Langsung ke konten utama

13 Efek Buruk Kunyit untuk Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

Kunyit sebagai Obat alami memiliki banyak manfaat untuk mengobati beberapa penyakit. Seguadang manfaat bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi dari salah satu bumbu dapur ini. Penyakit yang dapat disembuhkan dengan khasiat kunyit ini diantaranya sebagai anti radang, anti depresant, atau sebagai pereda rasa sakit. Kunyit ini juga dapat dipergunakan untuk mengobati beberapa penyakit kronis lainya seperti diabetes, kanker, radang sendi atau tingginya kolestrol.

Sangat disayangkan apabila pemanfaatan kunyit sebagai obat tidak diergunakan dengan baik. Apalagi dengan dosisi yang tinggi dapat menyebabkan efek berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kunyit ini aman dipergunakan secara berturut turut selama 8 bulan saja, selebihnya akan menimbulkan resiko penyakit yang dapat terjangkit bagi penikmat kunyit. Beberapa efek samping dari kunyit yang dipergunakan secara berlebihan data Anda simak dibawah ini :



13 Efek Samping Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

1. Resiko Asam Lambung


Pemanfaatan kunyit yang berlebih dapat memicu gangguan pada lambung Anda. Apalagi, mengkonsumsinya dengan keadaan perut yang kosong.  Rangsangan yang ditimbulkan oleh kunyit sebagai obat tradisional dapat menaikan asam lambung. Terlebih lagi bagi seseorang yang memiliki rekaman penyakit ini harus lebih waspada terkait d pemanfaatan kunyit ini. Berhentilah mengkonsumsi kunyit kalau keadaan asam lambung Anda semakin menunjukkan resiko yang lebih parah.

2. Terciptanya rasa Ruam yang gatal


MengGunakan kunyit secara berlebbihan akan berdampak pada gangguan ruam yang gatal. Segera hentikan pemanfatan kunyit apabila sudah terjadi gangguan diatas.

3. Aritmatika Jantung Yang Tidak Stabil


Sebuah studi tentang pemanfaatan kunyit sebagai obat alternatif sudah di lakukan oleh beberapa ahli medis di seluruh dunia. sebuah temuan tentang pengguna kunyit dosis tinggi pada kisaran 1500mg 2 x sehari terjadi permasalahan aritmatika jantung abnormal. Perlunya waspada terhadap alternatif obat ini, walapaun alami tetapi perlu dosis yang semestinya saja.

4. Resiko Hormon Produksi Sperma


Efek dari kunyit ternyata mampu menurunkan kadar hormon testosteron pada kaum adam. Kandungan nutrisi dalam kunyit mampu memperlambat laju sperma, Sehingga jangan gunakan kunyit terlalu banyak untuk Anda konsumsi jika ingin cepat mendapat momongan.

5. Menghambat Zat Besi yang Akan Diserap Tubuh


Membatasi penggunaan kunyit bagi seseorang yang sedang haid, anemia dan mengalami kekurangan zat besi (defisiensi) perlu dilakukan. Karena dosis yang tinggi bagi penderita penyakit diatas mampu menghambat penyembuhannya. Penyebabnya adalah kunyit mampu menghambat zat besi yang akan diserap oleh tubuh untuk di sebarkan pada jaringan lainya.

6. Kulit Kuning


Bahaya penyakit kuning akibat konsumsi kunyit ini bisa terjadi. Kunyit yang memiliki warna dasar kuning jika dikonsumsi secara berlebih akan mengubah kulit menjadi kuning, bahkan tinja dan keringan bisa saja menguning. Jangan sekali kali menkonsumsi kunyit dalam dosis yang tinggi

7. Bau Badan


Gejala ini umum terjadi apabila mengkonsumsi kunyit secara berlebih. Efeksamping kunyit ini bisa ditanggulangi dengan mengkonsumsinya menggunakan tambahan kayu manis.

8. Gangguan Perut


Efek samping ini akan Anda rasakan pada awal Anda mengkonsumsi kunyit sebagai obat alami. Biasanya gangguan pada perut yang timbul seperti efek kembung dan perut terasa seperti penuh dengan gas. Jika hal ini sudah terjadi, Kurangi penggunaan kunyit sejak dini sebagai obat karena tidak bagus bagi kesehatan.

9. Munculnya Keringat Dingin


Kondisi ini terjadi apabila tubuh Anda mengalami reaksi terhadap zat yang ditimbulkan kunyit. Jangan khawatir terhadap efek samping ini, karena ini justru pertAnda baik. Hormon tubuh yang berkontraksi dengan kunyit meregulasikannya kedalam seluruh tubuh. Sehingga akan muncul keringat dingin dan keluarnya hawa panas tubuh penderita penyakit tertentu seperti deman atau kurang enak badan.

10. Jerawat


Jerawat yang muncul bukan semuanya dipicu oleh konsumsi kunyit. Akan tetapi, munculnya jerawat dapat dikaitkan dengan timbulnya alergi. Jika masih saja terjadi secara terus menerus akibat mengkonsumsi kunyit, segera hentikan pemakainnya.

Baca Juga: 25 Makanan Sumber Zat Besi Alami untuk Kesehatan Tubuh

Masih adanya beberapa gangguan lain akibat efek pemanfaatan kunyit sebagai obat yang dipergunakan secara berlebihan. Beberapa diantaranya dapat Anda rasakan secara langsung yaitu:

Efek Samping Kunyit Lainnya


11. Mual
12. Pusing
13. Muntah

Banyakanya efek samping tersebut bukan berarti obat kunyit yang alami tidak aman, hanya perlunya kesadaran terhadap dosis yang digunakan. Lebih baik konsumsi obat alami daripada obat kimia yang beredar bebas dipasaran.