Langsung ke konten utama

7 Bahaya Pengharum Ruangan untuk Kesehatan Tubuh

Jumlah polusi udara yang ada saat ini semakin bertambah seraya majunya perkembangan teknologi. Hal ini akibat perkembangan berbagai industri dan kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin tidak terbendung lagi. Polusi tidak hanya dirasakan ketika sedang berada di jalanan tetapi juga saat di dalam rumah karena polusi dan debu bisa masuk dalam ruangan ventilasi sekecil apapun dan menempel di berbagai sudut ruangan. Banyak orang kemudian menggunakan pengharum ruangan supaya udara dalam ruangan lebih segar dan nyaman.

Hampir 75% rumah di dunia menggunakan produk pengharum ruangan. Namun dibalik kesegaran dan wanginya udara yang diberikan oleh pengharum ruangan ini berbahaya bagi tubuh. Pengharum ruangan mengandung berbagai zat kimia seperti asetaldehida, chlorbenzene, asetaldehida, benzene, paradichlorobenze dan formaldehyde, seperti dilansir oleh greendivamom.

7 Bahaya Pengharum Ruangan untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu pengharum ruangan juga mengandung senyawa organic volatile, jenis VOC atau Volatil Organic Compound yang juga terdapat pada produk cat tembok, kayu dan sebagainya.

Bahaya Pengharum Ruangan


Seperti diungkapkan sebelumnya, pengaharum ruangan mengandung beberapa kandungan zat dan senyawa yang sangat tidak ramah bagi kesehatan manusia. Hal akan menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan tubuh seperti berikut ini:

1. Sakit kepala


Menghirup udara yang mengandung banyak zat berbahaya akan membuat sakit kepala bagi para penggunanya karena kinerja oksigen di dalam tubuh tidak sehat dan membuat sakit kepala. Hal ini sangat berbahaya jika terjadi pada jangka panjang apalagi jika anak-anak yang menghirupnya.

2. Gelisah


Perasaan cemas dan  gelisah padahal Anda merasa baik-baik saja dan tidak sakit bisa jadi karena Anda menghirup udara yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh dan masuk ke dalam jaringan di otak akan membuat kesulitan konsentrasi dan pada akhirnya muncul rasa gelisah dan cemas tanpa ada sebab yang jelas.

3. Kepala sering pusing


Tidak jauh berbeda dengan sakit kepala hanya saja kalau pusing bersifat sementara saja dan ini harus segera diobati. Anda bisa menghentikan penggunakan pengharum ruangan jika gejala ini sudah muncul pada tubuh. Tidak hanya tubuh Anda saja, namun juga anggota keluarga.

4. Tremor


Munculnya tremor atau gemetaran di tubuh terutama pada bagian tangan dan kaki juga menjadi salah satu bahaya pengharum ruangan. Tremor ini karena kesalahan jaringan antara jaringan pusat di otak dan jaringan yang diperintahkan.

5. Kelelahan


Kelelahan padahal anda tidak melakukan aktivitas berat dan terjadi begitu saja tanpa ada sebab yang jelas bisa karena oksigen di dalam tubuh tidak sehat sehingga membuat energi tubuh lebih mudah terganggu.

6. Mual dan untah


Penggunaan pengharum ruangan jangka panjang dapat membuat mual dan muntah dalam intesitas waktu yang sangat sering. Jika Anda mengalami gejala ini, sebaiknya segera menghentikan pemakaian pengharum ruangan tersebut.

7. Kelainan hormonal dan masalah reproduksi


Menurut penelitian National Research Defense Council dan University of California pada tahun 2006 menunjukkan hasil bahwa penggunaan pengharum ruangan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kelainan bawaan hormonal, masalah pada reproduksi dan juga cacat mental dan fisik pada bayi yang baru lahir.

Penggunaan pengharum ruangan, pembersih kamar mandi dan penghilang jamur meningkatkan resiko penyakit kanker payudara pada wanita. University of Bristol juga menemukan bahwa bayi yang sudah terpapar pengharum ruangan cenderung lebih sering mengalami diare dan infeksi pada teling. Selain itu ibu mereka juga lebih beresiko mengalami sakit kepala dan lebih parahnya lagi akan mengalami depresi terutama pasca melahirkan.

Baca Juga: 5 Manfat Asam Klorida dan Bahayanya untuk Kesehatan Tubuh

Cara Mencegah Penggunaan Pengharum Ruangan


Berbagai bahaya penggunaan pengharum ruangan harus sangat dicermati dan diwaspadai. Jangan terpesona oleh keharuman dan kesegaran yang ditawarkan. Berikut ini beberapa upaya  mencegah penggunakaan pengharum ruangan tetapi udara dalam ruangan tetap segar dan wangi:

- Menjaga kebersihan rumah supaya tidak ada debu dan polusi menempel dalam ruangan

- Selalu buka jendela dan ventilasi supaya sirkulasi udara baik

- Buang sampah ke luar ruangan, jangan menimbunnya dalam ruangan karena akan mengotori ruangan dan udara di dalamnya

- Menyimpan bubuk kopi segar di atas meja akan menciptakan aroma segar dan wangi

- Letakkan potongan lemon atau jeruk lainnya di tempat pembuangan sampah supaya udara lebih segar dan wangi

- Letakkan baking soda di bawah tempat sampah untuk mengurangi penguapan pada sampah yang menyebabkan udara menjadi tidak segar dan bau.

- Semprotkan minyak astiri ke udara, karena minyak astiri memiliki fungsi yang sama dengan pengharum ruangan namun tidak berbahaya tetapi menyehatkan udara dan baik bagi kesehatan serta mampu menghilangkan jamur, kuman, virus dan bakteri di udara.

Setelah mengetahui berbagai bahayanya apakah anda ingin tetap menggunakan pengharum ruangan? Sebaiknya Anda lebih bijaksana lagi dan jangan sampai membahayakan diri sendiri dan orang lain yang berada di dalam satu ruangan.