat besi dan tembaga. Selain itu, Jagung juga sember terbaik bagi penderita yang mengalami kekurangan vitamin A dan C.

Baca Juga: 16 Fungsi Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh yang Bermanfaat

Tambahan makanan yang dapat dijadikan sebagai sumber zat besi dapat Anda temukan dengan mudah dan tidak Anda sangka sangka.Sumber makanan tersebut mudah Anda temukan disekitar kita, Diantaranya

Makanan Sumber Zat Besi Alami Lainnya


1. Daun Bayam
2. Kangkung
3. Buah Jeruk
4. Sarden
5. Daging kambing
6. Asparagus
7. Labu
8. Kacang Merah
9. Kacang Koro
10. Kacang Hitam
11. Kacang Arab
12. Markosa
13. Alpukat
14. Sukun
15. Kurma

Solusi makanan diatas adalah sumber kebutuhan nutrisi zat besi yang bagus bagi tubuh. Kebutuhan zat besi yang memadahi akan menambah gairah Anda dalam beraktivitas sehingga sehat akan tetap terjaga. Terlebih lagi akan terhindar dari penyakit Anemia.