8 Efek Samping Melatonin bagi Kesehatan Tubuh

Melatonin merupakan obat kimia yang biasa digunakan untuk pengobatan medis seperti sakit kepala dan gangguan tidur. Selain berguna bagi manusia, melatonin juga bermanfaat untuk hewan. Fungsinya adalah untuk mengantisipasi kegelapan sedangkan untuk organisme lainnya perannanya berbeda.
Melatonin juga bisa didaptkan dari buah-buahan seperti pisang, cherry, anggur, beras dan lainnya. Selain buah-buahan juga bisa ditemukan di makanan dan minimal yang dijual di supermarket atau toko-toko retail.

Melatonin harusnya dibeli dengan resep dokter. Akan tetapi terkadang seseorang membeli melatonin di apotek tanpa menggunakan resep doker dikarenakan sudah mengetahuoi manfaat obat tersebut. Jika demikia, apabila dikonsumsi dalam jangka panjang melatonin sangat merugikan tubuh walaupun penyakit yang ditimbulkan tidaklah terlalu parah. Berikut ini efek samping melatonin bagi tubuh yang harus diketahui dan diwaspadai untuk semuanya.

8 Efek Samping Melatonin bagi Kesehatan Tubuh

1. Mual dan muntah


Kebanyakan yang sering mengkonsumsi melatonin biasanya merasakan mual dan muntah. Hal ini disebabkan tubuh tidak bereaksi positif terhadap obat ini. Sebaiknya jika mengalami gejala efek samping ini segera hentikan penggunaan melatonin.

2. Gangguan tidur


Melatonin bisa menyebabkan seseorang mengalami sleep inertia. Gejala ini adalah dimana terjadi gangguan pergerakan otot tubuh dan perasaan grogi yang dapat menyebabkan bangun secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan kandungan zat kimia yang ada dalam melatonin. Analisa gejala ini setelah konsumsi melatonin dan segera hentikan penggunaanya.

3. Mudah marah


Zat kimia yang ada dalam melatonin bisa menyebabkan seseorang mengalami frustasi atau cepat marah. Sebaiknya pengguna melatonin apabila setelah mengkonsumsi melatonin juga menghindari hal-hal yang membuat frustasi.

4. Berkurangnya aliran darah


Pengaruh melatonin dalam tubuh bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan tubuh seperti pengurangan aliran darag. Jika terjadi demikian, sebaiknya diimbangi dengan mencukupi asupan tubuh dengan nutrisi yang cukup.

5. Hipotermia


Biasanya gejala ini ditandai dengan kondisi tubuh yang kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin atau suhu tubuh yang berada di bawah 35 derajat celcius. Gejala yang ditimbulkan biasanya tekanan darah menuruh dan terjadi kontraksi otot. Jika mengalami demikian akibat melatonin sebaiknya jauhkan diri dari benda-benda yang dingin dan dekatkan yang memberikan kehangatan tubuh.

6. Memperparah Gangguan Auto-Imun


Melatonin dapat menjadikan penderita gangguan auto imun semakin parah. Hal ini disebabkan zat melatonin menimbulkan immunomodulation. Jika Anda memiliki riwayat penyakit auto imon sebaiknya hindari penggunaan obat ini.

7. Menurunkan tingkat FSH


FSH adalah hormone yang bekerja pada folikel yaitu hormone gonadrotopin. Kegunaan hormone tersebut adalah untuk mengatur pertumbuhan proses pubertas dan proses reproduksi tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan berkurangnya sperma pada laki-laki. Selain itu, juga bisa menyebabkan berbagai penyakit dan juga obesitas.

8. Kemandulan


Telah dijelaskan sebelumnya, melatonin mengandung FSH. Apabila Anda terlalu sering mengkonsumsi melatonin, hal ini selain mempengaruhi hasil sprema pada laki-laki jika terus menerus dikonsumsi akan mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan memiliki keturunan. Sebaiknya, gunaakan melatonin sesuai dengan anjuran dokter supaya dosis yang diberikan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Baca Juga: 7 Tanaman Herbal Pelancar Peredaran Darah di Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang 8 efek samping melatonin bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...