Langsung ke konten utama

20 Bahaya Jangka Panjang Obat untuk Kesehatan Tubuh

Obat memang penting untuk kesehatan tubuh Anda, namun Anda juga bisa terjangkit bahaya jangka panjang obat yang Anda konsumsi setiap hari. Setiap orang yang mempunyai gangguan kesehatan memang memerlukan obat sebagai penyembuhnya. Konsumsi obat pun tidak boleh sembarangan karena ada jenis obat yang tergolong ke dalam obat keras.

Jenis obat yang berbeda tersebut juga diikuti oleh kandungan obat yang berbeda-beda. Ada jenis obat yang mengandung bahan narkotika dalam kadar tertentu. Obat jenis ini tentunya tidak bisa Anda konsumsi dalam jangka panjang. Tubuh Anda bukan dibuat untuk menerima banyak senyawa yang ada pada obat. Itulah mengapa sebisa mungkin Anda perlu menjaga kesehatan dengan baik tanpa harus mengonsumsi obat.

20 Bahaya Jangka Panjang Obat untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini ada beberapa bahaya jangka panjang obat untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Infeksi


Konsumsi jangka panjang obat untuk kesehatan tubuh hanya akan membuat tubuh Anda mengalami gejala infeksi. Infeksi ini menyerang bagian dalam tubuh, terutama pencernaan dan juga organ tubuh lainnya. Sebaiknya Anda segera menghentikan konsumsi obat jika muncul gejala infeksi.

2. Komplikasi


Gejala bahaya lainnya dari obat yang dikonsumsi jangka panjang yaitu komplikasi. Komplikasi merupakan gejala yang tidak hanya menyerang satu bagian tubuh saja, namun juga bagian tubuh lainnya di dalam tubuh. Bahaya komplikasi di dalam tubuh bisa menimbulkan kematian.

3. Kerusakan organ ginjal


Bahaya konsumsi obat dalam waktu yang lama akan membuat ginjal Anda rusak. Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai penyaring semua hal yang Anda makan. Organ tubuh ini bisa rusak karena kandungan obat yang terus-menerus disaring di dalam tubuh.

4. Gangguan kesehatan jantung


Selain ginjal, jantung Anda tentu saja akan menjadi terganggu kesehatannya. Pengaruh obat ke jantung akan membuat debaran jantung Anda menjadi lebih keras. Peredaran darah dalam tubuh pun juga akan terganggu karena kinerja jantung yang tidak stabil.

5. Kerusakan indera tubuh


Beberapa indera tubuh Anda juga bisa mengalami kerusakan. Kandungan senyawa dalam obat yang Anda konsumsi tidaklah sama. Hal ini bisa membuat indera di tubuh Anda tidak bekerja dengan baik, terutama pada bagian syarafnya yang merespon perintah dari otak.

6. Saraf terganggu


Efek konsumsi obat juga lebih banyak diterima oleh syaraf di tubuh Anda. Beberapa rasa sakit di tubuh memang disebabkan oleh rusaknya syaraf. Nah, jika obat yang Anda konsumsi terus-menerus menekan syaraf maka fungsi syaraf juga akan menurun.

7. Imun tubuh menurun


Obat juga sering menyerang imun tubuh. Tubuh Anda memang sudah mempunyai imun sendiri yang berfungsi sebagai daya tahan tubuh alami yang efektif. Namun jika konsumsi obat dalam waktu lama tidak dihentikan, maka imun tubuh Anda juga akan rusak.

8. Resistensi bakteri


Pengaruh obat juga bisa terbalik, yaitu membuat tubuh Anda tidak lagi kebal terhadap bakteri. Imun tubuh yang rusak pun menjadikan tubuh Anda sangat mudah diserang bakteri. Akibatnya, Anda akan lebih sering terserang penyakit yang mudah menular lewar bakteri.

9. Perkembangan bakteri dalam tubuh


Bakteri di dalam tubuh juga akan berkembang biak dengan bebas karena tidak adanya imun tubuh yang mencegahnya. Hal ini bisa saja terjadi jika Anda mengonsumsi obat dalam jangka waktu yang lama sehingga ketahanan tubuh dari pertumbuhan bakteri menjadi lemah.

10. Kerusakan organ hati


Hati Anda bisa mengalami kerusakan yang cukup parah karena kandungan senyawa yang dimiliki oleh obat. Obat mengandung beberapa senyawa kimia yang terkadang terlalu kuat dan tidak bisa dihalau oleh organ hati di dalam tubuh. Hasilnya, fungsi organ hati pun menurun.

Baca Juga: 7 Bahaya Obat Pencahar untuk Kesehatan Tubuh

Selain bahaya di atas, ada beberapa bahaya jangka panjang obat lainnya yang perlu Anda ketahui, yaitu:

11. Alergi
12. Tulang keropos
13. Ketergantungan obat
14. Gangguan psikis
15. Mental terganggu
16. Insomnia
17. Fobia akut
18. Emosi tidak stabil
19. Penurunan kinerja otak
20. Keracunan

Ada baiknya Anda mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter saja dan juga sesuai dengan penyakit yang Anda derita. Hal ini akan mencegah Anda dari konsumsi obat berlebih dan bahayanya untuk tubuh. Tubuh yang sehat adalah tubuh yang tidak dimasuki banyak jenis obat di dalamnya.