13 Efek Samping Ibuprofen bagi Kesehatan Tubuh

Penghilang pereda nyeri salah satunya adalah ibuprofen. Selain itu, ibuprofen juga memiliki sifat anti-infamasi non-steroid. Tidak hanya sebagai obat nyeri, ibuprofen juga bermanfaat untuk meredakan peradangan atau anti inflamasi. Biasanya dokter menganjurkan penggunaan obat ini untuk mengatasi penyakit ringan seperti keseleo, nyeri otot, nyeri menstruasi atau nyeri setelah melakukan operasi. Selain manfaat yang telah disebutkan, ibuprofen sangat dimanfaatkan untuk meredakan penyakit demam dan flu.

Ibuprofen akan memberika hasil optimal apabila takaran yang digunakan sesuai dan menurut saran dokter. Selain itu, ibuprofen sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan dengan amoxicillin. Seperti obat yang lainnya, ibuprofen hanya dikonsumsi saat merasakan sakit saja. Jika dikonsumsi secara terus-menerus, ibuprofen akan berakibat hal yang tidak diinginkan bagi tubuh. Berikut ini efek samping ibuprofen bagi tubuh.

13 Efek Samping Ibuprofen bagi Kesehatan Tubuh

1. Tukak lambung


Efek samping yang biasa dialami pengguna ibuprofen adalah luka pada lambung. Kondisi ini diakibatkan penggunaan ibuprofen yang tidak sesuai takarannya. Luka pada lambung sejenis dengan luka pada dinding lambung yang mengikis secara perlahan. Jika kondisi seperti ini dibiarkan akan mengakibatkan penyebaran luka ke bagian usus dan esophagus. Gejala awal penyakit ini ditandai dengan mual atau muntan saat sedang sarapan.

2. Sesak nafas


Sebaiknya jika mengkonsumsi obat, bagusnya makan dahulu. Jika tidak demikian akan menyebabkan anda mengalami sesak nafas. Kondisi tersebut juga berlaku jenis obat ibuprofen. Kandungan ibuprofen yang tergolong berat apabila ingin mengkonsumsi obat ini haruslah diimbangi dengan kondisi pencernaan yang prima. Sesak nafas yang diakibatkan konsumsi ibuprofen terjadi dalam waktu kurang 15menit setelah obat masuk dalam tubuh.

3. Gangguan fungsi ginjal


Organ penting dalam tubuh yang penting salah satunya adalah ginjal. Jika mengkonsumsi obat tanpa menggunakan takaran yang tepat hal ini akan mengakibatkan ginjal tidak bisa bekerja sesuai fungsinya. Kondisi ini diawali dengan nyeri pada bagian bawah perut, serta perubahan warna pada feses yang menjadi hitam.

4. Kelainan hati


Organ yang berfungsi sebagai penetral racun adalah hati. Jika mengkonsumsi ibuprofen dalam jangka panjang, hal ini mengakibatkan racun yang sedang dinetralkan hati akan semakin menumbuhkan kekebalan. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi ibuprofen saat mengalami rasa nyeri saja. Untuk menghindarai kelainan fungsi hati.

5. Hipertensi


Efek samping yang diderita seseorang apabila tubuh tidak bereaksi positif terhadap obat tersebut adalah mengalami hipertensi. Hal ini diakibatkan penggunaan ibuprofen yang melebihi dosis yang dianjurkan atau overdosis. Selain itu, hipertensi terjadi juga disebabkan efek samping insomnia.

6. Penyumbatan aliran darah


Penyumbatan aliran darah akan dialami seseorang yang mengkonsumsi ibuprofen dengan riwayat penyakit yang dimiliki adalah tekanan darah rendah dan kolesterol tinggi. Penyumbatan terjadi karena kurangnya asupan oksigen selain itu juga disebabkan kinerja ibuprofen yang mengurangi produksi prostaglandin. Kondisi yang tidak seimbang inilah yang menyebabkan adanya pengumpalan darah pada beberapa pembuluh darah.

7. Gangguan janin


Ibuprofen tidak dianjurkan untuk ibu hamil atau menyusui. Ibuprofen yang berfungsi sebagai anti nyeri bisa mengakibatkan kelainan pada janin serta menghambat produksi ASI. Oleh karena itu, ibu profen tidak dianjurkan dikonsumsi sejak 3 bulan masa kehamilah awal. Sebaiknya gunakan obat lain untuk meredakan nyeri tentunya yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

8. Gangguan system pencernaan


Munculnya luka pada lambung yang telah dijelaskan sebelumnya, bisa menyebabkan perut mengalami gangguan seperti diare. Selain diare, untuk beberapa orang yang mengkonsumsi ibuprofen akan menyebabkan munculnya gangguan pencernaan lainnya diantaranya sembelit dan perut merasa kembung atau terasa penuh.

9. Alergi


Alergi yang biasa ditimbulkan obat yang mempunyai sifat anti-inflamasi adalah menimbulkan ruam, gatal serta penebalan rasa. Selain itu juga bisa menimbulkan rasa sakit lain yaitu pusing dan mual. Untuk sebagian orang yang konsumsi ibuprofen juga menimbulkan reaksi lai seperti radang tenggorokkan dan sakit tulang punggung.

10. Serangan jantung


Jika mengkonsumsi ibuprofen tanpa mengikuti anjuran dokter dapat berakibat fatal yaitu timbul gangguan pada sisten kerja jantung. Hal ini terjadi karena terhambatnya aliran darah dan oksigen sehingga menimbulkan serangan jantung atau gagal jantung terutama yang memiliki riwayat penyakir kronis seperti diabetes, kolesterol tinggi.

Baca Juga: 14 Efek Samping Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 efek samping diatas, ada beberapa efek sampng ibuprofen bagi kesehatan tubuh lainnya. Berikut beberapa efek samping lainnya.

3 efek samping ibuprofen bagi kesehatan tubuh lainnya.


11. Mual
12. Muntah
13. Pembengkaan pada ruam

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping ibuprofen bagi kesehatan tubuh perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...