15 Efek Samping Vitamin E Kapsul dan Tablet untuk Tubuh

Vitamin E biasanya digunakan untuk didunia kecantikan. Selain itu juga berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah pada tubuh manusia. Vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang kuat yang mampu menyehatkan kulit dan melembabkan kulit. Biasanya vitamin E bisa didapatkan di makanan misalnya gandum dan kacang-kacangan.

Berbagai manfaat vitamin E bisa didapatkan jika Anda menggunakan vitamin E secara benar dan tepat sesuai dengan ajuran dokter. Sebagian orang mengabaikan resep dokter karena manfaat yang dihasilkan sangat diharapkan sehingga meggunakan vitamin E tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, seseorang yang demikian akan mengalami penyakit-penyakit lain. Berikut ini efek samping vitamin E Kapsul dan Tablet bagi tubuh.

15 Efek Samping Vitamin E Kapsul dan Tablet untuk Tubuh

1. Penyakit Jantung


Organ tubuh apabila terlalu sering bereaksi dengan vitamin E bisa menjadikan seseorang mengalami keracunan. Kondisi yang seperti ini bisa menyebabkan Anda mengalami resiko penyakit jantung. Salah satu penyakit jantung yang disebabkan oleh vitamin E adalah penyakit jantung kongesif.

2. Sistem kekebalan tubuh menurun


Vitamin C sangat dibutuhkan tubuh manusia karena membantu sistem imun yang ada pada organ tubuh. Jika Anda terlalu sering dan banyak konsumsi vitamin E bisa mimicu menurunnya sistem imun atau kekebalan tubuh manusia. Hal ini bisa menyebabkan seseorang mudah terkena infeksi. Konsumsi vitamin atau obat yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh.

3. Gangguang Psikis


Stress dan depresi kerap kali dialami wanita yang sering konsumsi vitamin E dalam bentuk kasul atau suplemen. Gangguan psikis ini terjadi dikarenakan wanita tersebut sering konsumsi vitamin E tanpa dosis yang benar yang dianjurkan dokter. Sebaiknya jangan sembarangan konsumsi obat atau vitamin apapun tanpa resep dokter karena kondisi tubuh diketahui jika dilakukan pemeriksaan.

4. Diare


Reaksi tubuh yang menolak apabila organ dimasuki benda asing seperti vitamin E bisa mengakibatkan seseorang mengalami diare. Gejala gangguan pencernaan yang diderita biasanya disebabkan konsumsi vitamin E yang berlebihan. Sebelum mengkonsumsi vitamin E jenis kapsul atay tablet sebaiknya baca dahulu aturan pakai yang tertera.

5. Kecacatan Bayi


Ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi vitamin E. Hal ini dikarenakan bisa memicu janin mengalami kecacatan seperti kelainan hati, jantung bahkan kerusakan otak. Sebaiknya ibu hamil menghindari penggunaan vitamin E dalam bentuk kapsul maupun tablet. Lebih baik jika untuk memenuhi kebutuhan vitamin E dalam tubuh cukup konsumsi makanan yang begizi.

6. Pendarahan Otak


Salah satu manfaat vitamin E adalah untuk kecantikan. Namun, vitamin E juga menyebabkan seseorang menglami pendarahan otak. Hal ini dipicu karena berlebihan dalam penggunaan vitamin E kapsul maupun tablet. Gejala ini biasanya diiringi dengan gangguan bicara dan juga mati rasa di bagian kaki dan lengan.

7. Pendarahan Internal


Pendarahan internal terjadi di jaringan sekitar kulit. Memang bagus ketika seseorang mengkonsumsi vitamin E karena bisa membantu kesehatan kulit. Tentunya hasil ini didapatkan dengan penggunaan yang benar. Gejala yang ditimbulkan akan meninggalkan memar dengan warna biru agak kehitam-hitaman.

8. Penyakit ginjal


Selain penyakit-penyakit yang telah dijelaskna sebelumnya akibat penggunaan vitamin E yang berlebihan juga bisa menyebabkan resiko penyakit ginjal. Jika penggunaan vitamin E berlebihan langsung berdampak mengarah ke organ ginjal. Akibatnya ginjal terbebani akibat urin di dalam darah dan menyebabkan ginjak kehilangan fungsinya.

9. Gangguan lambung


Masalah lain yang disebabkan konsumsi vitamin E berlebihan adalah gangguan lambung. Penggunaan vitamin E tidak dianjurkan untuk penderita maag, karena bisa menyebabkan asam lambung naik dan mengakibatkan gangguan lambung. Kondisi ini karena vitamin E bisa menyebabkan pengikisan dinding lambung.

10. Mual


Resiko parah seseorang yang mengalami overdosis vitamin E adalah menyebabkan refluks asam. Akibat kondisi ini adalah penderita akan mengalami mual dan muntah. Hal ini dikarenakan adanya sam lambung yang naik ke kerongkongan.

Baca Juga: 6 Efek Samping Biji Mahoni untuk Kesehatan

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa efek samping vitamin E kapsul dan tablet lainnya. Berikut ini beberapa efek samping vitamin E Kapsul dan Tablet lainnya.

5 efek samping vitamin E Kapsul dan Tablet lainnya.


11. Sakit kepala
12. Pandangan kabur
13. Gatal-gatal
14. Bengkak
15. Keguguran

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping vitamin E kapsul dan tablet bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Loading...