Langsung ke konten utama

20 Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Secara Efektif

Tak jarang kita sering mengalami gusi bengkak tanpa adanya penyebab yang jelas. Rasa yang menyakitkan dan mengganggu bagi siapa saja yang mengalaminya. Tentu seseorang akan mencari cara menyembuhkan gusi bengkak dengan cepat.

Gusi merupakan jaringan otot yang umumnya memiliki warna berwarna pink yang terdapat banyak sekali pembuluh darah yang berukuran mikro dan letaknya sangat rapat. Apabila seseorang mengalami pembengkakan pada gusi, tentu banyak bagian tubuh lainnya yang akan merasakan sakitnya seperti kepala dan gigi. Berikut ini merupakan beberapa cara menyembuhkan gusi bengkak dengan cepat.

Cara Menyembuhkan Gigi Bengkak, Cara Alami Menyembuhkan Gigi Bengkak, Cara Menyembuhkan Gigi Bengkak Secara Alami

1. Air hangat


Salah satu cara menyembuhkan gusi bengkak yang sangat efektif adalah dengan menggunakan air hangat. Air yang bersuhu hangat kompreskan pada wajah yang dekat dengan posisi gusi bengkak. Efek hangat yang ditimbulkan akan mengurangi sakit dan bengkak secara perlahan.

2. Hidrogen peroksida


Bahan kimia yang bersifat antiseptik tersebut sangat ampuh untuk mengusir kuman yang ada di dalam rongga mulut. Tidak heran bahwa bahan ini sering di gunakan sebagai salah satu cara mengtasi masalah gusi bengkak dengan cepat.

3. Lidah buaya


Gel lidah buaya yang selama ini sangat digemari sebagai obat herbal yang memiliki khasiat untuk kesehatan kulit dan rambut ternyata juga bisa anda gunakan sebagai penyembuh gusi bengkak. Caranya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian gusi yang mengalami pembengkakan. Dengan menerapkan cara tersebrut secara rutin maka masalah bengkak pada gusi akan cepat hilang.

4. Vitamin D


Apabila kamu memiliki bengkak pada gusi yang tak kunjung sembuh, kamu memerlukan nutrisi tambahan seperti vitamin D yang dipercaya mengandung sifat anti inflamasi yang cukup kuat sehingga akan meredakan bengkak dengan cepat. Cara sederhana untuk mendapatkan asupan vitamin D secara alami yaitu dengan berjemur saat pagi hari.

5. Bawang merah


Terlepas dari bahaya bawang merah bagi kesehatan, mengonsumsinya dalam batas normal akan bermanfaat dalam mengatasi gusi bengkak dengan cepat. Bahan alami yang mengandung anti inflamasi ini bisa dioleskan pada bagian gusi yang bengkak secara langsung agar rasa sakit dan bengkak bisa berkurang secara bertahap.

6. Minyak cengkih


Untuk mengatasi masalah pembengkakan atau radang pada gusi minyak cengkih bisa diandalkan kemampuannya. Minyak cengkih juga merupakan bahan alami yang mengandung anti inflamasi tinggi. Dengan mengoleskan pada area yang bengkak secara rutin, dalam 3 hingga 5 hari bengkak yang terjadi akan hilang.

7. Air putih


Air putih merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bayangkan saja, sebagian besar tubuh dipenuhi oleh air, apabila kekurangan air putih maka akan menyebabkan tubuh menjadi tidak seimbang dan mudah terinfeksi oleh virus. Bagian yang sangat mudah terpengaruh oleh virus yaitu gusi akan membengkak.

8. Madu


Madu murni sanglah bermanfaat dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Dengan mengoleskan madu yang bersifat antiseptik alami akan menyebabkan pembengkakan pada gusi hilang secara bertahap. Namun penggunaanya disarankan tidak terlalu berlebihan agar gigi tidak terasa nyilu yang sangat menyakitkan.

9. Baking soda


Bahan lainnya yang bisa diandalkan untuk menghilangkan bengkak pada gusi yaitu baking soda. Bahan makanan ini mampu menetralisisr asam pada mulut dengan mudah. Untuk menggunakan bahan ini kamu perlu membuatnya menjadi obat kumur atau obat oles menggunakan air putih.

10. Asam jawa


Siapa sangka asam jawa yang memiliki rasa masam tersebut dapat digunakan sebagai bahan alami alternatif untuk menyembuhkan gusi bengkak. Cara penggunaan dari bahan tersebut yaitu dengan menjadikannya sebagai pasta dan kemudian tempelkan pada bagian gusi yang mengalami pembengkakan. Melakukan cara ini secara rutin, kamu akan dapat mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

Baca Juga 20 Gejala dan Penyebab Eksim Kering

10 Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Lainnya:


11. Buah gambir
12. Daun krokot
13. Air garam
14. Teh hitam
15. Kunyit
16. Lemon
17. Asam volat
18. Vitamin C
19. Brokoli
20. Jeruk

Gusi bengkak memang bukan sebuah penyakit yang berbahaya, namun apabila mengaminya akan menyebabkan penderitanya merasa terganggu. Oleh karena itu gunakanlah cara menyembuhkan gusi bengkak secaara efektif.