28 Efek Samping Insulin untuk Kesehatan Tubuh

Insulin merupakan hormone yang sangat penting bagi tubuh. Insulin diproduksi oleh pancreas yang berfungsi sebagai pelepas hormone insulin sehingga tubuh akhirnya dapat bekerja mengubah glukosa menjadi tenaga. Kemudian glukosa disebar di seluruh tubuh sehingga kita dapat beraktifitas dengan baik.

Hormone insulin juga berfungsi membantu agar tubuh menyimpan energe yang disebar keseluruh tubuh. Apabila anda dianjurkan untuk melakukan penyuntikkan insulin, sebaiknya anda mengetahui manfaat dan efek samping yang ditimbulkan insulin bagi kesehatan anda. Berikut efek samping insulin bagi tubuh yang harus diwaspadai.

28 Efek Samping Insulin untuk Kesehatan Tubuh

1. Pusing


Yang sering dialami seseorang setelah mendapatkan suntikan insulin adalah rasa pusing. Cara kerja insulin setelah dilakukan penyuntikan dalam tubuh, gula darah akan mengalami penurunan sehinggan mengakibatkan efek sakit kepala. Kondisi seperti ini menjadikan kinerja otak menjadi lebih lambat dan jika terus terjadi mengakibatkan munculnya racun dalam tubuh.

2. Alergi kulit


Tidak semua tubuh seseorang bisa bereaksi positif apabila disuntikan insulin. Sebagian orang ada yang mengalami bengkak pada kulit setelah disuntikkan insulin dan terkadang juga timbul rasa gatal serta tubuh merasa tidak nyaman. Kondisi seperti diakibatkan tubuh alergi terhadap insulin.

3. Hiperglikemia


Hiperglikemia istilah lain ketika kondisi kadar gula yang ada didalam darah jauh lebih tinggi ketimbang normalnya. Kadar gula bisa dikategorikan normal apabila kadarnya sekitar 70-100 mg/dL. Apabila timbul gejala tubuh lemas, tubuh cepat lelah, setelah tubuh diberikan suntikan insulin sebaiknya segera konsultasikan ke dokter karena dikhawatirkan terkena gejala hiperglikemia.

4. Hipoglikemia


Selain hiperglikemia, efek samping insulin bagi tubuh juga menimbulkan hipoglikemia yang merupakan kondisi kebalikan dari hiperglikemia. Kadar gula yang menjadi rendah, disebakan oleh sel hati dan otot yang mengambil glukosa dari darah. Kondisi ini dipicu karena banyaknya insulin yang disuntikkan sehingga mengakiibatkan terlalu banyak glukosa yang diambil dan disimpan oleh tubuh. Jika kondisi seperti terus terjadi, bisa menyebabkan gula darah menurun dan kinerja otak menurun.

5. Metabolisme tubuh menurun


Sudah dijelaskan bahwa efek samping insulin diantaranya hipoglikemia. Saat kadar gula menurun, hal ini bisa mengakibatkan terjadi penurunan metabolisme yang memicu perubahan metabolic obat sehingga terjadi kejang-kejang. Kondisi seperti ini jarang dialami, namun sebaiknya ketika terjadi demikian segera periksa ke dokter untuk penangaan yang lebih cepat.

6. Iritasi kulit


Apabila anda sering melakukan penyuntikkan insulin sendiri sebaiknya lebih waspada. Hal ini karena bisa menimbulkan kerusakan jaringan kulit. Efek samping yang ditimbulkan tidak hanya dari reaksi alegi terhadap insulin melainkan juga bisa disebabkan karena jarun suntik yang digunaan saat prosess menyuntikkan insulin.

7. Pingsan


Apabila seseorang dalam kondisi kadar gula rendah, akan berakibat tubuh lemas dan bisa menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran. Kondisi seperti ini disebabkan penurunan kadar gula mendadak. Sebaiknya gunakan anjuran dokter untuk memperoleh hasil maksimal.

8. Kenaikan berat badan


Tidak hanya dipicu banyaknya porsi makan, kenaikan berat badan juga bisa disebabkan banyaknya insulin yang disuntikkan. Kondisi seperti ini disebakan karena muncul rasa lapar terus menerus setelah penyutikkan insulin. Untuk menghindari kenaikan berat badan bahkan terjadinya obesitas, sebaiknya mengkonsultasikan tentang berat badan diri sendiri yang normal dan insulin yang tepat bagi tubuh.

9. Resistensi insulin


Penyuntikkan insulin yang rutin, dalam jangka panjang bisa menjadi factor pemicu resistens insulin sehingga otomatis dosis insulin dinaikkan dengan tujuan memperoleh efek yang sama. Pengubahan dosis insulin harus dikonsulasikan dengan dokter lebih dulu.

10. Konsentrasi menurun


Akibat penggunaan insulin yang tepat, telah dijelaskan diatas bisa mengakibatkan kadar gula menurun dan rasa pusing. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan konsentrasi seseorang menurun karena tubuh akan mejadi kurang sehat. Hal ini tentu akan mengganggu kinerja otak. Alangkah baiknya anda kosultasikan dahulu penyuntikkan insulin dan tidak menyuntikkan sendiri insulin kedalam tubuh.

Baca Juga: 19 Efek Samping Amoxicillin bagi Kesehatan Tubuh

Selain 10 efek samping diatas, ada beberapa efek samping insulin bagi kesehatan tubuh lainnya. Berikut beberapa efek samping  lainnya.

18 efek samping insulin bagi kesehatan tubuh lainnya.


11. Sembelit
12. Penebalan pada kulit
13. Terjadi cekungan pada kulit
14. Ruam serta gatal yang dirasakan di seluruh tubuh
15. Sesak nafas
16. Mengi
17. Pandangan kabur
18. Berkeringat lebih
19. Detak jantung lebih cepat
20. Sulit menelan
21. Bengkak di bagian kaki bawah, pergelangan kaki, tangan dan lengan
22. Ketidak teraturan pada irama jantung
23. Kram otot
24. Koma hipoglikemik
25. Mual
26. Muntah
27. Dehidrasi 
28. Sering buang air kecil

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping insulin bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...