Langsung ke konten utama

13 Efek Samping Dadah untuk Kesehatan Tubuh

Dadah adalah istilah yang banyak di gunakan dalam bahasa melayu. Artinya adalah drug atau biasa di kenal sebagai salah satu jenis obat-obatan. Namun dalam bahasa melayu, kata dadah bukan sejenis obat obatan. Maknanya lebih mengacu pada penggunaannya yang di gunakan secara berlebihan atau dalam waktu yang tidak tepat.

Dadah memiliki makna penyalahgunaan obat-obatan.  Sebab dadah merupakan suatu obat obatan yang jelas tidak boleh di gunakan. Karena tidak baik untuk tubuh, bahkan memiliki sifat korosif atau merusak tubuh, maka penggunaan dadah jelas di larang.

13 Efek Samping Dadah untuk Kesehatan Tubuh 
Yang termasuk dalam obat dadah adalah sebagai berikut:

•  Opiat
•  Morfin
•  Heroin atau biasa di kenal dengan putaw
•  Demerow
•  Candu
•  Kodein
•  Kanabis atau ganja
•  Ganja herba
•  Hashish
•  Depresan
•  Barbiturates
•  Tranquilizer
•  Emirin 5
•  Sadatif hipnotik
•  Stimulan

Obat dadah ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah 13 efek samping yang akan ditimbulkan obat dadah untuk kesehatan tubuh:

1. Kejang-kejang


Kejang-kejang saat tidur bisa jadi dialami oleh seseorang yang mengkonsumsi obat dadah. Kejang-kejang ini mungkin terjadi karena suhu badan yang naik atau demam tinggi yang disertai dengan keringat dingin serta tubuh yang mengalami dehidrasi.

2. Merusak sistem pusat tubuh


Obat-obatan dadah sering disebut-sebut memiliki sifat destruktif, oleh karena itu pengguna obat-obatan ini harus berada di bawah pengawasan langsung dari kementrian kesehatan. Penggunaan obat ini tidak bisa sembarangan karena akan menimbulkan kerusakan pada sistem pusat tubuh manusia.

3. Termasuk barang haram


Al Quran menyebutkan bahwa dadah masuk ke dalam salah satu barang yang haram karena sifatnya yang tidak memiliki manfaat sama sekali bagi tubuh manusia. Bahkan obat-obatan dadah ini malah akan merusak sistem tubuh. Sesuai dengan kaca mata agama bahwa segala sesuatu yang tidak membawa kemanfaatan tetapi malah mendatangkan kemudharatan bagi kita disebut sebagai barang haram.

4. Membuat ketergantungan


Bahkan beberapa orang mengalami tubuh yang lemas, luyu, dan tidak berdaya karena berhenti mengkonsumsi obat-oabatan dadah. Hal tersebut adalah akibat ketergantungan obat dadah. Seseorang akan mengalaminya ketika berhenti mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

5. Rela melakukan apapun demi dadah


Seseorang yang sudah kecanduan terhadap obat dadah ini akan rela melakukan apapun supaya bisa mendapatkan barang ini. Bisa jadi hal-hal yang dilakukan merupakan tindakan buruk dan sangat merugikan.

6. Memicu tindakan kriminalitas


Seperti telah diungkapkan sebelumnya bahwa seseorang yang kecanduan akan rela melakukan apapun agar bisa mengonsumsi obat-oabatan ini, bahkan tindak kriminalitas akan dilakukan oleh pelaku untuk mendapatkan barang tersebut.

7. Kurangnya perhatian orangtua


Kurangnya perhatian yang cukup dari orangtua bisa menjadi penyebab sekaligus akibat. Seseorang yang kurang mendapatkan perhatian dari orangtua bisa jadi akan mengonsumsi obat terlarang ini. Tetapi di lain sisi seseorang yang telah menjadi pecandu obat dadah ini akan dikucilkan dalam keluarganya, termasuk dari orangtua mereka sendiri.

8. Mual dan muntah


Kondisi tubuh manusia bisa berbeda antara satu dengan yang lainnya termasuk tanggapannya terhadap masuknya obat ke dalam tubuh. Jika perut seseorang yang mengkonsumsi tidak terbiasa atau bahkan tidak mampu menerima obat ini akan menimbulkan mual-mual bahkan muntah yang berkepanjangan.

9. Perubahan sifat dan perilaku


Efek yang diberikan obat dadah ini jelas akan sangat berbeda dengan obat-obatan biasa. Konsumsi obat dadah akan membuat seseorang berubah dari segi sifat dan perilaku. Seseorang yang awalnya ceria bisa menjadi pemurung dan pendiam, begitu pula sebaliknya.

10. Flu dan batuk


Flu dan batuk merupakan salah satu bentuk alergi yang timbul dari hidung. Alergi ini bisa muncul karena seseorang mengkonsumsi obat-obatan dadah. Alergi yang timbul ini sebagai efek samping dari obat-obatan dadah yang ada.


Baca Juga: 28 Jenis Pengawet Makanan yang Aman untuk Dikonsumsi

Efek samping yang mungkin akan muncul pula ketika seseorang melakukan konsumsi terhadap obat dadah adalah sebagai berikut:


Efek Samping Dadah Lainnya


11. Status sosial yang menurun
12. Menurunkan daya tahan tubuh
13. Tubuh membengkak

Banyak sekali dampak yang ditimbulkan dari obat dadah ini. Seharusnya kita semakin jeli apakah obat yang kita konsumsi termasuk di dalamnya atau tidak. Efek samping yang ditimbulkan sama besarnya dengan kekuatan yang dimiliki obat-obatan ini. Jangan sampai salah!