8 Efek Samping Daun Sirih bagi Kesehatan Tubuh

Daun sirih merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki 1001 manfaat. Daun sirih mengandung senyawa kimia alami yang tentu baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini tentu dikarenakan daun sirih mengandung riboflavin, vitamin C, fitookimia, alkaloid dan polifenol. Daun sirih juga termasuk dalam ordo piperales dan juga family piperaceae.

Daun sirih yang memiliki sifat antibiotik dan antiseptik diketahui bisa mengobati berbagai penyakit seperti mengatasi jerawat, diare, menjaga kesehatan gigi, membunuh bakteri dan juga bisa menhentikan pendarahan. Hasil pemanfaatan daun sirih akan optimal jika penggunaan daun sirih dengan takaran yang sesuai. Meskipun penggunaan obat herbal dikategorigan aman bagi tubuh, apabila penggunaan daun sirih tidak sesuai yang dianjurkan atau berlebihan justru akan menimbulkan penyakit lain.

8 Efek Samping Daun Sirih bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini efek samping daun sirih bagi kesehatan tubuh jika terlalu berlebihan konsumsi daun sirih.

1. Iritasi di Area kewanitaan


Daun sirih pada umumnya diketahui memberikan manfaat baik bagi daerah kewanitaan. Selain itu juga mampu membersihkan serta meningkatkan kesehatan di area tersebut. Namun, sebaiknya penggunaan daun sirih tidak dilakukan setiap hari dikarena bisa beresiko iritasi di area kewanitaan. Kondisi ini dikarenanakan organ kewanitaan mengalami kekeringan sehingga lebih mudah teriritasi. Oleh karena itu, gunakan daun sirih seperlunya saja.

2. Membunuh bakteri baik


Penggunaan daun sirih setiap hari tidak baik untuk kesehatan area kewanitaan dan juga penggunaan seperti ini tidak disarankan. Kandungan antibiotic dan antiseptic dalam daun sirih sangat tinggi dan termasuk kuat sehingga bisa membunuh bakteri jahat dan juga bakteri baik terutama bakteri yang ada didalam pencernaan.

3. Mempercepat detak jantung


Kinerja jantung akan berdebar kencang dari biasanya jika Anda memakai dan mengkonsumsi daun sirih. Hal ini tentu cuku mengganggu, sebaiknya hentikan pengguaan dan konsumsi daun sirih jika gejala ini mulai dirasakan.

4. Penyakit jantung


Efek samping yang berbahaya apabila Anda mengkonsumsi air daun sirih adalah timbul penyakit jantung. Kondisi ini juga terjadi apabila seseorang mengkonsumsi air daun sirih dalam jangka panjang.

5. Tumor di mulut


Air daun sisirh sangan bermanfaat apabila dikonsumsi dengan takaran yang pas dan tentunya dengan jangka waktu yang ditentukan guna untuk menyembukan penyakit kanker. Namun apabila sebaliknya, justru akan memicu berkembangnya pertumbuhan tumor dalam tubuh Anda.

6. Kanker otak


Jika Anda ingin mendapatkan hasil optimal dari daun sirih, sebaiknya batasi saat mengkonsumsi air daun sirih. Jika sebaliknya, hal ini akan menimbulkan resiko penyakit kanker otak. Hindari pemakaian air daun sirih dalam jangka panjang.

7. Mengurangi produksi ASI


Daun sirih sangat bermanfaat untuk mengurangi produksi ASI. Cukup dengan menempelkan daun sirih dan dengan diolesi minyak kelapa di aera payudara. Namun, saran ini tidak dianjurkan kepada wanita yang sedang menyusui dikarenakan produksi ASI yang dihasilkan tidaklah sama setiap harinya. Tentu kondisi ini bisa mengakibatkan wanita menyusui mengalami kekurangan produksi ASI.

8. Kanker Mulut


Wanita-wanita yang masih sering memanfaatkan daun sirih untuk menginang sebaiknya waspada karena bisa menyebabkan kanker mulut. Kondisi ini terjadi apabila penggunaan daun sirih terlalu berlebihan dan tentu dalam jangka panjang baru akan dirasakan gejala efek samping ini.

Baca Juga: 28 Efek Samping Insulin untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping daun sirih bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...