14 Obat Anyang-Anyangan untuk Kesehatan Wanita

Anyang-anyangan adalah gangguan medis yang biasanya ditandai dengan terlalu sering buang air kecil tetapi volume air kencing yang dikeluarkan hanya sedikit. Penyakit ini dikarenakan adanya infeksi saluran kencing. Kebanyakan penderita penyakit ini adalah wanita. Oleh sebab itu, bagi wanita haruslah waspada terhadap penyakit ini.

Untuk mengurangi gejala-gejala akibat anyang-anyangan, penderita dapat memeriksakan ke dokter. Selain itu, Anda juga membiat ramuan sendiri guna melakukan penanganan awal penyakit ini. Obat herbal yang bisa dimanfaatkan untuk obat anyang-anyangan sangat banyak sekali. Berikut ini beberapa obat anyang-anyangan bagi wanita yang paling ampuh.

14 Obat Anyang-Anyangan untuk Kesehatan Wanita

1. Sirsak


Bahan alami yang bisa digunakan mengobati penyakit anyang-anyangan adalah buah sirsak. Buah sirsak yang dapat dimanfaatkan obat anyang-anyangan adalah buah sirsak yang belum matang. Hal ini dikarenakan buah sirsak setengah matang kaya akan kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Kandungan antioksidan dan vitamin C mampu mengatasi anyang-anyangan karena bersifat mengatasi infeksi sehingga gejala infeksi saluran kecing Anda bisa sembuh.

2. Jeruk Nipis


Bahan alami selanjutnya adalah buah jeruk nipis. Hanya perlu siapkan jeruk nipis satu buah, kemudian ambil sarinya dan campurkan dengan air hangat. Ramuan ini mengandung minyak atsiri dapat berperan sebagai penyembuh infeksi dan dapat meredakan nyeri. Selain it, jeruk nipis mengandung vitamin C yang berguna meningkatkan proses penyembuhan. Oleh karena itu,jeruk nipis bisa digunakan alternatif obat alami anyang-anyangan.

3. Tingkatan Asupan Air Putih


Penyebab anyang-anyangan yang paling sering terjadi adalah dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti kram dan sulit bekonsentrasi. Untuk mengatasi penyakit anyang-anyangan yang disebabkan dehidrasi, Anda cukup mengkonsumsi air putih dalam kadar yang cukup tinggi. Kondisi ini bisa membatu proses metabolisme dalam tubuh sehingga proses filtrasi oleh ginjang terbantu atau kinerja ginjal lebih ringan.

4. Daun kumis kucing


Daun kumis kucing mengandung orthoshipon glikosida, zat samak, minyak atsiri, saponin, sapofonin dan myoinositol yang bermanfaat untuk meningkatkan proses penyemnuhan anyang-anyangan. Selain itu juga bermanfaat sebagai antioksidan alami untuk mencegah infeksi berulang. Cukup mengkonsumsi rebusan kumis kucing dan tambahkan meniran.

5. Alang-alang


Alang-alang tidak hanya bermanfaat untukmengobati panas dalam. Alang-alang jiga bermanfaat untuk mengatasi penyakit alang-alang. Cukup sediakan alang-alang, kulit semangka dan rambut jagung kemudian rebus dengan 400ml air bersih. Setelah mendidih kemudian saring dan segera konsumsi untuk pengobatan alang-alang. Ramuan tersebut mengandung zat malic acid, citric acid, arundoin yang efektif untuk meluruhkan air seni sehingga air kencing menjadi lebih lancar.

6. Daun keji beling


Bahan herbal lainnya adalah daun keji beling. Daun keji memiliki kadar kalium tinggi, asam silikat, kalsium , natrium dan senyawa lain seperti flavonoid, sterol, kelas terpen dan juga lemak. Kandunga-kandungan senyawa tersebut bisa bermanfaat untuk meredakan nyeri pada saluran kemih.

7. Daun Semanggi


Tanaman ini sering diabaikan karena dianggap sebagai hama tanaman. Padahal tanaman ini mengandung nutrisi yang bermanfaat untu pengobatan anyang-anyang seperti minyak atsiri, saponin, serta zat samak. Kandunga-kandungan tersebut bermanfaat sebagai analgesic alami, anti inflamasi serta antioksidan. Sehingga bermanfaat untuk mengobati anyang-anyang dan mengurangi gejala nyeri.

8. Daun Alpukat


Kandungan zat aktif dalam daun aloukat seperti alkaloida, flavonoid dan saponin bermanfaat menyembuhkan berbagai penyakit. Cukup mengolah daun ini menjadi ramuan dan mengkonsumsi secara rutin bisa menyembuhkan anyang-anyang.

9. Jahe


Jahe juga bisa meredakan nyeri pada saluran kemih. Senyawa minyak stdiri berperan sebagai anti inflamasi untuk meredakan nyeri. Selain itu, jahe juga bisa membunuh bakteri penyebab infeksi pada kandung kemih.

10. Cuka Apel


Dengan mengkombinasikan cuka apel dan madu sangat efektif untuk membunuh bakteri. Sehingga ramuan tersebut bisa menghilangkan infeksi pada kandung kemih dan meredakan gejala anyang-anyangan.

Baca Juga: 11 Efek Samping Captopril bagi Kesehatan Tubuh

Selain 10 obat herbal diatas, ada beberapa obat anyang-anyangan lainnya. Berikut obat anyang-anyangan lainnya.

4 obat anyang-anyangan bagi wanita paling ampuh lainnya.


11. Kunyit
12. Lidah buaya
13. Balsam
14. Madu

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang obat anyang-anyangan bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Loading...