Langsung ke konten utama

5 Efek Samping Semut Jepang bagi Tubuh

Tenebrio molitor atau lebih dikenal dengan semut jepang, sangat aman untuk dijadikan sebagai pengobatan herbal. Selama ini, semut jepang dikenal sebagai perawatan murah dan tidak menimbulkan bahaya yang mematikan nyawa penggunanya. Manfaat dari semut jepang adalah untuk mengobati penyakit-penyakit kronis seperti kolesterol tinggi, diabetes, daln penyakit lainnya. Biasanya semut ini tumbuh dengan ukuran lebih besar dibandung dengan jenis semut lainnya.

Penggunaan obat herbal ini bisa maksimal jika menggunakan peraturan yang benar. maka yang dihasilkan adalah stamina tubuh yang lebih baik. Meskipun dikenal tidak menimbulkan resiko yang mematikan, jika konsumsi semut jepang berlebihan juga bisa menimbulkan resiko yang bisa merugikan kesehatan tubuh Anda. Sebaiknya baca aturan pakai penggunaan obat herbal ini dengan baik dan benar untuk mendapatkan hasil optimal. Berikut ini adalah efek samping yang diakibatkan oleh semut jepang bagi tubuh.

5 Efek Samping Semut Jepang bagi Tubuh

1. Ejakulasi dini pada pria


Mengkonsumsi apapun yang berlebihan tentu tidak baik kesehatan. Hal ini juga berlaku untuk semut jepang. Jika terlalu banyak mengkonsumsi semut jepang, akan menimbulkan rasa nyeri di sekitar kemaluan. Kondisi ini disebakan otot disekitar kemaluan sangat sensitive apalagi untuk beberapa zat yang berguna untuk menguatkan aliran darah disekitar kemaluan. Pengguna obat ini bisa beresiko lebih tinggi jika pengguna memiliki riwayat penyakit diabetes yaitu akan mengalami masalah ejakulasi dini.

2. Penurunan hemoglobin


Hemoglobin berguna bagi tubuh karena membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke semua tubuh. Konsumsi semut jepang dengan berlebihan bisa menyebabkan penurunan hemoglobin. Jika dibiarkan saja akan menimbulkan gejala lain seperti tubuh terasa lemah dan mudah terkena penyakit. Hal ini jika dibiarkan aka mengganggu aktifitas seseorang. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk memperoleh penanganan medis.

3. Kadar gula turun drastis


Kadar gula darah yang menurun akibat konsumsi semut jepang, apabila tidak diimbangi dengan keseimbangan insulin dan metabolisme tubuh bisa menyebabkan penderita menjadi lemah, tidak semangat dan kehilangan kesadaran. Sebaiknya, jika Anda memiliki riwayat diabetes dan ingin menggunakan semut jepang sebagai alternative untuk menurunkan kadar gula, konsultasikan dahulu dengan dokter supaya diberikan resep sesuai kebutuhan tubuh Anda. Jika dikonsumsi sembarangan, konsumsi obat herbal ini bisa berlebihan dan beresiko mudahnya mengalami gejala efek samping ini.

4. Rasa panas pada tubuh


Selain efek samping yang dijelaskan, konsumsi berlebih semut jepang bisa menimbulkan gangguan tubuh merasa panas. Selain itu penderita menjadi lemah dan sulit beraktifitas. Oleh sebab itu, konsumsi semut jepang dalam kadar yang ditentukan lebih disarankan. Meskipun tidak ada anjuran yang pasti penggunaan obat herbal ini, sebaiknya tidak menggunaakan obat herbal semut jepang dalam jangka panjang.

5. Dehidrasi


Efek samping demam atau rasa panas, jika dibiarkan bisa menimbulkan resiko dehidrasi. Sebaiknya langsung melakukan penanganan medis agar tidak terjadi gejala ini yang paling terparah. Jika seseorang telah mengalami dehidrasi akan memicu seseorang berakibat kehilangan konsentrasi dan bisa menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran.

Baca Juga: 5 Efek Samping Bunga Rosella bagi Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping semut jepang bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.