Langsung ke konten utama

15 Obat untuk Badan Meriang dan Panas Dingin

Pergantian musim, badan capek bisa menimbulkan gejala meriang dan panas dingin. Kondisi ini menyebabkan bakteri yang ada bertumbuh dengan pesat dan dapat menyerang system imun di dalam tubuh jika kondisi sedang tidak membaik. Gejala yang ditimbulkan meriang adalah flu dan diikuti dengan batuk.

Untuk mencegah gejala meriang sebaiknya perbanyak olahraga, mengatur pola makan dan juga sarapan. Tentunya hal ini bisa membantu tubuh tetap dalam keadaan fit. Jika sudah melakukan hal tersebut tetapi tubuh masih terkena penyakit meriang, berikut ini ada beberapa obat yang mampu mengobati gejala meriang serta panas dingin.

15 Obat untuk Badan Meriang dan Panas Dingin

1. Kunyit putih dan madu


Dengan menggunakan ramuan kunyit putih dan dicampur madu bisa mengobati keluhan badan meriang atau tak enak badan. Cukup dengan menjadikan ramuan ini menjadi wedang akan membantu mengurangi rasa meriang. Tentu tidak hanya dilakukan satu atau dua kali pengobatan.

2. Bawang merah


Cukup menggosokkan bawang merah kebagian tubuh bisa membantu mengurangi rasa meriang ataupun masuk angin. Bawang merah bermanfaat mengurangi produksi gas berlebih yang menimbulkan badan menjadi hangat dan meriang. Jika dilakukan secara teratur bisa menyembuhkan sakit merian dan panas dingin.

3. Jahe dan Kencur


Jika jahe dan kencur diolah dengan baik dijadikan ramuan bisa bermanfaat sebagai penghangat badan. Kondisi ini bisa mengobati gejala seperti mual, kembung. Caranya hanya dengan memarut jahe dan kencur kemudian menyeduhnya dengan air mendidih. Pengobatan seperti ini bisa dijadikan opsi untuk menyembuhkan sakit meriang.

4. Telur, Kunyit dan Madu


Dengan meracik jamu berbahan telur, kunyit dan madu bisa mengurangi keluhan tak enak badan ataupun meriang. Pengobatan ini juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Lakukan pengobatan ini sampai tubuh mengalami perubahan yang positif.

5. Daun papaya, kencur dan jeruk nipis


Obat tradisional selain yang telah dijelaskan diatas, juga bisa menggunakan olahan daun papaya, kencur dan jeruk nipis. Cukup dengan merebus ketiga bahan alami tersebut sampai mendidih kemudian konsumsi saat pagi dan malam hari. Jika dilakukan secara teratur, akan diperoleh kesembuhan yang optimal.

6. Air garam


Ketika merasakan gejala meriang dan panas dingin, sebaiknya lakukan penanganan awal dengan menggunakan air garam. Penggunaan air garam hanya untuk berkumur-kumur saja tidak untuk dikonsumsi. Penanganan ini mampu meminimalisir merebaknya gejala tubuh meriang.

7. Perhatikan minuman


Badan meriang diakibatkan karena badan terasa lebih capek dari biasanya. Untuk itu dianjurkan apabila merasakan badan terasa lelah atur kembali konsumsi air putih dan segera cukupi kebutuhan air putih pada tubuh. Kondisi ini bisa membantu kinerja system metabolisme semakin lancar dan juga membantu proses kesembuhan anda lebih optimal.

8. Mineral zinc


Mineral zinc berperan efektif dalam membantu mendongkrak kekebalan tubuh. Kondisi ini juga diimbangi dengan timbul gejala tubuh lemah dan tubuh merasa meriang. Beberapa makanan alamiah yang bisa memenuhi kebutuhan mineral zinc adalah sayuran bayam, jamur, seafood. Makanan ini akan bekerja maksimal apabila diolah dengan cara direbus.

9. Kompres air hangat


Kebanyakan yang biasa dilakukan sebagian orangg ketika badan merasa meriang adalah dengan mengkompres air dingin. Jika hal demikian dilakukan mengakibatkan permasalahan perubahan suhu tubuh yang tidak normal. Hal ini tentu dipicu air dingin mempengaruhi kinerja syaraf otak. Sebaiknya jika sedang merasa badan meriang lebih baik kompres dengan air hangat yang tentu bisa membantu mengurangi rasa meriang.

10. Suplemen vitamin


Untuk menjaga daya tubuh agar tidak semakin turun, sebaiknya anda mengkonsumsi supplement vitamin sebagai penunjang imunitas. Vitamin C sangat berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan kekuatan system imunitas yang disebabkan timbulnya gejala sakit meriang. Supplement ini bisa anda dapatkan di apotik terdekat.

Baca Juga: 14 Efek Samping Teratai Salju untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 obat diatas, ada beberapa obat untuk badan meriang dan panas lainnya. Berikut obat untuk badan meriang dan panas dingin lainnya.

5 obat untuk badan meriang dan panas dingin lainnya.


11. Pelega tenggorokkan
12. Pereda demam
13. Jus
14. Baluran alami
15. Air putih dan Teh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang obat untuk badan meriang dan panas dingin yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.