Langsung ke konten utama

19 Jenis Obat Pemulih Suara yang Hilang

Terlalu banyak berbicara mengakibatkan pita suara bekerja terlalu berat. Apabila seseorang kehilangan suara, tentu akan menghambat aktifitas atau rutinitas yang dijalani. Hal ini sangat tidak diharapkan seseorang. Untuk itu, berikut ada beberapa cara yang efektif bisa memulihkan suara hilang. Selain itu juga bisa menjaga pita suara agar tetap normal.

19 Jenis Obat Pemulih Suara yang Hilang

1. Minum banyak air


Air selain baik manfaatnya untuk tubuh, system pencernaan, kulit, berat badan dan tingkat energy juga bisa digunakanan sebagai alternative apabila suara hilang. Kondisi suara hilang diakibatkan pita suara yang bekerja terlalu berat. Cukup dengan teratur minum air bisa membantu memulihkan suara yang hilang.

2. Madu


Dengan mengkonsumsi madu sehari 4 kali secara teratur dapat membantu memulihkan suara yang hilang. Hal ini dikarenakan madu memiliki sifat antibakteri yang bisa meringankan infeksi juga. Selain itu, madu juga dapat menenangkan dan membersihkan penyumbatan lender di tenggorokkan.

3. Jahe


Sifat anti mikroba yang terkandung jahe berfungsi untuk menyingkirkan infeksi virus dan bakteri. Selain itu juga bisa menenangkan laring dan tenggorokkan serta meredakan rasa sakit dan peradangan. Cukup dengan rebus dua sendok teh jahe yang telah diparut dengan 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih hingga air berkurang 50%.

4. Kayu manis


Selain madu, kayu manis juga bersifat anti inflamasi, antiseptic dan anti bakteri yang bisa menyembuhkan radang tenggorokkan dengan cepat. Cukup dengan mencampurkan 1sendok teh kayu manis dan 3 sendok teh madu kedalam air mendidih selama 10 menit.


5. Minyak kayu putih


Minyak kayu putih yang memiliki nama lain eucalyptus biasa digunakan untuk mengobati gejala flu dan batuk. Selain itu, juga membantu meringankan dan menenangkan rasa sakit dan iritasi pada tenggorokkan. Penggunaan minyak kayu putih hanya untuk penggunaan ekternal karena dapat menjadi racun apabila digunakan sebagia obat internal.

6. Akar licorice


Cukup memotong licorice dengan potongan kecil-kecil dan dicampur dengan air mendidih, kemudian digunakan untuk berkumur bisa membantu menyembuhkan gejala radang tenggorokkan. Namun pengobatan ini tidak dianjurkan untuk yang menderita hipertensi, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit hati dan juga tidak diisarankan untuk wanita hamil.

7. Jus kombinasi


Buah sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, apabila beberapa buah dikombinasikan juga bisa meredakan radang tenggorakan. Buah yang bisa dipercaya membantu meredakan radang tenggorokkan adalah dengan mengkombinasikan jeruk dan cranberry, bisa juga dengan campuran wortel, lobak dan jahe. Dengan mengkonsumsi setiap hari bisa meredakan penyakit radang tenggorokkan.

8. Sirup bawang


Selain dikarenakan pita suara bekerja terlalu berat, radang tenggorokkan atau suara hilang bisa jadi disebabkan karena mengkonsumsi minuman yang tidak dipastikan aman bahannya untuk tubuh. Maka dari itu, sebaiknya membuat sirup aman yaitu sirup bawang. Cukup dengan cincang beberapa bawang, rebus kedalam 5 gelas air. Dengan mengkonsumsi sirup bawang bisa membantu meredakan radang tenggorokkan. Tambahkan madu dan beberapa tetes jus lemon setiap konsumsi sirup bawang.

9. Terapi uap 5 menit 2 kali sehari


Uap bisa juga sebagai meningkatkan kelembaban di tenggorokkan. Cukup dengan menggunakan uap air mendidih. Gunakan handuk untuk mendapatkan terapi uap kemudian letakkan diatas kepada dan tambahkan beberapa minyak essensial demi mendapatkan hasil optimal.

10. Papermint


Papermint selain nikmat apabila diolah menjadi jus, juga berguna untuk meredakan tenggorokkan. Caranya cukup dengan merebus papermint dalam air selama kurang lebih 15-20 menit. Cara ini juga efektif untuk memulihkan suara yang hilang.

Baca Juga: 14 Efek Samping Acetaminophen bagi Kesehatan Tubuh

Selain 10 obat diatas, ada beberapa jenis obat pemulih suara yang hilang lainnya. Berikut beberapa obat yang efektif memulihkan suara yang hilang.

9 Jenis Obat Pemulih Suara yang Hilang


11. Jus lemon
12. Bawang putih
13. Kunyit
14. Kismis
15. Teh hijau
16. Marsmellow
17. Lidah buaya
18. Kumur air garam
19. Dengan melakukan istirahat cukup

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis obat pemulih suara yang hilang yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.