Langsung ke konten utama

40 Bahaya Keseringan Minum Obat untuk Kesehatan Tubuh

Fungsi obat kimia sebagai penyembuh dari rasa sakit yang di derita memang cukup ampuh. Senyawa kimia yang ada dalam obat, selain bisa membantu memulihan kondisi badan menjadi sehat kembali juga bisa menyebabkan seorang mengalami penyakit lain yang tidak diinginkan. Apalagi varian obat yang sangat banyak terkadang membingungkan dan salah penggunaanya. Tambah lagi, keterjangkauan harga juga berdampak pada penyalahgunaan dari obat itu sendiri. Seperti baru baru ini penyalahgunaan pil PCC untuk nge fly bagi beberapa orang.

Disamping itu, Sebagian orang memang diharuskan mengkonsumsi obat kimia oleh dokter untuk menyembuhkan penyakit yang diderita. Namun sebaiknya pengguna obat kimia juga melakukan pengobatan herbal. Hal ini dianjurkan supaya tubuh tidak terlalu mengkonsumsi obat kimia dan mengakibatkan ketergantungan terhadap obat kimia. Apabila terlalu banyak dan sering menggunakan obat kimia, dapat beresiko timbul penyakit baru yang tidak diharapkan.

40 Bahaya Keseringan Minum Obat untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini dampak dari terlalu sering mengkonsumsi obat kimia yang harus diperhatikan

1. Kerusakan Jantung


Bagi penderita penyakit jantung perlu adanya kontrol terhadap penggunaan obat kimia birtipe auretik. Waspadai dosis yang diperlukan karena dapat memicu gagal jantung ataupun aritmia jantung apabila berlebihan dalam mengkonsumsinya.

2. Menurunya kemampuan panca Indera


Terlalu banyak mengkonsumsi obat obatan akan berpengaruh terhadap fungsi indera. Indera pengecap dan pendengaran adalah resiko terbesar akibat dari keseringan mengkonsumsi obat obatan kimia.

3. Gangguan Organ Hati dan Ginjal


Kedua organ fital tersebut akan mengalami kerusakan sampai pada penyakit yang berbahaya apabila terlalu banyak mengkonsumsi obat obatan kimia. Semakin sering mengkonsumsi obat obatan kima berarti dosis yang digunakan akan semaik besar. Dampaknya kemampuan ginjal dan hati bila mencapai batas maksimal dan terus menerus dapat memicu kanker atau kerusakan ginjal.

4. Gejala Iritasi pada Kulit


Terlalu sering mengkonsumis obat obatan kimia mampu menggerogoti lapisan epidermis kulis manusia. sehingg  akan mudah terkena iritasi pada kulit

5. Hilangnya Nafsu makan


Nafsu makan menjadi penting karena dengan adanya hal itu, orang akan merasa lapar dan bersegera mengisi perut yang kosong. Jika nafsu makan sudah hilang maka tubuh kehilangan asupan gizi dan akhirnya rentan penyakit.

6. Penlihatan kabur


Pengelihatan kabur merupakan bahaya dari pemanfaatan obat kimia yang dilakukan secara terus menerus. Fungsi dari mata untuk melihat akan memudar seiring berjalannya waktu apabila penggunaan obat kimia dilakukan secara terus terusan.

7. Daya tahan tubuh menurun


Zat kimia yang masuk secara besar dan terus menerus kedalam tubuh mampu menurunkan antibody. Karena zat yang terkadnung dalam obat obatan tersebut akan diserap oleh tubuh melalui darah dan mampu memecah antibody atau sel darah putih.

8. Osteoporosis


Osteoporosis merupakan dampak terlalu sering mengkonsumsi antibiotik. Bukan hanya akibat kekurangan kalsium, obat antibiotik mampu menyokong pengeroposan pada tulang dan persendian. Usahakan jangan sampai salah meminum antibiotik karena variannya banyak. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli medis lainnya.

9. Alergi


Gejala alergi merupakan dampak yang tidak semua orang rasakan. Walapun demikian, resiko alergi yang tidak diderita oleh pengguna obat tidak bisa dirasakan pada saat itu juga. ada kemungkinan terkena alergi akibat jangka penggunaan obat kimia khususnya antibiotik dalam waktu yang panjang.

10. Resistensi penyakit


Kelebihan obat kimia baik itu jenis antibiotok ataupun bukan mampu membuat penyakit itu sulit untuk disembuhkan. Penyakit terhadap obat akan terus belajar dan belajar, sehingga terjadi ketidak cocokkan obat terhadap penyaki dan berujung pada kebal obat. Bahkan bakteri dan virus sekalipun susah untuk di obati.

Baca Juga: 9 Bahaya Konsumsi Makanan Sehat Berlebihan untuk Tubuh

Kesepuluh dampak tersebut belum cukup untuk mewakili dampak dari penggunaan obat yang sering digunakan. Masih ada beberapa dampak lain dari terlalu sering mengkonsumsi obat kimia.

30 Bahaya Keseringan Minum Obat Lainnya


1. Tuli
2. Diare
3. Kram Perut
4. Iritasi usus kecil
5. Iritasi usus besar
6. Usus buntu bermasalah
7. Mual
8. Tumor
9. Kanker
10. Tremor
11. Mati Rasa
12. Lumpuh
13. Fobia
14. Halusinasi
15. Insomnia
16. Ketergantungan
17. Lemas
18. Susah BAB
19. Wasir
20. Mudah Emosi
21. Syaraf putus
22. Sakit kepala
23. Perubahan Pola tidur
24. Magh
25. Asam lambung
26. Hipertensi
27. Liver
28. Infeksi
29. Mudah Lelah
30. Berfikir Lambat

Beberapa Penyampaian dampak dari terlalu sering menggunakan obat kimia mengajarkan kita untuk berusaha menghindari penggunaanya. Memulai untuk pengobatan herbal dengan menggunakan obat alami dapat dijadikan altenatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita.