Langsung ke konten utama

9 Bahaya Konsumsi Makanan Sehat Berlebihan untuk Tubuh

Zaman sekarang, selektif dalam memilih makanan sudah dilakukan oleh sebagian besar orang. Terbukti banyak orang yang memilih makan makanan yang mengandung nilai gizi terbaik demi menjaga kesehatannya. Tubuh yang sehat memerlukan gizi dari berbagai makanan sehat. Sedangkan makanan sehat diperoleh dari bahan segar dan berkualitas. Selain itu, teknik pengolahan dan kebersihan dari bahan makanan itu sendiri juga berpengaruh terciptanya makanan sehat.

Olahan makanan sehat saat ini sangat bervarian. Hal ini dipengaruhi oleh permintaan sebagain besar orang dalam menjaga kesehatannya dari asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Bahkan penyedia makanan sehat mengadopsi berbagai olahan dan teknik dari berbagai negara di penjuru dunia yang terbukti menyehatkan tubuh. Olahan makanan sehat yang sering kita jumpai adalah minuman berenergi, makanan khas olahan ikan dari jepang (sushi) sampai pada berbagai olahan dari bahan dasar susu (contoh : yogurt dan keju ).

9 Bahaya Konsumsi Makanan Sehat Berlebihan untuk Tubuh

Banyaknya olahan makanan sehat bukan berarti baik juga untuk selalu dikonsumsi setiap hari. Hal ini berkaitan dengan resiko dari kelebihan makan makanan sehat. ini lho ada 9 resiko dari mengkonsumsi makanan sehat secara berlebihan.

1. Resiko Gula darah


Ada beberapa makanan sehat yang bisa mengakibatkan penyakit ini. sebagai contohnya adalah susu almond. Susu ini sangan baik untuk kesehatan, tetapi perlu dipahami bahwa kandungan didalamnya. Banyak dari susu almond mengandung zat Carrageenan. Apabila susu ini dikonsumsi secara berlebih akan berpengaruh buruk pada sistem gula darah dalam tubuh. Jika ingin mengkonsumsi sedikit banyak, maka carilah produk olahan susu almond yang tidak mengandung zat carrageenan di kemasannya.

2. Kadar insulin naik


Naiknya kadar insuline bisa terjadi apabila mengkonsumsi olahan makanan sehat sushi. Makanan ini sebenarnya terbuat dari bahan pilihan, namun sayangnya beras ketan dalam sushi dapat mempercepat kadar insuline dalam tubuh. Jika seseorang ingin mengkonsumi dalam porsi yang berlebih maka cari olahan sushi tipe sashimi atau makan sushi tanpa beras ketannya. Makan saja Ikannya yang segar karena tidak begitu berpengaruh bagi kesehatan tubuh jika dimakan berlebihan.

3. Kolesterol


Bahaya kolesterol bisa terjadi apabila mengkonsumsi olahan makanan sehat berikut ini secara berlebihan. Granola adalah makanan sehat yang berkualitas. Tetapi kandungan gula serta minyak dapat memicu meningkatnya kolesterol dalam tubuh. lebih baik mengkonsumsi sereal gandum utuh saja.

4. Kurus


Kondisi dimana kurangnya berat badan. Penyebabnya adalah kandungan lemak dan protein dalam tubuh. Menjadi kurus akan mempermudah masuknya penyakit dan tubuh menjadi rentan. Makanan yang bisa menyebabkan kurus salah satunya skim milk. Jadi jangan memakan skim milk secara berlebih.

5. Tubuh berubah menjadi gemuk.


Bagaimanapun tubuh yang diasupi gizi berlebih dari makanan sehat akan menjadi gemuk. Apalagi dengan menngkonsumi minuman berenergi. Lebih baik menggantinya dengan air kelapa muda asli. Alasanya meminum minuman berenergi secara berlebihan sama halnya menumpuk zat zat kimia didalam tubuh.

6. Resiko kanker adalah yang terburuk.


Kanker ini terjadi apabila seseorang mengkonsumi bahan bahan makanan sehat yang sudah diawetkan. sebagai contohnya adalah sayur kaleng, buah kaleng, atapun fermentasi. Keberadaanya yang praktis dan mudah ditemukan bahkan sangat terjangkau membuka skeptis baru dalam dunia makanan saat ini. Hindarilah makan makanan yang berpengawet walapaun itu aneka sayur dan buah ataupun olahan makanan sehat lainya.

Sangat berbahaya apabila dikonsumsi secara berkelanjutan dan berlebihan. Zat zat kimia untuk pengawetan bahan makanan mampu diserap oleh sayur atau  buah kedalamnya. Apabila dikonsumsi oleh seseorang, tidak dipungkiri lagi zat tersebut akan masuk kedalam tubuh secara terus menerus. Pada akhirnya, ada bagian bagian tubuh khsusunya pencernaan yang bisa terkena penyait kanker.

Baca Juga: 6 Efek Buruk Ambroxol untuk Kesehatan Tubuh

Resiko lain dari mengkonsumsi makanana sehat secara berlebihan mampu merusak kinerja orga dalam khsusunya pencernaan, diantaranya:

1. Asam lambung naik akibat kelebihan mengkonsumsi Yogurt

2. Kurangnya nafsu makan

3. Resiko kerusakan usus karena bekerja terlalu berat dari asupan makanan sehat yang berlebihan

Alangkah baiknya setiap memakan makanan sekalipun makanan sehat harus tetap dikontrol. Makanlah makanan secukupnya untuk mendapatkan gizi yang dibutuhkan tubuh secar optimal.