Langsung ke konten utama

50 Makanan Sumber Antioksidan Sehat untuk Kesehatan Tubuh

Nutrisi makanan yang mengandung zat antioksidan sangat dicari oleh berbagai kalangan demi menjaga kesehatan tubuh. Alasanya adalah karena zat antiooksidan memiliki daya yang kuat untuk mencegah, mengurangi dan menghentikan kerusakan sel pada tubuh manusia. Kerusakan sel ini akibat dari radikal bebeas yang masuk dan menyerang tubuh. Kandungan antioksidan juga mampu melindungi dan memperbaiki kerusakan sel dari proses oksidasi dalam sel.

Kegunaan dari antioksidan yang mudah didapatkan sebagai penguat daya tahan tubuh yang berada dalam makanan memang sangat diminiati. Apalagi rasa enak yang timbul dari makanan tersebut mampu membuat puas dan kenyang sekaligus menyehatkan

50 Makanan Sumber Antioksidan Sehat untuk Kesehatan Tubuh

Berikut sedikit pemaparan mengenai makanan yang mengandung anti oksidan dari 50 teratas :

1. Buah Apel


Siapa yang tidak suka akan buah  ini. Karakter yang keras pada daging buah memberikan sensasi kremes pada saat mengunyahnya. Mengkonsumsi buah ini setidaknya satu dalam sehari mampu membuat Anda jauh lebih sehat. Berbagai kandungan serat, vitamin, mineral, kalori dan antioksidan didalam buah apel secara menyeluruh. Jangan kupas apel saat memakanya karena mengurangi kandungan nutrisi terutama vitamin dan antioksidan. Bersihkan saja dengan air bersih sebelum memakannya

2. Tomat


Mudahnya mendapatkan sayuran ini diberbagai daerah diseluruh indonesia dapat dijadikanya menjadi sayuran nusantara. Kesegaran dari sayur ini sudah terlihat dari warna buah yang mencolok. Kandungan air dan jeli serta anti oksidan dalam sayur ini dapat menyehatkan Anda.

3. Seledri (peterseli)


Tidak hanya dimanfaatkan sebagai sayuran penghias makanan saja, tetapi khasiat daun ini dapat dijadikan sebagai obat herbal. Antioksidan didalamnya dapat mencegah kanker dan penyakit jantung. Seledri ini juga mengandung bahan flavoid dan mineral tinggi. Serta zat besi, kalium dan magnesium untuk membantu menproduksi sel darah merah.

4. Sayur Bayam


Bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dalam keadaan segar. Mudahnya pengolahan dan tidak memerlukan waktu lama untuk mengolah bayam ini menjadikannya sayur favorit bagi keluarga. Perlu di ketahui jangan menyimpan bayam terlalu lama, ini akan mengubah zat pada bayam menjadi racun bagi tubuh.

5. Wortel


Makanan yang paling disukai oleh hewan memamah biak kelinci ini mampu meningkatkan kesehatan mata. Selain itu zat betakaroten didalam wortel sebagai zat antioksidan cukup tinggi.

6. Buah Mangga


Ada berbagai jenis buah mangga yang ada dimusim tertentu. Tetapi dari kesemua jenis mangga terdapat zat betakaroten, vitamin c dan serat untuk kesehatan tubuh. Rasanya yang manis dan mudah didapatkan menjadikan buah ini sering dikonsumsi dengan olahan jus atau salad buah bahkan tidak jarang untuk dikonsumsi langsung.

7. Labu


Panganan dari labu saat ini sangat bervarian. Berbagai makanan tercipta berbahan dasar labu seperti kue, sayur, agar agar dan lainya. Labu ini juga kaya manfaat. Selaian kandungan antioksidan didalamnya, labu sering dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet. Rendahnya kalori menjadikanya makanan utama untuk melangsingkan badan

8. Buang Anggur


Lumayan sulit mendapatkan buah ini, tetapi kandungan nutrisinya sangat kaya. Kalsium, magnesium, fosfor, zatbesi dan selenium terdapat dalam anggur.

9. Terong


Warnanya sama seperti anggur pada umumnya, Ungu gelap. sayur ini sangat mudah ditemukan berbeda dengan angggur. Nutrisi antosainin pada terong mamou bertindak sebagai bahan anti oksidan.

10. Minuman Teh Hijau


Teh hijau merupakan minuman yang mengandung anti oksidan tinggi dibanding yang lain. Bahan antioksidan dalam teh ini seperti katekin dan flavonoid.

Baca Juga: 16 Jenis Obat Luka Dalam karena Benturan untuk Tubuh

Selanjutnya daftar makanan yang mengandung anti oksidan untuk perbaikan sel ada dibawah ini, beberapa mungkin cukup familiar bagi Anda :

1. kacang tanah
2. kacang hijau
3. kedelai
4. cranbery
5. bunga melati
6. sawo
7. delima
8. kiwi
9. kurma
10. jambu biji
11. jambu air
12. pepaya
13. air kelapa
14. manggis
15. mengkudu
16. bunga pepaya
17. daun afrika
18. rebung
19. ubi jalar
20. buah bit
21. markisa
22. ubi cilembu
23. ubu ungu
24. talas
25. Pare
26. asparagus
27. sawi
28. terong belAnda
29. jeruk
30. daun sirsak
31. daun jambu
32. daun sirih
33. kumis kucing
34. cabai
35. bawang putih
36. daun bawang
37. belimbing
38. melon
39. jahe
40. kentang

Selektif dalam memilih makanan yang kita konsumsi perlu diperhatikan karena kebutuhan gizi tubuh berpengaruh pada kesehatan. Waspadai beberapa penyakit sejak dini dengan makanan bergizi.