18 Obat untuk Mengatasi Pegal Linu yang Alami

Pegal linu biasanya disebabkan karena tubuh mengalami kelelahan dalam beraktifitas. Biasanya gejala yang dialami adalah ketegangan pada otot maupun persendian tulang yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri maupun pegal. Tidak sedikit yang membiarkan sakit ini. Tidak sedikit pula yang mencari alternative pengobatan untuk mengurasi rasa nyeri yang dirasakan.

Myalgia merupakan nama lain pegal linu didalam dunia medis. Pegal linu bisa jadi tanda penyakit saraf kejepit, penyakit sendi, penyakit tulang, infeksi maupun penyakit lainnya. Resiko-resiko yang ditimbulkan akibat sakit pegal linu ada yang mengkhawatirkan. Sebaiknya untuk menghindari penyakit kronis akibat pegal linu, diperlukan pengobatan dengan cepat. Berikut ini obat alami untuk mengatasi sakit pegal linu.

18 Obat untuk Mengatasi Pegal Linu yang Alami

1. Buah Jeruk


Buah jeruk telah diketahui mengandung Vitamin C yang bisa membantu mencegah semakin parahnya infeksi pada tubuh. Buah jeruk juga mengandung anti inflamasi, yang bagus mencegah terjadinya keluhan peradangan pada persendian yang mengarah kepada keluahan nyeri pada tubuh. Jika mengkonsumsi buah jeruk secara teratur akan mengurangi keluhan badan pegal linu.

2. Ikan salmon


Ikan salmon mengandung omega 3 yang bermanfaat mengatasi deraan keluhan pada tubuh dan dapat membantu tubuh lebih bugar. Selain bermanfaat untuk mengatasi keluhan pegal pada tubuh ikan salmon juga bermanfaat untuk merawat jantung dan pembuluh darah. Tentunya hasil optimal jika konsumsi dilakukan secara terus-menerus.

3. Jahe


Selain bermanfaat untuk bumbu masakan, jahe juga bisa diolah menjadi ramuan yang berguna untuk mengurangi pegal karena capeknya melakukan aktifutas. Cukup dengan menyeduh jahe dan meminumnya selagi hangat bisa membuat tubuh menjadi rileks dan meredakan nyeri akibat otot tegang.

4. Buah ceri


Kelezatan buah ceri sudah tidak diragukan lagi. Maka dari itu, konsumsi buah ini sangat dianjurkan apalagi saat anda sedang mengeluh pegal-pegal dalam tubuh. Tidak hanya untuk penderita pegal linu saja, buah ceri juga bermanfaat untuk penderita rematik dan juga gejala nyeri di area peradangan persendian.

5. Bawang putih dan minyak zaitun


Cukup dengan menghaluskan bawang putih lalu menambahkan sedikit minyak zaitun dan balurkan ke bagian tubuh yang mengalami pegal-pegal dapat membuat anda merasa lebih rileks. Tentu dengan diimbangi pijatan-pijatan halus dengan perlahan agar perengaan otot semakin dirasakan.

6. Oatmeal


Oatmeal memiliki kandungan nutrisi berupa mineral magnesium yang tinggi sehingga bagus mengatasi keluhan otot-otot yang mengalami ketegangan karena capek. Selain itu, oatmeal juga bagus dikonsumsi wanita yang sedang menstruasi demi untuk mengatasi keluhan kram pada perut.

7. Kopi


Kopi selain bisa menjadi teman nongkrong juga bermanfaat untuk menyegarkan stamina. Jika tubuh anda terasa sangat lelah dan membutuhka rileksasi tubuh sebaiknya konsumsi kopi bisa jadi solusinya.

8. Buah pisang


Kandungan mineral potassium pada buah pisang sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri. Maka dari itu, konsumsi buah pisang secara teratur sangat disarankan bagi anda yang memiliki aktifitas terlalu padat. Rasa manis yang ada pada buah pisang mampu mengurasi rasa pegal linu yang anda keluhkan.

9. Air lemon


Selain buah jeruk, kandungan vitamin C juga ada pada air lemon. Selain itu, air lemon mengandung asam sitrat yang bangus untuk menyeimbangkan kadar alkalin dalam tubuh. Jika konsumsi secara teratur, anda akan mendapatkan tubuh bugar dan kembali aktifitas dengan efektif.

10. Sayur wortel


Wortel kaya akan antioksidan dan juga beta karoten. Jika dikonsumsi secara teratur mampu mengurangi keluhan pegal linu. Cukup mengolah wortel menjadi sayur sup.

Baca Juga: 18 Obat untuk Mengatasi Pegal Linu yang Alami

Selain 10 obat alami diatas, ada beberapa obat untuk mengatasi pegal linu yang alami lainnya. Berikut obat untuk mengatasi pegal linu yang alami lainnya.

8 obat untuk mengatasi pegal linu yang alami


11. Kunyit
12. Buah apel
13. Susu
14. Daun rosemary
15. Minyak cengkeh
16. Es batu
17. Garam inggris
18. Delima

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang obat untuk mengatasi pegal linu yang alami yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Loading...