Langsung ke konten utama

7 Efek Samping Daun Kersen untuk Kesehatan

Tanaman kersen atau biasa disebut dengan tanaman buah ceri biasanya tumbuh di luar pekarangan bahkan bisa tumbuh subur tanpa dipelihara ditengah-tengah petani palawija. Kersen mengandung nutrisi seperti flavonoid, vitamin C yang cukup tinggi, zat alkaloid, protein, anti oksidan, anti inflamasi, anti kanker, anti tumor, protein, kalsium, zat besi, karbohidrat dan serat. Kandungan yang ada pada daun kersen bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes, mengurangi kadar kolesterol, bahkan dapat memperkuat otot jantung. Hal ini dikarenakan setiapp kandungan yang ada pada tanaman kersen bisa bermanfaat bagi tubuh.

Tanaman kersen dapat dirasakan manfaatnya jika diolah secara baik dan dikonsumsi dengan anjuran dokter sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun kerap kali banyak yang mengolah tanaman ini dengan sembarangan sehingga manfaatnya tidak diperoleh. Untuk itu, ketahui terlebih dahulu bagaimana mengolah daun kersen dengan baik sebelum mengkonsumsinya dan juga konsultasikan dengan dokter kebutuhan tubuh terhadap tanaman ini. Apabila terjadi kesalahan dalam mengolah daun kersen, akan menimbulkan efek samping yang merugikan tubuh bahkan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran. Berikut ini efek samping daun kersen yang berbahaya bagi tubuh yang perlu diketahui.

7 Efek Samping Daun Kersen untuk Kesehatan

1. Alergi


Rebusan daun kersen bisa menyehatkan tubuh manusia jika penggunaannya tidak melebihi dari kebutuhan tubuh. Namun, untuk sebagian orang daun kersen bisa mengakibatkan alergi yang ditandai dengan muncul ruam kulit kemerahan. Sebaiknya lakukan tindakan uji coba kersen dalam jangka pendek untuk mengetahui tubuh Anda alergi terhadap tanaman ini atau tidak.

2. Sakit perut


Sebaiknya hindari konsumsi daun kersen pada anak-anak. Hal ini karena bisa mengakibatkan anak mengalami gangguan lambung. Kondisi ini dipicu karena asam lambung yang meningkat akibat daun kersen yang masuk pada tubuh. Lebih baik jauhkan olahan tanaman ini dari anak-anak demi menjaga kesehhatan tubuh anak.

3. Gangguan ginjal


Ginjal bisa mengalami gangguan apabila konsumsi daun kersen tidak sesuai yang telah diberlakukan ahli gizi. Sebaiknya daun kersen dikonsumsi sesuai anjuran dokter. Hal ini tentunya untuk mengurangi resiko gangguan penyakit ginjal.

4. Gangguan liver hati


Jika Anda memiliki gangguan kesehatan pada liver atau sedang menjalani terapi disarankan tidak mengkonsumsi daun kersen. Karena efek samping yang ditimbulkan dapat memperburuk kondisi hati dan memperlambat penyembuhan.

5. Mual dan Muntah


Apabila Anda memiliki penyakit lambung yang sensitif dan mengalami asam lambung sebaiknya hindari rebusan daun kersen. Karena jika dipaksakan mengkonsumsi daun kersen bisa menimbulkan resiko mual dan muntah.

6. Berbahaya bagi ibu hamil


Sebaiknya jika anda sedang menjalani proses kehamilan, demi menjaga perkembangan tubuh janin jangan mengkonsumsi daun kersen. Hal ini tentu supaya tidak menyebabkan penyakit pada janin yang tidak diharapkan. Apabila tetap ingin mengkonsumsi sebaiknya gunakan resep dokter.

7. Keguguran


Telah dijelaskan sebelumnya, tidak dianjurkan daun kersen dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain berbahaya bagi janin, apabila dikonsumsi jangka panjang bisa menyebabakan seseorang kehilangan nyawa janin. Terus lakukan pemeriksaan demi menjaga janin dan juga kesehatan ibunya.

Baca Juga: 5 Efek Samping Konsumsi Daun Afrika bagi Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping daun kersen yang berbahaya bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.