Langsung ke konten utama

13 Efek Samping Pare untuk Tubuh yang Wajib Diketahui

Siapa yang tidak tahu pare? Jenis sayuran bertekstur padat dengan bentuk lonjong ini memiliki fans yang tidak sedikit. Rasa Pahit yang khas pada pare saharusnya membuat sayur ini dijauhi. Tetapi, kandungan nutrisi dan antioksidan tinggi pada pare menjadikannya sayuran favorit bagi beberapa orang. Sehingga saat ini berbagai macam olahan pare dapat kita temui di berbagai tempat.

Perkembangan zaman saat ini, bentuk olahan pare bervariasi. Beberapa macam olahan pare diantaranya sambal pare, salad, juz bahkan ada olahan camilan dari pare yaitu krepek pare. Banyaknya varian pare yang ada bukan berarti Anda dapat menikmatinya dengan leluasa. Perlu diketahui bahwa pare memiliki efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi secara terus menerus, diantaranya :


1. Tekanan Gula Darah Rendah


Fungsi pare sebagai obat bagi penderita diabetes memang sudah tidak diragukan lagi. Manfaat pare ini sangat berguna bagi penderita penyakit tersebut. berhati hatilah dalam mengkonsumsi pare, karena pare dapat menurunkan kadar gula darah hingga serendah rendahnya.

2. Resiko Keguguran


Sangat tidak dianjurkan bagi seorang ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi pare. Senyawa aktif kimia alami dari pare mampu menstimulasi haid pada wanita. Sehingga akan berakibat fatal dan resiko keguguran bagi ibu hamil. Sebagai bentuk Preventif, hindarkan ibu yang sedang mengandung untuk menghindari sayuran pahit ini.

3. Resiko Ketidakstabilan Gula Darah untuk Operasi


Resiko ini terjadi pada seseorang yang sudah atau sebelum  melakukan Operasi (bedah). Bagi pasien yang akan menjalani operasi tidak dianjurkan memakan sayuran ini. Kandungan zat kimia alami dalam pare mampu mengganggu kestabilan gula dalam darah. Bagi Anda penikmat pare, Anda dapat menikmatinya setelah 2 minggu pasca operasi. Mohon bersabar ya...

4. Keracunan


Mengkonsumsi pare secara berlebihan dapat mengakibatkan Anda mengalami keracunan. Gejala ini ditAndai dengan keluarnya fases yang kehitam-hitaman dan badan terasa lemas. Hal yang dapat Anda lakukan sebagi pertolongan pertama adalah dengan memberikan oralit. Jika kondisinya selama 24 jam tidak kunjung baik, segera bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.

5. Diare


Kelanjutan dari keracunan adalah diare. Jika keadaan semakin memburuk, fase selanjutnya adalah terkena penyakit diare. Fases akan cair dan perut terasa sakit dan penuh. Bagi yang sudah mengalami ini, usahkan penderita jangan sampai kehabisan cairan tubuh. Berikan minum sebanyak banyaknya jika perlu diberi susu putih Hangat.

6. Perubahan Sikap akibat Tingkat Hormon


Beberpa dari penikmat pare yang dikonsumsi secara berlebih akan berakibat fatal pada hormon manusia. Perubahan ini akibat nutrisi cucurbitacins dari rasa pahit pare. Hormon yang terganggu pada kesadaran dan emosi seseorang ditAndai dengan gejala :

a.    Kurang Fokus
b.    Pelupa
c.    Perubahan Mood secara signifikan
d.    Emosi Tinggi

Segera Kurangi konsumi pare jika Anda atau salah satu kerabat Anda mengalami gejala diatas. Periksakan ke ahli medis jika keadaan semakin mengkhawatirkan.

7. Sakit Kepala


Keasikan dalam menikmatai hidangan pare akan mengakibatkan efek langsung yang bisa dirasakan. Sakit kepala merupakan salah satu efeknya. Kebanyakan mengkonsumsi pare dapat mengakibatkan kurangnya aliran darah keotak karena kadar gula dalam darah yang turun sehingga membuat Anda pusing.

8. Migran


Beberapa orang dari penikmat pare juga mengalami sakit kepala sebelah (migran). Segera hentikan mengkonsumsi pare dan berikan pendorong tubuh dengan minuman hangat seperti teh, kopi atau susu.

9. Gangguan Liver


Penyebab dari gangguan liver ini akibat getah yang menyelimuti kulit pare. Cara memasak yang tepat perlu diperhatikan untuk menghindari resiko liver. Zat Racun pada getah pare dapat memberikan pekerjaan cukup berat bagi hati untuk bekerja menetralisisr zat racun yang masuk dalam tubuh.

10. Perut terasa panas


Pare juga dapat membuat perut Anda terasa panas. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan dalam pare yang bisa membuat asam lambung Anda naik. Sebaiknya segera menghentikan konsumsi pare jika gejala tersebut muncul di tubuh Anda.

Baca Juga: 20 Makanan Pemicu Cepat Tidur yang Alami untuk Tubuh
 
Biasanya gangguan ini terjadi pada area perut Anda. Karena pare yang berlebihan masuk didalam sistem pencernaan yang kurang mampu bekerja dengan baik. Beberpa diantaranya



Efek Samping Pare Lainnya


11. Mual
12. Perut Terasa Penuh Gas
13. Nyeri Lambung

Sebaik-baiknya Pare yang kaya manfaat tentu ada batas maksimal yang dapat Anda konsumsi. Setiap Hari, Anda hanya diperkenankan memakan paling banyak 250 gr pare. Waspadai kerabat atau keluarga Anda yang menjadi penikmat pare. Jangan sampai terjangkit penyakit akibat efek pare yang ditimbulkan.