Langsung ke konten utama

15 Ciri Khas Madu Asli yang Perlu Anda Ketahui

Lebah bagi sebagian orang mungkin mengganggu karena termasuk serangga yang dapat melukai tubuh seseorang dengan sengatanya. Sengatan lebah dapat menimbulkan luka lebam bahkan nyeri pada bagian tubuh yang terkena sengatannya. Tetapi, ada juga bagian penting untuk diketahui mengenai lebah. Bukan sengatanya tetapi apa yang dapat dihasilkan oleh lebah. Memang tidak semua lebah menghasilkan sesuatu, tetapi setiap makhluk ciptaan Tuhan pasti memiliki manfaat tersendiri untuk peruntukan manusia. Khususnya yang kita ketahui manfaat dari hasil nextar yang diolah oleh lebah untuk di ubah menjadi madu.
       
Keaslian dari madu itu sendiri menjadi tantangan yang cukup mempengaruhi kekhasiatan dari kandungan madu yang berguna untuk kesehatan. Hal ini dipengaruhi oleh kembalinya mainset orang orang untuk menjaga kesehatan dengan menghindari obat obatan kimia. Hidup sehat dengan mengkonsumi makanan herbal mempengaruhi kualitas kesehatan bahkan mampu menjaga stamina dan metabolisme tubuh untuk bertahan lebih lama.

15 Ciri Khas Madu Asli yang Perlu Anda Ketahui

Ada banyak cara untuk mengetahui kaslian dari madu. karena, Madu asli  memiliki ciri khas yang tidak dapat dimanipulasi. Adapun 15 ciri khas madu asli yang dapat diketahui secara mudah agar tidak salah dalam memilih mmadi dipasaran untuk dikonsumsi sebagai obat herbal demi kesehatan.

1. Semut


Madu asli tidak akan di dekati oleh semut. Jelas bahwa madu memiliki rasa yang manis dari nextar bunga setelah diolah oleh lebah. Padahal, semut suka sekalu dengan rasa rasa yang berbau manis.

2. Susah Untuk larut dalam Air


Madu yang Asli akan memerlukan waktu sedikit lama untuk larut didalam air. Ciri ini dapat dilakukan dengan meneteskan sedikit madu ke dalam air putih dan perhhatikan perubahannya. Apabila madu secara cepat larut dalam air, kemungkinan besar madu tersebut memiliki campuran gula didalamnya.

3. Masukkan madu ke dalam kulkas


Madu sulit untuk beku. Masukkan madu kedalam mesin pendingin (Kulkas). Madu yang asli tidak akan berubah walapun di dalam suhu yang dingin.

4. Endapan


Tidak Adanya endapan endapan. Biasanya terlihat apabila madu yang disimpan sudah cukup lama. Jika ada endapan tertentu padabagian bawah  botol penyimpanan, berarti madu tersebut diragukan keasliannya.

5.  Menggunakan nyala api


Nyalakan madu tersebut. Caranya ambil sedikit madu di sendok atau alas yang tahan terhadap api, lalu nyalakan dengan korek api. Apabila madu sulit untuk dinyalakan, ada baiknya jangan memilih madu tersebut. Hal ini bisa diartikan bahwa madu tersebut diragukan keaslianya.

6. Bau madu


Bau dari madu asli memiliki khas tersendiri, tidak seperti bau dari larutan gula. bahkan ada madu yang memiliki bau yang wangi dan menusuk.

7. Rasa manis madu


Rasakan madu tersebut apabila ada sample yang boleh di coba. Apabila terasa manis yang berlebih bahkan menimbulkan rasa sakit di tenggorokan maka jangan pilih madu tersebut.

8. Efek madu setelah dikonsumsi


Lihat reaksi setelah mencoba madu yang sudah dirasakan. Berdiam sekitar lima menit sambil memilah dan memilih bagaiamana perut berkontraksi. Apabila perut merasa sedikit panas, maka ambilan madu tersebut.

9. Menggunakan kain


Teteskan sedikit madu di kain. Jika noda di kain bekas madu dicuci bisa hilang maka madu tersebut adalah madu asli.

10. Tekstur Madu


Lihatlah tekstur dari madu, apabila diteteskan lama untuk menetes, maka madu tersebut tidak dapat diragukan lagi keaslianya.

Baca Juga: 13 Makanan Penambah Berat Badan yang Paling Efektif

Ciri khas madu asli yang mudah untuk diketahui dapat dilihat dari bagian pengemasannya, diantaranya

1. Akan meledak apabila Botol tertutup dengan rapat

2. Cairan madu asli susah digoyang goyang

3. Madu asli Bila ditempatkan pada botol bening berwarna kuning kehitam hitaman.

4. Apabila dibuka penutup botol penyimpannya, akan berbunyi karena gas yang ditimbulkan dari madu tersebut

5. Madu asli tidak menimbulkan buih buih apabila digoyangkan didalam botol.

Penikmat madu asli yang baik harus tahu mengenai keaslian madu ini. Kesalahan dalam memilih madu dapat mengurangi khasiatnya, bahkan mampu menimbulkan penyakit lainnya jika dikonsumsi sebagai makanan. Cerdaslah dalam memilih madu baik untuk dikonsumsi ataupun dijadikan sebagai obat alami