9 Obat Herbal untuk Mengobati Kelenjar Tiroid di Tubuh

Penyakit kelenjar tiroid dibagi menjadi 4 bagian yaitu hipotirodisme, hipertirodisme, gondok tiroid dan nodul tiroid. Penyebab kelenjar tiroid biasanya dikarenakan pemakaian obat lithium, paparan radiasi, hipotiroid, dan factor keturunan. Biasanya penyakit ini ditandai dengan gejala demam, berekeringat, mentruasi tidak teratur, dan pembengkakan di area leher depan.

Untuk yang sedang mengalami penyakit tersebut, bisa menggunakan obat kimia maupun herbal yang bisa mengurangi sakit yang diderita. Apabila Anda ingin mengobati penyakit ini, sebaiknya memilih bahan herbal yang mengandung senyawa seperti Asam sitrun, Tannin yang bisa mengurangi pembengkakan akibat kelenjar tiroid. Berikut ini obat tradisional yang bisa dijadikan obat herbal untuk mengobati kelenjar tiroid.

9 Obat Herbal untuk Mengobati Kelenjar Tiroid di Tubuh

1. Daun Ciplukan


Sediakan segenggam daun ciplukan lalu rebus dengan 3 gelas air bersih dan tunggu hingga mendidih. Jika kira-kira air tersisa satu gelas, kemudian konsumsi sehari dua kali. Pengobatan ini bisa mengobati kelenjar tiroid. hal ini disebabkan kandungan daun ciplukan yaitu chologenik acid, Asam sitrun, Fisalin, Asam malat, Vitamin C, Tannin, Kriptoxanantin Alkaloid bermanfaat menyembuhkan pembengkakan pada kelenjar tiroid dan menghilangkan rasa nyeri.

2. Daun sambiloto dan temu putih


Daun sambiloto memiliki zat andropolid, neoandrogatolide dan dehidroandrografolide dapat mencegah peradangan yang semakin lebar akibat kelenjar tiroid yang mengalami pembengkakan dan rasa sakit. Sedangakan temu putih memiliki kandungan zat senyawa kurkumiroid, Flavonoid, Minyak atsiri, Polifenol yang berfungsi untuk menangkal sel-sel kanker pada kelenjar tiroid agar tidak semakin berkembang. Jika kedua bahan ini dijadikan ramuan, bisa membantu mengobati penyakit kelenjar tiroid.

Caranya, rebus 10 lembar daun sambiloto bersama temu putih yang telah dipotong kecil-kecil menjadi beberapa bagian dengan 3 gelas hingga mendidih. Jika kira-kira menyisakan 1 gelas segera saring dan minumlah sehari dua kali secara rutin. Pengobatan ini bisa membantu mengobati rasa nyeri akibat kelenjar tiroid. Untuk memperoleh hasil optimal jangan gunakan daun sambiloto secara berlebihan.

3. Daun Dewa dan Benalu Teh


Senyawa seperti zat flavonoid, Alkaloid, Klorofil, Karotonoid, Steroltok tidak jenuh, Sponin, Titerpen dipercaya dapat digunakan sebagai obat herbal kelenjar tiroid. Senyawa-senyawa tersebut dimiliki oleh daun dewa dan benalu teh. Dengan membuat ramuan berbahan kedua tanaman herbal ini mampu membantu mengurangi pembengkakan tiroid.

4. Daun Sirsak


Kandungan daun sirsak seperti Acetogenins mampu menghambat pergerakan atau pertumbuhan sel-sel abnormal termasuk  yang terjadi pada kelenjar tiroid. Dengan mengkonsumsi obat herbal daun sirsak dua kali sehari. Cara membuat ramuan daun sirsak adalah dengan merebus daun sirsak.

5. Kulit Manggis


Jika Anda mengalami gejala penyakit kelenjar tiroid jenis gondok, obat herbal menggunakan kulit manggis bisa membantu mengobati pembengkakan akibat kelenjar tiroid. Hal ini disebabkan, kulit manggis mengandung senyawa anti bakteri, Anti inflamasi, Xanthone, Senyawa anti proliferasi yang dapat menekan pergerakan sel-sel abnormal dan menghentikan peradangan serta mengurangi rasa nyeri pada kelenjar tiroid.

6. Belimbing Wuluh


Haluskan belimbing wuluh keemudian membalurkannya pada area kelenjar tiroid dua kali sehari mampu mengurangi pembengkakan akibat kelenjar tiroid. Pengobatan ini bisa dijadikan opsi dikarenakan belimbing wuluh mempunyai zat asam folfat, Kalsiumoksalat, Sulfur alami, Kalium sitrat, Vitamin C dan Gukosid serta zat tannin dimana seua senyawa tersebut bisa menghilangkan rasa nyeri dan pembengkakan yang sedang diderita.

7. Tumbuhan Bugleweed


Kelenjar tiroid jenis hipotiroidisme bisa disembuhkan dengan tumbuhan bugleweed. Cukup dengan merebus tumbuhan ini lalu meminumnya dua kali sehari. Pengobatan ini jika dilakukan secara rutin dan teratur juga tidak berlebihan mampu mengurangi gejala kelenjar tiroid.

8. Kunyit putih dan Daun Benalu


Kedua tanaman herbal ini juga bisa mengobati penyakit kelenjar tiroid. Dengan merebus kedua bahan ini dan tambahkan sedikit perasan air lemon kemudian saring lalu minum tiga kali sehari. Jika cara ini dirutinkan untuk yang mengidam penyakit kelenjar tiroid, lamban hari bisa mengurangi pembengkakan yang diderita.

9. Selada Air


Kandungan selada air yaitu yodium, sulfur germanium dapat mencegah penyakit kelenjar tiroid jenis gondok. Cukup dengan memasak selada air bersamaan dengan masakan Anda. Jika dilakukan secara rutin mampu mengurangi gejala penyakit gondok.

Baca Juga: 8 Efek Samping Ambroxol bagi Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang obat herbal untuk mengobati kelenjar tiroid yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Loading...