Langsung ke konten utama

21 Jenis Obat Dismenorrhea untuk Haid yang Alami

Ada beberapa jenis obat dismenorrhea untuk Anda kaum hawa yang sering mengalami sakit ketika datang bulan. Dismenorrhea adalah istilah nyeri perut yang dialami sebagian wanita saat akan menstruasi atau haid. Salah satu penyebab dismenorrhea karena adanya penumpukan progtaglandin dalam jumlah yang terlau banyak atau rahim terlalu sensitif  terhadap progtaglandin. Hal ini menyebabkan rahim berkontraksi lebih keras yang berakibat mengurangi suplai darah ke rahim dan menimbulkan sakit atau nyeri perut. Selain itu, penyebab dismenorrhea adalah adanya gangguan yang terjadi pada uterus seperti endometriosis, fibroid atau infeksi rahim.

Nyeri perut saat haid, untuk beberapa penderita sangat mengganggu aktifitas keseharian. Efek yang ditimbulkan tidak jarang yang dengan saran dokter selain pemberian obat untuk menghilangkan rasa nyeri terkadang juga harus bedrest untuk beberapa hari. Hal ini tentu menjadi penghambat schedule kegiatan penderita dismenorrhea. Untuk menghindari hal tersebut, penyakit sepeti ini, bisa disembuhkan dengan pengobatan alami yang bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama saat timbul rasa nyeri perut.

21 Jenis Obat Dismenorrhea untuk Haid yang Alami

Berikut ini beberapa jenis obat dismenorrhea untuk haid yang alami yang perlu Anda ketahui lebih jauh:

1. Madu


Madu selain meningkat daya tubuh, juga dapat meredakan nyeri perut. Penderita cukup mengkonsumsi madu 1 sendok makan sebanyak 3kali sehari. Selain mengkonsumsi madu secara langsung, madu dapat dicampurkan dengan air putih. Pengobatan dilakukan selama rasa nyeri masih dirasakan dan selama masa haid.

2. Kunyit asam


Wanita sering mengkonsumsi kunyit asam saat masa haid untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Selain untuk bermanfaat meningkatkan kesehatan tubuh, sifatanti inflamasi pada kunyit asam bisa menghilangkan rasa nyeri dan menyembuhkan luka. Cukup dengan mengkonsumsi jamu kunyit asam sebelum masa haid. Apabila jamu kunyit asam dikonsumsi secara rutin sebelum masa haid, hal ini efektif mengurangi nyeri perut saat haid.

3. Bawang Putih


Bawang putih biasa digunakan untuk mengobati penyakit kolesterol, hipertensi, bahkan untuk penyakit jantung. Selain penyakit-penyakit kronis tersebut, dengan mengolah bawang putih menjadi jus dapat menghilangkan rasa nyeri perut saat haid.

4. Temulawak


Jamu temulawak merupakan obat alami yang diketahui kebanyakan masyarakat bermanfaat untuk penderita penyakit asam lambung. Sebagian belum tahu khasiat temulawak yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri perut saat haid. Cukup dengan mencampurkan temulawak dan daun sirih kemudian merebusnya dengan air dan menyaringnya ketika sudah mendidih lalu meminumnya. Pengobatan ini bisa menghilangkan nyeri perut saat haid.

5. Kencur


Nyeri haid dapat juga disembuhkan dengan mengkonsumsi rebusan kencur. Zat efektif dalam kencur dapat meperlancarkan keluarnya darah haid sehingga mengurangi kram otot pada rahim yang menyebabkan nyeri perut.

6. Air kelapa hijau


Air kelapa hijau tidak hanya bermanfaat sebagai penawar racun atau menghilangkan gatal-gatal akibat alergi. Dengan mengkonsumsi air kelapa hijau saat haid dapat menghilangkan sakit nyeri perut.

7. Lidah buaya


Lidah buaya sering dimanfaat untuk kesehatan rambut. Selain itu, rebusan lidah buaya bisa mengurangi rasa nyeri perut saat haid bahkan bisa mengatur sikulus mentruasi menjadi teratur.

8. Bayam


Tanaman yang mudah sekali didapatkan ini, selain bisa diolah sebagai sayur bisa bermanfaat untuk menghilangkan nyeri haid, cukup dengan mengolah menjadi jus bayam.

9. Papaya


Buah ini sangat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Selama haid dan saat dismenorrhea dianjurkan mengkonsumsi papaya untuk kondisi yang lebih baik dengan cara memakan langsung atau diolah dijadikan jus papaya.

10. Jeruk Nipis


Jeruk nipis sering kali digunakan untuk obat batuk. Selain itu, dengan mencampurkan sari jeruk nipis dengan air hangat dapat menghilangkan sakit nyeri perut saat haid.

Baca Juga: 15 Efek Samping Obat Pelangsing untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 obat alami diatas, masih ada beberapa jenis obat dismenorrhea untuk haid yang alami lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut :

11 Jenis Obat Dismenorrhea untuk Haid yang Alami Lainnya:


11. Asam jawa
12. Kunyit
13. Lengkuas
14. Pisang
15. Jintan hitam
16. Biji adas
17. Pulosari
18. Daun srigading
19. Jahe
20. Biji Kedawung
21. Wortel

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis obat dismenorrhea untuk haid yang alami yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluuarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan didalamnya. Informasi ini jufa bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.