Langsung ke konten utama

13 Jenis Makanan Penyehat Otak Terbaik yang Wajib Dikonsumsi

Otak sebagai pusat dari segala sistem saraf dalam tubuh perlu dijaga kesehatanya. Otak yang sehat akan melakukan tugas yang kompleks dengan baik. Sehingga perawatan otan perlu diperhatikan dengan cara beristirahat yang cukup atau mengkonsumsi makanan makanan yang mampu memeprkuat otak agar tetap sehat.

Masih banyak pengetahuan minim terhadap makanan penyuplay nutrisi otak. Kebanyakan orang sering makan makanan yang hanya sesuai keinginan dan selera saja. Tidak memperhatikan kesehatan tubuh dan keperluan gizi di dalamnya. Berikut ini ada beberapa makanan yang mampu dijadikan sebagai pilihan menu Anda untuk membantu menguatkan otak agar sehat.


13 Jenis Makanan Penyehat Otak Terbaik yang Wajib Dikonsumsi

1. Coklat


Coklat merupakan makanan yang enak karena memiliki rasa yang manis. Varian coklat saat ini sangat banyak. Aneka makanan yang berbahan dasar coklat kita jumpai di toko toko kecil bahkan restoran dengan taraf internasional. Kandungan gizi dalam makanan ini adalah antioksidan yang terbaik bagi tubuh, termasuk otak. Selebihnya Flavoid didalam coklat membantu memperlancar sirkulasi  darah yang mengalir ke otak.

2. Teh Hijau


Teh Hijau dalam bahasa lain sering disebut green tea. Minuman khas yang berasal dari jepang ini memberikan manfaat selain menjaga metabolisme tubuh. Ternyata teh ini mempunya kemampuan untuk menjaga konektifitas otak, mencegah demensia dan mampu meningkatkan kemampuan memori. hebatnya adalah resiko penyakit parkinson dapat dikurangi dengan mengkonsumsi teh ini secara teratur.

3. Tomat


Buah tomat merupakan alternatif makanan lain yang mudah ditemukan untuk membantu menyehatkan otak. Kandungan antioksidan dan lycopene mampu mengurangi radikal bebas yang merusak sel sel otak. Pemanfaatanya dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jus. Terlebih lagi jika secara rutin dikonsumsi tomat mampu memberikan efek dorongan lebih tajam pada kekuatan memori otak Anda.

4. Salmon


Ikan salmon merupakan makanan yang bisa Anda coba sebagai makanan penyuplai nutrisi otak. Kegunaan ikan salmon ini membantu meningkatkan kekuatan otak dengan kandungan Omega 3nya. Selain itu asam docosahexaenic (DHA) mampu mencegah penyakit mematikan Alzheimer.

5. Kenari


Kacang kenari sering kita jumpai juga di berbagai kue atau masakan lainya. Jenis kacang ini musiman dan bisa saja sulit untuk didapatkan. Apalagi proses pengolahan kacang kenari lumayan menyita waktu dan susah. Tetapi manfaatnya luarbiasa bagi otak karena nilai gizi yang tinggi. kacang kenari memiliki kandungan asam dan omega 3 lebih tinggi daripada kacang kacang lainya. Nutrisi tersebut mampu meningkatkan fungsi neurotransmitter pada kelenjar otak.

6. Brokoli


Sayur brokoli ini mampu memicu pertumbuhan sel sesl baru pada otak. Itulah alasanya kenapa bayi yang sudah beranjak dan masuk masa makan, orang orang memberikan sayur brokoli untuk menambah saya tahan dan nutrisi otak agar anak menjadi cerdas. Bagi orang dewasa, dengan mengkonsumsi sayur ini 3 x dalam seminggu dengan porsi 1 mangkuk merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kinerja otak. Sehingga mampu berfikir kreatif dan inovatif.

7. Bayam


Bayam yang kaya akan kalium membantu meningkatkan konektifitas otak. Dengan konektifitas syaraf otak yang baik akan membantu memiliki daya pikir dan daya ingat yang baik. Selain itu, kandungan anti oksidan didalam bayam membuktikan mampu melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Kehebatan dari kandungan nutrisi sayur bayam ini juga masih banyak lagi. Diantaranya bayam juga kaya akan float, Vitamin E, dan Vitamin K sebagai pencegah penyakit penurunan fungsional Otak akibat kelainan.

8. Bluberry


Mengkonsumsi buah ini bisa membantu kinerja otak semakin tajam. Buah yang kaya akan flavonoid ini bisa meningkatkan kukatan memori, Konektifitas otak, melindungi dari radikal bebas serta membantu menjaga konektifitas jaringan otak yang sudah rusak.

9. Air putih


Air Putih adalah minuman yang sering dikonsumsi. Kebutuhn air dalam tubuh sangat diperlukan apalagi kesehatan otak. Otak manusia bila dibelah akan diperoleh hampir 3/4 bagianya adalah air. Mengkonsumsi air putih ini akan menghindarkan kita dari dehidrasi sehingga kemampuan berfikir akan lebih bagus.

10. Kunyit


Kunyit merupakan bumbu sekaligus obat (jamu) tradisional yang mampu meningkatkan kinerja otak.
Kandungan antioksidan dan curcumin membantu mencegah akumulasi beta amiloid. Zat terebut sangat membantu bagi penderita Alzeimer.



Baca Juga: 17 Efek Buruk Tembakau Rokok untuk Paru-Paru dalam Tubuh

Berbagai bahan makanan diatas masih dapat Anda tambahkan dengan mengkonsumsi makanan yang bersifat kacang-kacangan. Seperti :


Jenis Makanan Penyehat Otak Terbaik Lainnya


1. Kacang Kismis
2. Kacang Putih
3. Kacang Tanah

Sangat penting bagi Anda memiliki kekuatan Otak yang bagus demi menunjang segala aktivitas dan kinerja. Bantulah nutrisi otak dengan berbagai alternatif makanan tersebut agar kreatifitas Anda tanpa batas.