Langsung ke konten utama

20 Makanan Pemicu Cepat Tidur yang Alami untuk Tubuh

Istiharat merupakan kegiatan untuk pemulihan diri dari segala aktifitas yang sudah dilakukan selama seharian. berkat Istirahat, sesorang akan merasa fit kembali dan bersemangat untuk berkreasi, berinovasi bahkan bekerja tanpa gangguan. Selain itu, kebutuhan tubuh dan organ manusia juga perlu istirahat yang cukup. Setidaknya tubuh manusia normal, membutuhkan 6 jam untuk beristirahat setiap harinya.

Namun, Bagaiamana jika Anda memiliki beberapa acara penting keesokan harinya dan pada malam itu Anda tidak bisa tidur? haruskan dengan bantuan obat kimia seperti ctm dan sejenisnya untuk membantu masalah Anda? tenang, jangan khawait, cukup mengkonsumsi makanan dibawah ini, pasti Anda akan tertidur dengan pulas dan nyenyak, simak baik baik ya :


20 Makanan Pemicu Cepat Tidur yang Alami untuk Tubuh

1. Buah Pisang


Menyediakan buah pisang selain sebagai pelengkap pada sarapan pagi, ternyata pisang mampu dimanfaatkan sebagai obat tidur alami. Kandungan magnesium dan kalium dalam pisang mampu meregangkan otot yang tegang akibat kelelahan, serta menjadikan jaringan otot menjadi tenang. Apabila tubuh kembali kedalam keadaan relaks atau tenang, maka Anda akan lebih cepat tidur.

2. Madu


Memang khasiat madu berguna baik dari kesehatan, kecantikan, sampaii pada alternatif obat yang ada didalamnya. Madu asli memiliki kadar glukosa tinggi untuk memproduksi zat kimia pada otak. Kebutuhan tubuh terhadap glukosa akan menhambat yat tersebut sehingga produksinya akan terhambat. Anda akan merasa mengantuk akibat meminum madu. Usahakan jangan mengkonsumsi madu berlebihan. hanya 1 sendok makan saja sudah cukup bahkan berlebih untuk obat tidur Anda.

3. Roti gandum


Mengkonsumi roti gandum pada pagi hari sebagai sarapan sejatinya kurang baik. kadar glukosa yang mudah hilang menyebabkan Anda merasa ngantuk. Ini yang perlu dikaitkan pada permasalahan diri Anda ketika mengalami susah tidur. Makanlah roti ini sebagai pengisi perut Anda pada malam hari, Anda akan merasa semangat dengan jarak sekitar 30-1 jam saja. Setelah itu, Anda akan merasa mengantuk dan lemas. Usahakan jangan mengkonsumsi roti ini sebagai menu sarapan pagi Anda.

4. Keju


Keju memiliki banyak kandungan mineral. Apabila Anda mengalami kesulitan tidur, atau insomnia keju dapat mengobati permasalahan Anda. Tetapi efek yang ditimbulkan Anda akan cepat gemuk. Insomnia sendiri merupakan kondisi dimana Anda mengalami kesulitan tidur akibat kesulitan dalam memejamkan mata. kandungan kalsium dalam keju akan membantu Anda sebagai pembuat zat tryphopan. Pada akhirnya melatonilah yang terproduksid ari zat tersebut yang membuat Anda mengantuk.

5. Selada


sayuran Hijau yang tumbuh berkembang dimana mana ini memiliki kegunaan sebagai obat alami kesusahan tidur Anda. Selain membuat tubuh Anda segar dan rasanya yang menyegarkan, selada mampu membuat Anda mengantuk. Kandungan lactucarium lah yang menjadi penyebab Anda mengantuk setelah mengkonsumsi selada ini.

6. Cokelat


Keadaan stress atau syaraf yang tegang dapat ditanggulangi dengan menggunakan makanan ini. Coklat hitam lah yang cepat membuat Anda menjadi tambah mengantuk. Pikiran yang ada dan kurangnya rileks membuat kesadadaran diri Anda semakin meningkat. Itulah yang menyebabkan Anda sulit tidur. Konsumsilh coklat ketika Anda mengalami susah tidur, maka Anda akan merasa tenang dan segera terlelap. Jangan lupa setelah makan coklat, Anda harus menggosok gigi ya, sebab dapat menyebabkan gigi Anda berlubang.

7. Nasi Putih


Karbohidrat dan gula yng tinggi menyebabkan Anda kenyang akibat memakan nasi dengan segala lauk pauknya. Setelah kenyang Anda akan malas melakukan berbagai hal apapun, sehingga lama kelamaan Anda akan mengantuk. Usahakan tidur setelah makan malam berjangka 2 jam, karena ini beresiko obesitas dan diabetes.

8. Ikan Tuna


Makanan super sehat ini mengandung B6 sebagai penyuplai produksi melatonin dan serotin sehingga rasa kantuk tercipta dengan cepat dan Anda akan sulit menahanya.

9. Bayam


Merupakan sayuran umum digunakan sebagai sop atau lalapan. mengkonsumsi bayam juga membantu mengatasi permasalahan tidur Anda.

10. Kangkung


Ternyata selain bayam sayuran kangkung membawa manfaat untuk memicu rasa kantuk. Sama halnya dengan bayam, penikmat kangkung merasa mengantuk setelah mengkonsuminya. Sehingga tidur akan terasa cepat dan segar bila bangun pada pagi harinya.

Baca Juga: 50 Makanan Sumber Antioksidan Sehat untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa makanan lain yang bisa Anda jadikan alternatif penambah rasa kantuk sebagai berikut :

11. Salad
12. Kacang Almond
13. Kacang Kenari
14. Susu hangat
15. Pretzel
16. Cherry
17. Oatmeal
18. Sereal
19. Buncis
20. Teh markisa

Selamat mencoba makanan di atas bagi Anda yang mengalami kesusahan tidur, Niscaya nikmat tidur Anda akan lebih bermakna bila didahului dengan doa sesuai dengan kepercayaan yang Anda miliki.