Langsung ke konten utama

15 Bahaya Merkuri bagi Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh

Zat kimia merkuri sudah tidak asing untuk Anda terutama wanita. Bahan kimia ini sering sekali digunakan untuk bahan campuran kosmetik. Fungsi zat ini adalah memutihkan kulit. Dahulu merkuri lebih sering digunakan untuk bahan industri. Saat ini merkuri juga sudah sering dijumpai terdapat tidak hanya pada kosmetik local, bahkan kosmetik ternama.

Hasil yang dipamerkan zat merkuri ini sangat menggiurkan untuk kaum hawa. Memiliki kulit cantik adalah impian semua wanita. Tidak selektifnya memilih jenis kosmetik membuat para wanita terjangkit beberapa efek samping. Untuk Anda yang ingin membeli kosmetik berbahan merkuri, sebaiknya mengetahui efek samping yang akan ditimbulkan zat ini terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahaya merkuri bagi ibu hamil dan tubuh.

12 Bahaya Merkuri bagi Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh

1. Gangguan fungsi otak


Efek yang membahayakan dari penggunaan merkuri adalah kerusakan otak. Hal ini mudah terjadi pada makanan yang tercemar merkuri dan sering dikonsumsi. Anda bisa mengalami gejala keracunan makanan yang serius. Mulai dari gangguan pencernaan sampai dengan menurunnya fungsi otak.

2. Gelisah dan gugup


Akibat penggunaan merkuri dalam tubuh yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan seseorang mengalami rasa gelisah dan gugup. Efek samping ini hampir sama dengan gangguan fungsi otak. Penyebab utama gejala ini dikarenakan konsumsi bahan makanan yang sudah mengandung merkuri.

3. Kerusakan liver dan ginjal


Bahaya yang dikhawatirkan ketika mengkonsumsi zat-zat ke dalam tubuh adalah menyebabkan gangguan liver dan ginjal. Padahal kedua organ tubuh ini berfungsi sebagai penyaring racun. Dengan adanya merkuri yang masuk dalam tubuh menyebabkan kinerha ginjal dan liver lebih berat sehingga menyebabkan terjadinya gagal ginjal dan kerusakan liver.

4. Cacat pada bayi


Untuk wanita yang sedang hamil, tidak disarankan untuk mengkonsumsi kosmetik ataupun bahan makanan yang mengandung merkuri. Hal ini disebabkan pengguan senyawa tersebut bisa mengakibatkan kecacatan pada bayi saat lahir. Untuk ibu hamil, sebaiknya lebih memperhatikan asupan gizi dan hindari penggunaan merkuri pada kosmetik dan bahan makanan.

5. Memperlambat pertumbuhan janin


Merkuri tidak hanya menyebabkan kecacatan tetapi juga bisa menyebabkan perkembangan janin jadi terhambat. Maka dari itu, telah dijelaskan sebelumnya lebih banyak konsumsi makanan baik yang  memicu pertumbuhan janin.

6. Kulit pucat dan memiliki flek hitam


Merkuri bisa menjadikan kulit Anda menjadi putih dan cantik. Namun penggunaan dalam jangka panjang bisa meyebabkan kulit Anda menjadi pucat dan juga mengalami flek hitam. Sebaiknya penggunaan merkuri diperlukan konsultasi dokter untuk berapa lama penggunaannya.

7. Kanker kulit


Efek yang paling berbahaya kosmetik yang mengandung merkuri adalah mengakibatkan munculnya gejala kanker kulit. Hal ini dikarenakan merkuri menyebabkan virus kanker kemudian menyebar keseluruh tubuh dan berakibat kanker kulit.

8. Iritasi


Tidak semua jenis kulit bisa bereaksi positif terhadap senyawa merkuri. Anda bisa diserang beberapa iritasi seperti gejala kulit kemerahan, gatal-gatal dan juga ruam pada bagian kulot. Segera hentikan pemakaian kosmetik jika gejala tersebut muncul di tubuh Anda.

9. Kerusakan pada lapisan epidermis


Penggunaan merkuri dalam jangka panjang bisa menyebabkan seseorang mengalami kerusakan pada lapisan epidermis. Sehingga bisa kulit menjadi tidak sehat dan sel kulit pun menjadi rusak. Sebaiknya gunakan kosmetik yang terbuat dari bahan alami.

10. Lapisan kulit menipis


Efek samping yang diakibatkan kerusakan lapisan epidermis adalah kulit yang semakin menipis. Jika dibiarkan begitu saja akan membahayakan kesehatan tubuh seseorang. Oleh karena itu, merkuri digunakan atas anjuran dokter apalagi untuk kosmetik tidak boleh sembarang diracik.

Baca Juga: 11 Efek Samping Obat Peninggi Badan untuk Kesehatan Tubuh

Ada 2 bahaya lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan kosmetik bermerkuri atau mengonsumsi makanan dengan kandungan merkuri, yaitu:

11. Gangguan sistem saraf
12. Keguguran

Lalu bagaimana memilih kosmetik yang tepat? Pastikan brand kosmetik yang Anda beli memang sudah terpercaya dan mendapatkan sertifikat BPOM. Sebaiknya pilih kosmetik yang memang berbahan dasar alami. Sama halnya dengan makanan.

Anda juga perlu menghindari makanan kemasan atau makanan cepat saji dan obat bebas dengan harga murah. Konsumsilah makanan organic yang diolah dengan cara yang benar. Tubuh sehat akan memberikan Anda tampilan yang cantik pula.