Langsung ke konten utama

13 Efek Samping Bahan Kimia untuk Kesehatan Tubuh

Zaman yang kian berubah saat ini mengakibatkan perubahan teknik pengobatan yang sudah dimodifikasi. Dahulu sekali obat yang beredar hanyalah sebuah ramuan yang terdiri dari aneka tumbuh tumbuhan, dedauan, akar, biji, akar dan rempah rempah. Namun kini produk pengobatan yang direkomendasikan dokter selalu berbahan dasar kimiawi. Apalagi beberapa produk bahan kimia saat ini merambah pada produk produk rumah tangga.

Beberapa produk rumahan yang berbahan dasari kimia seperti deerjen, sabun, pencuci piring, pengharum ruangan sampai pada alat pribadi yang sering kita gunakan. Keberadaan bahan kimia ini memang seperti dua bilah koin. Manfaat nya banyak sekaligus membawa dampak yang kurng baik bagi kesehatan juga. Beberapa efek samping dari bahan kimia yang bisa Anda rasakan langsung atau dengan jangka waktu yang relatif lama. Berikut coba Anda simak beberapa efek buruk yang berasal dari pemanfaatan bahan kimia, diantaranya.


13 Efek Samping Bahan Kimia untuk Kesehatan Tubuh

1. Efek pada Kesehatan Jangka pendek


Beberapa bahan kimia disekitar kita memberikan efek langsung yang bisa dapat kita rasakan. Beberapa bahan kimia yang menimbulkan bau atau sejenisnya mampu mengganggu kesehatan kita. terlebih lagi dengan dosis yant tinggi bisa berakibat permasalahan yang akut, sebagai contoh efek jangka pendek ini

a) Iritasi mata


Biasanya terjadi akibat penggunaan obat nyamuk bakar atau pengharum ruangan. Apabila terjadi efek seperti ini segera hentikan penggunaan bahan kima tersebut agar tidak terjadi permasalahan yang lebih serius.

b) Saluran pernafasan. 


Gangguan ini juga sering dialami dari penggunaan bahan kima obat nyamuk bakar. Memang kepraktisannya dan harganya yang terjangkau menjadikan alasan kenapa obat nyamuk bakar sering dipakai. Lebih baik untuk menghindari nyamuk dari bahaya yang ditimbulkan lakukan gerakan 5 M yang sudah direkomendasikan oleh badak kesehatan terkait

c)  Alergi atau Iritasi Kulit


Efek dari penggunaan obat ini sering dijumpai pada seseorang yang mengaplikasikan berbagai bahan kimia sebagai alat kebersihan dan wewangian. handbody, atau sabun dan sejenisnya mampu menimbulkan alergi dan iritasi kulit. gejala yang timbul akibat dari penggunaan senyawa kimia ini biasanya timbulnya gatal, kulit memerah dan mengelupas. Segera hentikan penggunaanya dan cek kembali kandungan senyawa kimia yang terkandung didalamnya.

d)   Muntah dan mual


Bahan kimia juga akan membuat Anda merasakan mual yang menyerang perut. Efek samping ini akan berlanjut sampai dengan Anda merasa ingin muntah. Hal ini tentunya akan membahayakan kesehatan lambung Anda.

e) Nyeri perut


Efek samping lainnya yaitu rasa nyeri pada perut. Hal ini biasanya terjadi karena lanjut dari rasa mual dan muntah sebelumnya. Nyeri perut akan membuat perut Anda terasa sakit dan perih seperti orang yang sedang diserang penyakit maag.

f) Sakit kepala




Gejala efek samping yang biasanya cukup menyakitkan dari bahan kimia yaitu rasa sakit di bagian kepala. Rasa sakit ini berkaitan dengan syaraf di kepala yang terganggu akibat bahan kimia yang Anda hirup dan masuk ke dalam tubuh.

2. Efek jangka Panjang


Efek ini terjadi akibat pemaikan yang berulang ukang dengan ditambah dosis yang tinggi. Penggunaan bahan kimia yang masuk kedalam tubuh perlu dikontrol dan dilakukan pengawasan diri. Ketergantungan obat kimia merupakan faktor terjadinya permasalahan jangka panjang akibat obat obatan kimia, diantaranya

a) Serangan Jantung


Kelebihan obat terutama obat antibiotik yang mengandung senyawa kimia aktif dapat menyebabkan serangan jantung. Perlu dosis yang tepat dan penggunaan obat yang tepat guna agar tidak terjadi permasalahan berkepanjangan.

b) Dermatitis


Dermatits merupakan efek berkepanjangan dari obat metanol yang berkepanjangan. Bisa saja kendala ini mengakibatkan kebutaan dan kerusakan hati secara permanen.

c) Gagal ginjal


Efek jangk panjang lainnya dari bahan kimia yaitu adanya kerusakan pada organ ginjal Anda. Anda bisa mengalami penyakit gagal ginjal. Ginjal pun tidak bisa berfungsi dengan baik di dalam tubuh dan akan mengganggu kesehatan organ tubuh lainnys.

d) Maag kronis


Bahan kimia juga akan memicu efek samping berupa gejala maag kronis. Hal ini diakibatkan oleh senyawa bahan kimia yang menyerang bagian lambung sehingga asam lambung pun naik dengan sangat tinggi dan menyebabkan maag kronis.

e) Gangguan jaringan syaraf 


Syaraf Anda juga akan mengalami banyak gangguan seperti syaraf tegang dan sensor syaraf yang tidak bisa merespon dengan baik. Kaitannya sangat erat dengan syaraf yang menuju ke otak. Itulah mengapa otak Anda juga akan mengalami gangguan kesehatan yang sama.

3. Efek sistemik


Kejadian ini merupakan kerusakan atau gangguan yang dialami oleh tubuh tertentu yang terletak jauh dari kontak langsung. Penyebabnya adalah cairan kimia yang dibawa oleh aliran darah dan disebarkan keseluruh tubuh. sebagai contohnya adalah :

a) Sakit Kepala


Sakit kepala akibat menghirup zat kimia dengan bau tajam. seperti halnya Parfum yang banyak beredar. kandungan alkohol ataupun pewangi buatan dapat mengakibatkan sakit kepala.

b) Meminum Minuman beralkohol


Zat alkohol yang sejatinya tidak dapat diterima oleh tubuh akan berakibat hilangnya kesadaran. Ini merusak sistem syaraf dan seluruh organ dalam tubuh manusia.

Baca Juga: 13 Efek Samping Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Tipe Gangguan diatas merupakan efek dari bahan kimia yang berada dilingkungan sekitar kita. Keberadaanya memang tidak dapat kita hindari, hanya saja pandai dalam memilih dan memilah perlu ditingkatkan.

Perbedaan cara masuk dan aplikasi yang diterima tubuh memberikan efek berbeda yang ditimbulkan akibat bahan kimia tersebut. Solusi terbaik jika Anda menggunakan bahan kimia dan merasakan beberapa hal diatas perlu dihentikan dan diganti dengan produk ramah lainya.