Langsung ke konten utama

13 Jenis Makanan Penyehat Tulang Terbaik untuk Tubuh

Kalsium merupakan zat terpenting sebagai komponen dalam tulang. Mengkonsumi makanan yang mengandung kalsium tinggi dapat dijadikan cara untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan tulang yang sehat, tubuh mampu bergerak secara bebas dan melakukan aktifitas secara normal. Sehingga, makanan yang mengandung banyak kalsium perlu untuk diketahui demi mensupla asupan kalsium dalam tulang kita.

Banyak sekali makanan yang mengandung nilai kalsium tinggi. Tetapi paling banyak orang mengetahui makanan dengan sumber kalsium tinggi adalah susu.  Padahal tidak hanya susu, seperti ikan sarden atau brokoli sampai kacang almond dan lainya mengandung nilai kalsium tinggi.

13 Jenis Makanan Penyehat Tulang Terbaik untuk Tubuh

Untuk itu, ada 13 jenis makanan yang akan dipaparkan sebagai pengetahuan tambahan tentang makanan yang mengandung nilai kalsium tinggi sebagai kebutuhan kesehatan tulang anda.

1. Keju


Makanan berupa keju memang tidak asing lagi sebagai makanan dengan sumber kalsium tinggi. Hal ini berkaitan dengan bahan dasar pembuatan keju yaitu susu. Dengan mengkonsumsi keju secara rutine dapat dijadikan pembeda dalam setiap menu masakan. Sehingga dapat menjaga selera makan anda. Perlu diketahui untuk memilih keju parmesan karena kandungan kalsium di dalamnya memiliki kadar kalsium tertinggi dari jenis keju yang lainya.

2. Sarden


Olahan ikan banyak dijumpai di berbagai jenis masakan. Tetapi olahan ikan laut dengan kemasan kaleng (Sarden) memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sarden dapat memenuhi kebutuhan kalsium di dalam tubuh sampai sepertiga dari kebutuhan kalsium tubuh setiap minggunya. Maka, konsumsilah sarden setidaknya sekali dalam seminggu.

3. Brokoli


Sayur ini memiliki banyak  manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk mensuplai kebutuhan kalsium dalam tulang. Terbukti bahwa brokoli kaya akan kalsium sampai 180 mg kalsium disetiap 200 gr penyajiannya. Hanya saja perlu dijaga kadar kalsium dalam sayuran ini saat memasaknya. Dengan pengolahan sayur yang salah akan berakibat hilangnya kadar atau gizi yang dibutuhkan tubuh untuk diambil manfaatnya.

4. Ikan salmon


Terdengar cukup susah untuk mendapatkan jenis makanan ini. Tetapi demi menjaga kesehatan tulang, olahan makanan dari ikan ini perlu untuk dicoba. Karena dalam ikan salmon terdapat lemak sehat dan protein. selain itu produk ikan salmon kalengan juga terdapat nilai kalsium tinggi untuk menjaga keutuhan tulang belakang.

5. Lobak


Jenis sayuran ini biasa diolah menjadi sop. Ternyata kandungan kalsium yang ada dalam sayuran ini cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi sop yang ditambahkan sayur ini ataupun brokoli akan memenuhi kebutuhan baik kalsium atau vitamin A demi menjaga kesehatan tulang dan mata.

6. Susu Kedelai


Susu ini berbeda dengan susu sapi. Susu kedelai jelas terbuat dari saripati kedelai yang kaya akan gizi. Susu kedelai ini juga mengandung nilai kalsium tinggi. Penyajiannya cukup mudah, tidak perlu di campur berbagai jenis makanan apapun nilai kalsium dalam susu kedelai ini sudah mencapai 300 mg pada setiap gelasnya.

7. Jeruk


Buah jeruk ternyata tidak hanya dimanfaatkan sebagai pencuci mulit saja atau diambil manfaatnya dari kandungan vitamin C. Tetapi buah satu ini juga memiliki manfaat lain sebagai penyuplay kalsium dalam tubuh. Diketahui bahwa setiap buah jeruk terdapat kandungan kalsium sekitar 60 mg.

8. Tofu


Tofu adalah makanan jepang. Secara kasat mata tofu mirip sekali dengan tahu di Indonesia. Tofu ini sejatinya terbuat dari endapatan kedelai yang difermentasikan. Sayangnya, pengolahan dengan fermentasi ini mengakibatkan tofu memiliki tekstur yang lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan. Tetapi, Tofu sendiri memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan bisa menjadi salah satu alternatif makanan pengganti susu.

9. Kol ( kale)


sayur kol termasuk sebagai penyuplai kalsium yang cukup tinggi. Bahkan kandungan kalsiumnya bisa melebihi segelas susu.

10. Kacang Almond


Sering dijumpai kacanh ini sebagai toping kue atau roti bahkan dijadikan sebagai cemilan. Ternyata, kacang almond ini kaya akan vitamin E dan kalsium yang bagus untuk kesehatan kulit dan tulang.

Baca Juga: 9 Tips Mudah Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Selain kacang almond tersebut, ada berbagai jenis kacang kacangan yang perlu diketahui sebagai sumber kalsium, diantaranya :


Jenis Makanan Penyehat Tulang Terbaik Lainnya


1. Kacang Kedelai
2. Kacang Putih
3.  Kacang Kenari

Uraian makanan mampu dijadikan pilihan anda sebagai referensi dalam memilih makanan yang anda butuhkan. terutama bagi anda yang membutuhkan kalsium tinggi apalagi bagi anak anak dimasa pertumbuhan. semoga bermanfaat.