Langsung ke konten utama

7 Fungsi Pil PCC untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Baru ini kejadian menggemparkan terkait dengan penggunaan pil PCC. Korban yang ada merupakan siswa baik dari kalangan pelajar menengah dan atas. Penyalahgunaan pil Ini sebagai obat ternyata dijadikan sebagai penghilang kesadaran. Seperti pada kasus lain yaitu ngelem dengan lem fox atau penggunaan miras untuk menghilangkan kesadaran.

Sebenarnya obat ini tidak bisa diperjual belikan secara bebas di apotik dan toko obat lainya. Karena kandungan obat yang sangat keras perlu adanya pengawasan dan resep dari dokter atau ahli medis. Sayangnya, korban yang mengkonsumsi pil ini bisa meminum dengan asal asalan karena harga yang ditawarkan cukup murah. Kisaran harga pil PCC ini setiap 25 butir dibandrol dengan harga 20 ribu saja.

7 Fungsi Pil PCC untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Cukup murah bagi anak anak dan remaja untuk membeli jenis obat ini demi ajang kenakalan dan pencarian jati diri mereka. Obat ini sejatinya memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. Golongan ibat ini terdiri dari 3 zat utama yaitu paracetamol, Cafein dan Carisoprodol. Ketiga zat itu menyatu dalam 1 buah pil yang biasanya berwarna putih atau kunig bahkan ada yang berwarna kemerah merahan. Beberapa manfaat dari obat ini adalah:


1. Kandungan Paracetamol


Paracetamol dalam pil PCC sama halnya dengan kegunaan dari obat penurun panas lainya. Zat ini mampu mengurangi rasa sakit ringan hingga sedang. Beberapa kegunaan paracetamol bagi kesehatan diantaranya :

a) Penghilang sakit Kepala


Gejala sakit kepala yang biasa terjadi bagi orang terkadang sangat mengganggu. Paracetamol mampu meredakan orang yang terjangkit penyakit ini. Penggunaan pil PCC sebagai salah satu alternatif pilihan paracetamol dapat digunakan sebagai obat bila penggunaanya sesuai dengan resep dokter dan anjuran dosis pemakian.

b) Penghilang Nyeri


Kegunaan lain pil PCC yang mengandung paracetamol dapat menghilangkan rasa nyeri pada seseorang yang sakit gigi, flue atau haid. Dosis yang boleh dikonsumsi setiap tubuh hanya 500mg dengan jarak 6 jam setelahnya dapat minum kembali.

c) Penurun Panas


Pada cuaca hujan atau memang daya tahan tubuh tidak stabil, seseorang akan mengalami demam atau panas. Tubuh akan merasa dingin dengan segala suhu sekitar padahal bila kulit disentuh maka panaslah suhu badan tersebut. Pil PCC ini mampu meredakan panas dengan cepat dan tepat bagi penderita deman dengan aturan pakai sesuai resep dokter.

2. Cafein


Biasanya kandungan kafein ini terdapat pada minuman kopi, teh ataupun minuman bersoda. Cafein dapat mendorong lesadaran, fokus dan waspada sehingga seseorang sehabis meminum minuman yang mengandung cafein akan merasa segar dan kantuk yang hilang.

Kafein juga dapat dipergunakan sebagai stimulan pada altit sebagai pendorong daya tahan tubuh. Didalam Pil PCC kandungan cafein jelas nampak dalam label pil ini. Kafein bagi dunia medis bisa dikombinasikan dengan paracetamol sebagai obat untuk menggulangi beberapa penyakit. Diantaranya

a) Meredakan asma


Pil PCC dapat dipergunakan bagi orang yang menderita asma. karena kadnungan kafein didalamnya mampu melegakan dada yang telah dikombinasikan dengan paracetamol.

b) Baik untuk darah rendah


Kandungan Kafein dalam Pil PCC juga dipergunakan sebagai obat bagi penderita tekanan darah rendah. kafein yang terdapat didalamnya mampu memebrikan stimulan pada jantung untuk bekerja lebih cepat dalam memompa darah. Sehingga aliran darah akan kembali normal.

3. Carisoprodol


Berbeda dengan kedua zat diatas, carisoprodol tidak dijual bebas. Kegunaan dari carisoprodol ini sangat dibatasi oleh resep dokter. Zat ini termasuk dalam jenis muscle relaxer atau obat relaksasi otot.

a) Penghilang Rasa sakit


Fungsi carisoprodol dapat memotong rasa sakit yang dialirkan syaraf ke otak. Sebagai kandungan dalam pil PCC, carisoprodol memiliki fungsi lain tidak terbatas sebagai obat penghilang rasa sakit pada beberapa bagian di tubuh Anda.

b) Baik untuk cidera otot dan tulang


Jika Anda mengalami cidera otot dan tulang, dokter biasanya akan memberikan obat yang mengandung carisoprodol ini. Senyawa di dalamnya mampu mencegah kerusakan yang lebih parah di otot dan tulang Anda.

Baca Juga: 10 Makanan Sehat Wanita yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Penyalahgunaan dari obat ini terutama sebagai obat pasaran yang terjual bebas dipasaran perlu perhatian khusus. Efeksamping yang ditimbulkan jika overdosis dari obat ini mampu menghilangkan kesadaran, kejang kejang, sampai pada detak jantung yang begitu cepat. Kenali lebih dalam anak Anda dari bahaya obat ini dan awasi penggunaanya sebagai salah satu obat keras yang murah beredar bebas dipasaran.