Langsung ke konten utama

30 Bahaya Tar Rokok untuk Kesehatan Tubuh

Tar adalah bentukan dari senyawa kimia berbahaya pada asap rokok dan akan mengendap didalam paru paru dan mengganggu fungsi rambut rambut kecil yang melapisi permukaan paru-paru. Rambut rambut kecil ini sangat berperan dalam menyaring bakteri dan kuman serta menghambat berbagai racun yang berusaha masuk kejaringan paru paru agar segera dilepaskan keluar tubuh.

Senyawa kimia ini memang berbahaya dan mampu membuat kerusakan pada organ tubuh secara sitematik tetapi jika tar sudah bergabung dengan zat berbahaya lain dari komponen pembuatan rokok misalnya nikotin, Acetol, Hydrogen sulfide, Methyl chloride, Pyridine dan lain lain maka kekuatan bahaya yang dihasilkan terhadap tubuh menjadi tiga kali lipat.  Ada banyak gangguan kesehatan yang akan menyerang tubuh Anda ketika terlalu banyak merokok, mulai dari batuk sampai dengan sesak nafas.

30 Bahaya Tar Rokok untuk Kesehatan Tubuh

Inilah bahaya tar pada rokok yang perlu Anda waspadai !

1. Kesulitan bernafas dengan normal


Tar masuk melalui kerongkongan dan aliran darah. Kemudian pembuluh darah menuju alat pernafasan dan meracuni pernafasan hingga menyebabkan kesulitan untuk bernafas dengan normal.

2. Dada terasa berat dan nyeri


Asap rokok yang memenuhi ruangan pernafasan dalam hitungan detik akan melekat dan mengiritasi dinding alat pernafasan. Dampaknya dada terasa berat dan nyeri.

3. Tubuh mudah lelah


Tar dalam tubuh akan mengambil alih menguasai keadaan di dalam sistem pernafasan dan aliran darah yang tubuh cepat lelah.

4. Tubuh dehidrasi


Tubuh terkontiminasi tar asap rokok selama bertahun tahun akan menyebabkan tubuh dalam keadaan dehidrasi, sehingga organ tubuh selalu bekerja keras dan kelelahan. Hal ini mengakibatkan Anda akan mudah sakit.

5. Batuk yang tidak kunjung sembuh


Tar pada asap rokok menyebabkan racunnya mengendap pada tenggorokan serta jaringan par- paru hingga menyebabkan penyumbatan  pembuluh darah dan mengakibatkan batuk-batuk yang tak kunjung sembuh dan dada sangat nyeri.

6. Meningkatkan stress


Seseorang dengan candu rokok yang berlebihan memang dapat mencegah timbulnya stress. Tetapi ketika Anda tidak menghisap rokok dalam waktu satu hari maka, tingkat stres Anda akan meningkat drastis.

7. Kulit yang kusam dan tidak bercahaya


Racun yang ada pada tar rokok mampu menyerap minyak alami yang ada di dalam kulit dan merusak jaringan dan fungsi kolagen secara bertahap. Dampaknya kulit terlihat kusam dan nampak tua.

8. Timbulnya bentukan selulit pada bagian tubuh


Tar rokok mengandung senyawa yang dapat masuk ke dalam tubuh Anda dan mengganggu keseimbangan minyak di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan kulit cepat membentuk selulit.

9. Menurunkan kekebalan tubuh


Tar dapat mengacaukan sistem metabolisme dan menurunkan kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi mudah lelah dan jatuh sakit.

10. Menurunkan kualitas sperma pada pria


Pria yang bertahun-tahun merokok akan mengalami penurunan kualitas sperma. Sperma tidak kental dan tidak mampu membuahi sel telur yang matang secara normal.


Baca Juga: 29 Jenis Obat Gatal Kulit Alami dan Medis untuk Tubuh

Bahaya tar rokok untuk kesehatan yang lainnya adalah sebagai berikut:

11.  Mengganggu keseimbangan hormon esterogen pada wanita
12. Mengganggu kesuburan sel telur wanita
13. Menyebabkan asam lambung naik
14. Memicu kanker pada paru-paru
15. Memicu kanker pada hati
16. Memicu kanker testis pada pria
17. Impontensi pada pria
18. Memicu penyakit stroke
19. Gigi berwarna keruh
20. Memicu serangan jantung secara mendadak
21. Penuaan dini
22. Munculnya kerutan halus sekitar sudut mata dan bibir
23. Gangguan jaringan otak
24. Menyebabkan timbulnya putih mata (katarak)
25. Penyakit bronchitis
26. Munculnya penyakit Emfisema
27. Keguguran pada kehamilan muda
28. Bayi lahir cacat
29. Menyebabkan bayi lahir prematur
30. Bayi gugur dalam kandungan

Banyak orang beranggapan merokok dengan rokok digital atau elektrik meminimalisir dampak buruk dari tar. Ini adalah kesalahan besar! Merokok akan membuat Anda tidak lebih sehat dan orang disekitar Anda pun akan terkena dampak racunnya lewat asap rokok yang Anda keluarkan.

Cara terbaik untuk menghindari asap rokok atau ketertarikan pada bau tembakau yang membuat kecanduan kembali. Jangan pernah mencoba untuk mengonsumsi rokok jika Anda bukanlah pecandu rokok. Konsisten dalam menghentikan kebiasaan merokok memang tidak mudah, Anda butuh niat dan tekad yang kuat untuk mengurangi penggunaannya setiap hari.

Anda bisa mengganti rokok dengan mengonsumsi lebih banyak makanan dan minuman sehat, contohnya jus buah. Jika ingin benar-benar menjauhi rokok setidaknya menjauhi dahulu orang orang yang aktif merokok. biarkan organ tubuh Anda bersih dan lebih sehat atau Anda harus mengonsumsi banyak obat untuk menyembuhkan penyakit yang sudah masuk ke dalam tubuh karena rokok.

Mulai langkah awal dengan satu bulan tidak merokok, Anda akan merasakan tubuh lebih ringan, nafas semakin lapang dan stamina akan selalu berada pada kondisi terbaiknya.