12 Efek Samping Kunyit bagi Kesehatan Tubuh

Kunyit tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan. Kunyit juga biasa diolah dijadikan jamu atau obat herbal. Kunyit dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman rimpang ini bermanfaat dalam menjaga metabolisme tubuh terutama saluran pencernaan. Selain itu, kunyit juga bisa membantu kerja jantung, regenerasi sel bahkan kunyit juga bermanfaat sebagai kecantikan.

Kandungan kunyit yaitu kurkuma dapat membantu menghambat penggumpalan trombosit. Obat herbal yang dipercayai aman bagi tubuh, juga bisa menimbulkan efek samping yang merugikan  tidak terkecuali obat herbal berbahan dasar kunyit. Penggunaan obat herbal kunyit, sangat tidak baik bagi tubuh apabila penggunaannya tidak sesuai dosis yang tepat. Berikut ini efek samping kunyit bagi tubuh yang harus diwaspadai.

12 Efek Samping Kunyit bagi Kesehatan Tubuh

1.  Pendarahan


Kandungan bahan aktif dalam kunyit berguna intuk menghambat penggumpalan trombosit. Trombosit digunakan dalam proses penyembuhan luka. Jika trombosit dalam tubuh penggumpalan tentu megakibatkan luka yang terjadi tidak lekas pulih. Kondisi demikian apabila diatasi dengan kunyit yang mengandung curcuma bisa membantu trombosit tidak membeku. Namun apabila konsumsi kunyit terlalu berlebihan bisa mengakibatkna trombosit tidak terkendalikan dan berakibat pendarahan akut.

2. Gangguan janin


Kunyit merupakan obat herbal untuk mengatasi masalah pencernaan. Kunyit juga dikenal sebagai bahan alami pencuci perut. Kunyit tidak disarankan untuk ibu hamil dikarenakan dapat mengganggu kondisi kesehatan janin. Cara kerja kunyit dalam tubuh pertama melalui saluran cerna sang ibu dan ini menjadikan saluran cerna lebih kencang kinerjanya dari biasanya. Kondisi ini bisa mengakibatkan penyerapan nutrisi pada janin berkurang.

3. Keguguran


Telah dijelaskan sebelumnya kinerja kunyit untuk ibu hamil. Kandungan kurkuma dalam kunyit yang masuk ke saluran cerna menyebabkan terjadinya reaksi keras pada lambung, usus dan Rahim. Jika kondisi ini terus dibiarkan, makan ibu dapat mengalami keguguran.

4. Asam lambung tinggi


Kunyit tidak dianjurkan untuk penderita maag atu penyakit lambung lainnya. Kurkuma yang terkandung dalam kunyit hanya boleh dikonsumsu 100mg perhari. Jika dikonsumsi terus menerus aka menyebabkan produksi asam lambung naik untuk penderita maag. Kondisi ini ditandai denga  gejala awal mual dan muntah.

5. Diare dan sembelit


Kukurma yang terkandung dalam kunyit berfungsi sebagai pembersih, anti inflamasi dan juga berpengaruh pada organ serta saluran pencernaan. Kandungan kunyit demikian wajar saja jika mengalami sembelit sesaat setelah kosumsi kunyit. Jika kadar kunyit yang masuk tubuh dalam kadar yang berlebihan bisa mengakibatkan sembelit dalam waktu lama dan juga akan mengalami diare. Kunyit yang berfungsi sebagai pencuci perut sebaiknya digunakan sesuai anjuran saja.

6. Mengganggu kemoterapi


Untuk penderita kanker, tidak disarankan konsumsi kunyit. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung kurkuma yang dapat menurunkan kondisi kesehatan penderita kanker. Apalagi untuk penderita yang sedang menjalani kemoterapi, sebaiknya hindari konsumsi kunyit untuk menjada kondisi badan agar tetap normal.

7. Gangguan pencernaan


Telah dijelaskan bahwa kunyit berfungsi untuk menetralkan pencernaan, membersihkan serta membantu konerja saluran cerna dalam tubuh. Namun, hasil ini tidak bisa didapatkan apabila konsumsi kunyit secara berlebihan. Hal ini justru akan mengganggu fungsi lambung seta kinerja usus.

8. Alergi


Kunyit juga bisa menimbulkan alergi untuk sebagian orang. Hal ini ditandai dengan pori-pori kulit yang melebar serya terkadang bercak-bercak berwarna merah yang timbul dan hilang sekali waktu. Bagi yang sedang menderita demam atau sedang sakit bercak ini akan lebih sering muncul.

9. Infeksi kemih


Tanpa disadari, jika sesorang mengkonsumsi kunyit berelebih akan mengakibatkan infeksi kemih. Efek samping ini merupakan penyakit yang berat akibat konsumsi kunyit. Kondisi ini disebabkan kunyit yang tidak mampu mensekresikan zat aktifnya saat sudah tidak dibutuhkan tubuh lagi yang akan tertimbun pada saluran kemih dan ginjal. Gejala awal yang dialami adalah muncul warna kuning bersamaan dengan urin.

10. Menggigil


Jika terlalu banyak konsumsi kunyit,dapat menimbulkan menggigil pada malam atau menjelang pagi. Hal ini dipicu karena tidak adanya control asupan kunyit yang masuk dalam tubuh. Sebaiknya gunakan kunyit sesuai yang dibutuhkan tubuh saja. Jika sekali pengobatan dirasa cukup segera hentikan pengobatan herbal ini.

Baca Juga: 15 Efek Samping Pil KB bagi Kesehatan Wanita

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa efek samping kunyit bagi tubuh lainnya. Berikut beberapa efek samping kunyit bagi tubuh lainnya.

2 Efek samping kunyit bagi kesehatan tubuh lainnya.


11. Sesak nafas
12. Gangguan pencernaan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang 12 efek samping kunyit bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...