Langsung ke konten utama

14 Efek Samping Teratai Salju untuk Kesehatan Tubuh

Teratai salju atau yang memiliki nama latin saussurea involucrate dikenal bermanfaat untuk kecantikan. Teratai salju tidak tumbuh didaerah tropis melainkan di dataran tinggi seperti pegunungan Eropa, Amerika dan lainnya. Tanaman ini biasa diolah dijadikan sebagai jamu atau obat herbal lainnya.

Teratai salju lebih banyak memberikan keuntungan kepada penikmatnya. Diantaranya adalah menguatkan stamina, mengobati cidera, bahkan mengobati impotensi pada pria. Hal ini disebabkan kandungan teratai salju seperti enzim laktak, kandungan molekul protein dan juga kandungan polifenol. Namun, apabila penggunaan ramuan teratai salju tidak dengan dosis yang benar kandungan teratai salju bisa membahayakan tubuh Anda. Berikut ini efek samping teratai salju untuk kesehatan tubuh.

14 Efek Samping Teratai Salju untuk Kesehatan Tubuh

1. Dehidrasi


Sebagian besar penikmat ramuan teratai salju mengalami dehidrasi. Tentunya efek samping ini tidak banyak merugikan tubuh manusia. Namun jika terus dibiarkan akan merugikan kesehatan tubuh.

2. Alergi


Tidak semua tubuh manusia bisa bereaksi dengan obat hebal. Hal ini juga berlaku untuk tubuh yang sedang menjalani pengobatan herbal dengan teratai salju. Apabila tubuh menolak bereaksi dengan teratai salju tentu akan menimbulkan gatal-gatal atau alergi. Sebaiknya kenali dahulu tubuh Anda bisa menerima obat herbal teratai salju atau tidak.

3. Gangguan Pencernaan


Kandungan enzim laktat dalam teratai salju berfungsi bagi tubuh terutama saluran cerna. Hal ini tentu akan optimal apabila penggunaannya sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Namun apabila mengabaikan dosis yang seharusnya, tentunya hak ini akan menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare.

4. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil


Telah dijelaskan bahwa tanaman teratai salju ini bisa menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare. Jika teratai salju dikonsumsi ibu hamil, tentu ini sangat mengganggu kesehatan janin. Berbagai peneliti menyebutkan ibu hamil hindari konsumsi teratai salju.

5. Peradangan


Efek samping yang ditimbulkan teratai salju adalah menimbulkan dehidrasi. Apabila seseorang terus-menerus mengkonsumsi ramuan teratai salju selain dehidrasi, penikmat teratai salju akan mengalami peradangan. Cukup konsumsi teratai salju sesuai kebutuhan saja.

6. Kerusakan Hati


Kandungan teratai salju yaitu berbagai molekul protein sangat membantu kesehatan tubuh. Kandungan polifenol juga bisa membantu proses pemecahan senyawa racun dalam organ hati. Kondisi ini bisa optimal jika diimbangi dengan pemakain teratai salju sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jika penggunaan ramuan teratai salju tanpa anjuran yang benar, justru akan berakibat mengganggu kinerja fungsi hati.

7. Sulit bangun atau jam tidur lebih lama dari biasanya


Sesorang yang mengalami insomnia biasanya menggunakan ramuan teratai salju untuk memulihkan jam tidur menjadi normal kembali. Namun karena terkadang ketidak sabaran seseorang mengakibatkan mengkonsumsi ramuan teratai salju dengan berlebihan. Jika demikian, akan mengakibatkan seseorang sembuh dari insomnia tetapi susah bangun tidur.

8. Gangguan kulit


Sebagian orang menggunakan teratai salju untuk kesehatan kulit. Hasil ini akan menguntungkan bagi tubuh yang menerima ramuan teratai salju. Jika tubuh seseorang tidak mampu bereaksi dengan ramuan ini justru akan menimbulkan penyakit kulit.

9. Panas dalam


Sesuai penjelasan sebelumnya, efek samping yang bisa ditimbulkan ramuan teratai salju tidak hanya dehidrasi melainkan juga peradangan. Jika kondisi ini terus diabaikan, maka pengguna ramuan teratai salju beresiko timbul penyakit panas dalam.

10. Cepat lelah


Teratai salju dikenal sebagai penguat stamina. Hal ini disebabkan teratai salju mengandung bahan aktif antioksidan. Jika stamina terus bertambah akibat konsumsi teratai salju dan juga aktifitas yang berlebih mengakibatkan seseorang mengalami tubuh cepat lelah karena tidak ada kontrol yang benar.

Baca Juga: 10 Obat Herbal Beri-beri yang Ampuh untuk Kesehatan

Selain 10 efek samping diatas, ada beberapa efek samping teratai salju untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut efek samping teratai salju lainnya.

4 efek samping teratai salju untuk kesehatan tubuh lainnya.


11. Sembelit
12. Muntah
13. Ruam pada kulit
14. Kembung

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping teratai salju untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.