Langsung ke konten utama

9 Cara Diet Air Putih yang Baik dan Benar

Air putih merupakan minuman yang paling baik dikonsumsi dari pada minuman lainnya. Hal ini dikarenakan air putih tidak mengandung pewarna buatan, pemanis buatan, pengawet. Setiap orang membutuhkan air putih untuk menghilangkan dehidrasi dan alasan kesehatan. Air putih banyak juga yang digunakan untuk membantu program diet. Diet air putih sangatlah aman untuk di lakukan dari pada diet lainnya.

Saat ini banyak orang memilih diet air putih karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi air putih setidaknya 3 liter perhari akan membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh. Namun dalam menjalankan diet ini kamu perlu mengetahui tips dan cara diet air putih secara baik dan benar agar dapat mengurangi berat badan secara efektif. Berikut ini merupakan cara diet air putih yang baik dan benar.

Cara Diet Air Putih, Cara Melakukan Diet Air Putih, Diet Air Putih yang Baik

1. Ubah kebiasaan minuman manis dengan air putih


Cara diet air putih untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal yaitu dengan mengubah kebiasaan minum minuman serba manis dengan air putih yang lebih menyehatkan. Minuman yang berkadar manis seperti soda, alkohol dan minuman lainnya biasanya ditambahkan pemanis buatan di dalamnya sehingga tidak sehat bagi tubuh dan dapat menyebabkan tubuh mengalami kegemukan. Oleh sebab itu baiknya hindari minuman yang manis dan beralih dengan minum air putih.

2. Konsumsi minimal 8 gelas setiap hari


Mengonsumsi air putih disarankan dengan takaran minimal 8 gelas dalam satu hari. Minum air putih dengan cukup diharapkan dapat membantu kerja organ hati dan ginjal dalam menjalankan fungsinya di dalam tubuh. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi air putih juga akan memperlancar metabolisme tubuh yang otomatis dapat membuat tubuh menjadi ideal dan meluruhkan racun dalam tubuh.

3. Kombinasi air putih dan salad


Tips lainnya dalam menjalankan diet air putih yaitu dengan mengombinasikannya dengan salad. Salad merupakan makanan yang kaya akan nutrisi dan serat yang dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Dengan memadukan salad dan air putih merupakan cara yang tepat untuk melancarkan metabolisme. Cara ini juga banyak dipilih untuk menurunkan berat badan secara cepat dan efektif.

4. Kombinasi dengan teh hijau


Teh hijau merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Teh hijau dipercaya dapat memperlancar metabolisme dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga seseorang tidak mudah terserang penyakit. Bagi kamu yang suka ngemil, teh hijau merupakan salah satu alternatif pengganti ngemil yang sehat. Namun perlu di ingat bahwa jangan terlalu berlebihan mengonsumsi teh hijau karena akan menyebabkan dehidrasi.

5. Olahraga dan air putih


Olahraga merupakan kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Sebaiknya minum air putih sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas olahraga. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi setelah mengeluarkan keringat dengan banyak.

6. Konsumsi air putih sebelum makan


Mengonsumsi air putih sebelum makan akan membuat kamu merasa kenyang sehingga porsi makan tidak berlebihan agar tidak menyebabkan kegemukan. Selain itu air putih yang masuk ke dalam tubuh sebelum makanan akan membantu lambung dan organ pencernaan untuk menghancurkan dan menyerap nutrisi dari makanan.

7. Kombinasikan diet air putih dengan pembatasan kalori


Ketika ingin makan, hendaknya pilih makanan yang mengandung banyak air seperti buah – buahan dan sayuran hijau. Selain itu kamu juga perlu memerhatikan kandungan kalori yang dikandung dari makanan. Sebaiknya apabila kamu ingin mengonsumsi daging, pilihlah daging yang rendah lemak seperti kalkun dan ayam.

8. Detoks air


Detoks air merupakan menggunakan air yang ditambahkan rendaman buah – buahan dan sayuran. Gunakan sayuran yang masih segar agar gizi yang dikandungnya masih baik. Dalam menjalankan detoks air juga perlu diperhatikan takarannya agar dapat menurunkan berat badan secara efektif

9. Yoga dan air putih


Yoga merupakan salah satu jenis kegiatan latihan yang juga dapat menurunkan berat badan. Berbeda dengan olahraga lainnya, yoga tidak memerlukan banyak gerakan, namun kalori yang di bakar juga cukup untuk menguruskan badan. Kombinasi yoga dan air putih dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi

Baca Juga 20 Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Secara Efektif

Cara–cara tersebut wajib kamu lakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal dari program diet air putih yang dijalankan. Jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan dan pola tidur agar tubuh tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari penyakit.