Langsung ke konten utama

20 Bahaya Konsumsi Ekstasi untuk Kesehatan Tubuh

Orang yang mengalami sejumlah efek samping atau bahaya konsumsi ekstasi di tubuhnya biasanya merupakan seseorang yang sudah kecanduan dengan obat yang satu ini. Ekstasi merupakan jenis obat yang pemakaiannya dilarang dalam dunia kesehatan. Adanya efek stimulasi dengan gejala bahagia yang berlebihan membuat ekstasi tergolong ke dalam narkotika yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Bentuk ekstasi ada dalam beberapa variasi dan warna, seperti kapsul dan tablet dengan warna yang berbeda. Hal ini tergantung dari campuran yang digunakan didalamnya. Indonesia sendiri mempunyai hukum tegas tentang penggunaan narkotika, termasuk ekstasi. Bagi Anda yang tergiur atau tergoda untuk mengonsumsi narkotika ini, sebaiknya Anda urungkan sejak dini.

20 Bahaya Konsumsi Ekstasi untuk Kesehatan Tubuh

Anda perlu mengetahui adanya bahaya konsumsi ekstasi untuk kesehatan tubuh berikut ini.

1. Merusak organ dalam tubuh


Konsumsi ekstasi dalam jangka waktu yang lama akan merusak organ tubuh Anda. Efek narkoba ini memang akan membuat Anda merasa segar dan tidak stress, namun hal tersebut hanyalah bersifat sementara saja. Bahaya buruknya yaitu kerusakan organ tubuh dan penurunan kinerja beberapa sistem di dalam tubuh.

2. Gembira berlebihan


Banyak orang yang berasalan mengonsumsi ekstasi agar tubuhnya tetap fit dan segar. Padahal kandungan ekstasi akan membuat penggunanya justru merasa kecanduan dan ingin mengonsumsi obat berbahaya ini terus menerus. Efeknya, Anda akan merasakan rasa gembira yang berlebihan.

3. Jantung berdegup kencang


Sama seperti obat keras yang dikonsumsi terus menerus, ekstasi juga akan membuat penggunanya merasakan degupan jantung yang lebih kencang. 

4. Geraham kuku yang rusak


Ekstasi juga akan membuat kuku Anda menjadi rusak. Zat yang terkandung dalam obat berbahaya ini mampu membuat kuku Anda mengelupas. Sebagian tangan dan jari Anda pun akan mengalami kerusakan kulit yang cukup parah.

5. Mulut kering


Bahaya konsumsi ekstasi dapat menyebabkan mulut Anda terasa kering. Bibir Anda akan pecah-pecah dan mudah diserang penyakit yang berkaitan dengan rongga mulut. Hal ini juga akan memberikan efek jangka panjang dengan rusaknya bagian dalam mulut seperti gigi dan lidah.

6. Bibir pecah-pecah


Dalam beberapa kasus yang parah, Anda akan mengalami efek buruk ekstasi yang menyerang bagian bibir pada mulut. Bibir Anda tidak hanya akan pecah-pecah saja, namun juga mengering serta mengalami pengelupasan pada bagian kulit bibir.

7. Badan panas tinggi


Bahaya konsumsi ekstasi yang paling sering diidentifikasi yaitu suhu tubuh yang naik dengan sangat tinggi. Anda akan mengalami penyakit panas atau demam pada tubuh selama berhari-hari. Menurunkan demamnya pun tidak mudah jika Anda masih merasakan kecanduan.

8. Menaikkan tekanan darah


Tekanan darah akan lebih mudah naik jika Anda mengonsumsi ekstasi. Hal ini menyebabkan banyak orang yang mengonsumsi ekstasi tidak mempunyai emosi yang cenderung stabil. Mereka akan mudah tersinggung atau pun marah.

9. Penglihatan kabur


Organ mata Anda juga akan mengalami gangguan fungsi jika Anda mengonsumsi ekstasi. Dampaknya yaitu Anda tidak akan bisa melihat dengan lebih jelas karena penglihatan cenderung kabur. Organ mata juga tidak akan berfungsi dengan baik, termasuk syaraf pada mata.

10. Halusinasi


Sama seperti pengguna narkoba jenis lainnya, ekstasi juga dapat membuat penggunanya merasakan halusinasi terus menerus. Halusinasi ini pun bukanlah halusinai biasa, namun cenderung pada halusinasi mengerikan dan tidak menyenangkan.

Baca Juga: 20 Bahaya Jangka Panjang Obat untuk Kesehatan Tubuh


Selain 10 bahaya konsumsi ekstasi di atas, Anda juga akan mengalami beberapa efek buruk lainnya, yaitu:

11. Tubuh tidak seimbang saat berjalan atau sempoyongan
12. Kejang kejang
13. Panin berlebihan
14. Kesulitan untuk tidur
15. Pusing
16. Nafsu makan berkurang
17. Sering merasa kesepian
18. Kekurangan nutrisi
19. Badan kurus
20. Kematian

Ekstasi bukanlah obat namun dipercaya oleh penggunanya sebagai sumber kekuatan agar tetap sehat. Padahal jika dikonsumsi terus-menerus, Anda bisa mengalami kematian atau bahkan gangguan jiwa berkepanjangan.

Hindarilah pergaulan bebas dan juga tidak baik yang mempunyai potensi besar dalam keikutsertaan konsumsi ekstasi. Pergaulan bebas menjadi salah satu penyebab banyaknya anak muda saat ini ikut serta dalam mengonsumsi berbagai jenis narkotika.

Konsumsilah makanan yang sehat setiap harinya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan seperti apa lingkungan yang ada di sekitar Anda. Pengenalan narkoba sejak dini saat ini juga penting agar Anda bisa mengetahui terlebih dahulu bahaya dari narkoba untuk tubuh.