21 Obat BAB Berdarah karena Wasir untuk Tubuh

BAB yang disertai dengan darah tentu akan membuat Anda panik. Kondisi ini bisa disebabkan masalah kesehatan ringan dan tidak membahayakan tetapi bukan berarti diabaikan. Biasanya jumlah darah sangat kecil dan akan terdeteksi melalui tes pemeriksaan dokter bersamaan dengan obat untuk mengatasi penyakit tersebut.

Namun, apabila Anda tidak mampu memeriksakan diri ke dokter karena badan terasa lemas ada baiknya Anda mengobati peyakit BAB berdarah akibat wasir denga obat herbal yang bisa ditemuai di dapur. Berikut ini beberapa obat yang mampu mengobati BAB berdarah akibat wasil yang harus Anda ketahui.

21 Obat BAB Berdarah karena Wasir untuk Tubuh

1. Cuka


Sifat astringent di dalam cuka bisa membantu wasir supaya mengecil dan memudar. Cara penggunaanya dengan mencelupkan kapas ke larutan cuka kemudian aplikasikan ke arean wasir atau anus. Pengobatan ini sangat efektif jika dilakukan secara rutin.

2. Es Batu


Ketika Anda mengalami BAB berdarah, penggunaan sederhana es batu mampu mengurangi inflamasi yang terjadi akibat wasir. Ketika pembuluh darah membesar, es batu bisa membantu memperkecilnya. Caranya cukup membungkus es batu dengan handuk lalu usap-usapkan ke area wasir.

3. Kentang


Kentang mengandung karbohidrat tinggi. Kandungan kentang yang bisa menurunkan berat badan juga bisa menghilangkan cairan berlebih akibat wasir. Cara kerja pengobatan kentang ini membantu mengurangi perdarahan yang terjadi ketika BAB. Hanya dengan memarut kentang diolah menjadi pasta dan diaplikasikan ke daerah wasir.

4. Kunyit


Penggunaan kunyit sebagia obat sangatlah mudah. Cukup dengan menjadikan kunyit menjadi pasta kemudian diaplikasikan ke anus. Pengobatan ini bisa mengurangi resiko inflamasi dan perdarahan berkurang. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

5. Garam Epsom


Garam dikenal sebagai magenesium sulfat di mana manfaatnya sangat besar untuk beberapa gangguan kesehatan. Garam yang terbuat dari mineral, bisa dipercaya mengurangi penyakit wasir.

6. Teh Hijau


Teh hijau bisa digunakan untuk membersihkan area anal. Hal ini dikarenakan teh hijau mampu melawan bakteri sekaligus infeksi. Antioksidan didalamnya mampu mengurangi risiko kerusakan dinding akibat wasir.

7. Kantong Teh


Selain teh, kantong teh juga bisa digunakan untuk mengatasi pembengkakan pembuluh darah. Cara pemakaian dengan mengaplikasikan ke area anal. Hal ini dikarenakan kantong teh mengandung asam tannic yang mampu mengatasi pembengkakan pembuluh darah.

8. Manggis


Dengan mengolah buah manggis menjadi jus, bisa membantu mengurangi rasa sakit dan gatal pada area anus. Selain diolah menjadi jus, manggis juga bisa dinikmati secara langsung. Konsumsi manggis teratur mampu mengobati wasir.

9. Serat


Penyebab BAB berdarah adalah terlalu sering mengejan yang mengakibatkan derah anus terluka. Akibatnya, seseorang akan mengalami sembelit yang menyebabkan Anda susah BAB. Kesulitan BAB juga dipicu karena kekurangan serat pada tubuh. Sayur dan buah-buahan bisa membantu BAB berdarah cepat sembuh.

10. Biji Jintan Hitam


Biji jintan hitam yang dipanggang bisa mengatasi BAB berdarah. Cukup dengan menjadikan biji jintan hitam menjadi larutan dan mengkonsumi sebanyak dua kali sehari bisa mngobati BAB berdarah dengan baik.

Baca Juga: 9 Obat Herbal untuk Mengobati Kelenjar Tiroid di Tubuh

Selain 10 obat diatas, ada beberapa obat BAB berdarah akibat wasir lainnya. Berikut beberapa obat BAB berdarah akibat wasir lainnya.

11 Obat BAB berdarah akibat wasir lainnya.


11. Lidah Buaya
12. Witch Hazel
13. Minyak dan Teh Kamomil
14. Bawang putih
15. Calendula
16. Jahe dan Lemon
17. Minyak Vitamin E
18. Goldenseal
19. Air putih
20. Cuka sari apel
21. Buah-buahan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang obat BAB berdarah akibat wasir yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Loading...