Langsung ke konten utama

15 Bahaya Rhodamin B pada Makanan untuk Tubuh

Salah satu bahan pewarna sintetis yang dilarang penggunaannya di Indonesia adalah rhodamin B. Larangan ini telah resmi diumumkan oleh WHO. Hal ini dikarenakan rhodamin B mengandung zat yang berbahaya yaitu, kandungan logam berat dan sifat kimiawinya. Di Eropa zat ini sudah diteliti dan bisa memicu sel kanker. Selain makanan, zat ini juga berbahaya untuk penggunaan kosmetik.

Rodhamin B mengandung kandungan clorin. Hal inilah yang mengakibatkan rhodamin B berbahaya bagi kesehatan tubuh. Rhodamin B biasanya digunakan sebagai zat pewarna tekstil dan pembuatan kertas untuk mendapatkan warna cerah mencolok sehingga konsumen tergoda untuk membeli. Hasil mencolok yang diperoleh dari penggunaan rhodamin B ini juga sering digunakan untuk campuran makanan agar lebih menarik dan terlihat menggoda.

Hindarilah makanan yang terlihat mencolok dari segi warnanya,  karena bisa jadi ada kandungan rhodamin B di dalamnya. Beriku ini adalah bahaya rhodamin B pada makanan.

15 Bahaya Rhodamin B pada Makanan untuk Tubuh

1. Iritasi saluran pernapasan


Jika rhodamin B terhirup oleh tubuh seseorang, bisa menyebabkan iritasi saluran pernafasan. Sebaiknya gunakan masker dan jauhi lokasi yang banyak menyimpan rhodamin B demi menjaga kesehatan Anda.

2.  Bibir pecah, kering, terkelupas, gatal dan iritasi kulit


Jika kulit tanpa sengaja berinteraksi dengan rhodamin B, segera cuci dengan air dan sabun hingga bersih. Apabila kondisi ini dibiarkan, bisa menimbulkan terjadinya iritasi seperti bibir pecah, kering, terkelupas, gatal dan iritasi kulit.

3. Iritasi mata


Apabila rhodamin B mengenai mata, sebaiknya langsung bilas dengan air. Hal ini bisa memicu seseorang mengalami iritasi mata. Kondisi ini ditandai dengan timbul mata merah dan timbul udem pada kelopak mata.

4. Keracunan


Jika tanpa sengaja Anda menelan rhodamin B, penanganan yang harus dilakukan adalah dengan berkumur sehingga rhodamin B bisa keluar dari tubuh. Jika tidak, hal ini bisa menyebabkan seseorang mengalami keracunan. Efek buruk dari keracunan yaitu koma sampai dengan kematian.

5. Ganguan konsentrasi


Sebaiknya jika anda memiliki anak-anak lebih diperhatikan lagi untuk asupan makan yang masuk kedalam tubuh. Jika sembarang mengkonsumsi makanan yang ternyata mengandung rhodamin B, dalam jangka panjang bisa mengakibatkan gangguan konsentrasi. Hal ini dikarenakan rhodamin B menyerang otak.

6. Gangguan tidur


Bahaya lain yang disebabkan rhodamin B jika tertelan adalan gangguan tidur. Seseorang akan mengalami gangguan tidur akibat konsentrasi yang terganggu. Hal ini terjadi jika konsumsi rhodamin B secara terus menerus.

7. Gangguan emosi


Rhodamin B juga dapat mengakibatkan konsentrasi berkurang dan jam istirahat tidur terganggu. Hal ini akan memicu penyakit gangguan emosi. Gangguan emosi merupakan penyakit psikis yang pengobatannya juga tidak mudah untuk diatasi.

8. Tekanan darah rendah


Selain efek samping ringan yang telah dijelaskan sebelumnya, rhodamin B bisa menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah rendah. Sebaiknya, segera konsultasikan ke dokter jika Anda merasakan sakit kepala setelah makan makanan yang warnanya mencolok. Tekanan darah rendah diawali dengan rasa pusing.

9. Gangguan fungsi hati


Apabila tertelan oleh tubuh, dalam jangka panjang bisa memicu hati tidak bekerja secara maksimal. Akibatnya kinerja hati terganggu karena Rhodamin B yang terlalu banyak mengendap dalam hati. Organ hati yang terganggu akan memudahkan racun di dalam tubuh menyebar dan memicu penyakit lainnya.

10. Kanker hati


Jika hati tidak bekerja maksimal, dalam jangka panjang endapan rhodamin B, bisa memicul perkembangan sel kanker pada hati. Sebaiknya jauhkan dan hindari makan-makanan yang tidak menyehatkan untuk tubuh.

Baca Juga: 15 Bahaya Merkuri bagi Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh

Ada lagi beberapa bahaya yang dihasilkan oleh Rhodamin B jika dikonsumsi oleh tubuh lewat makanan. Beberapa bahaya tersebut yaitu:

11. Hiperaktif
12. Iritasi saluran pencernaan
13. Autisme
14. Gangguan kandung kemih
15. Gangguan pencernaan

Jaman sekarang memilih makanan yang sehat memang sulit. Banyak makanan yang ditemukan mengandung zat kimia. Tidak hanya makanan, namun juga obat. Telitilah sebelum memilih makanan yang Anda konsumsi. Pastikan bahan makanan yang Anda beli masih segar dan bukanlah makanan yang dicampur dengan berbagai zat kimiawi. Kondisi tubuh Anda merupakan cerminan dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari.