5 Efek Samping Konsumsi Daun Afrika bagi Tubuh

Daun afrika adalah tanaman yang berasal dari Afrika, tentunya ini sesuai dengan namanya. Namun demikian, daun afrika bisa tumbuh didaerah tropis diantaranya Indonesia. Daun afrika biasa digunakan untuk pengobatan herbal. Hal ini dikarenakan daun afrika memiliki banyak manfaat yang berguna untuk tubuh. Penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun afrika adalah diabetes, kolesterol, asam urat, detoksifikasi, hipertensi bahkan bisa menyembuhkan penyakit stroke.

Kegunaan daun afrika bisa diperoleh jika ramuan obat herbal ini diolah dengan benar dan tanpa dicampur dengan sembatang obat kimia maupun bahan lainnya. Hal ini tidak dianjurkan karena belum ada penelitian yang jelas menyebutkan efek samping pengobatan dengan obat herbal ini. Namun begitu bukan berarti daun afrika tidak merugikan tubuh. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan akibat konsumsi daun afrika bagi tubuh.

5 Efek Samping Konsumsi Daun Afrika bagi Tubuh

 

1. Mual


Daun afrika memiliki rasa yang khas, yaitu rasa pahit. Sebagian besar orang tidak terlalu suka konsumsi rasa pahit. Karenanya, pengguna daun afrika bisa mengalami gangguan mual akibat rasa yang terkandung pada daun afrika. Sebaiknya hindari konsumsi daun afrika apabila Anda tidak menyukai rasa pahit. Hal ini dikarenakan rasa pahit yang ada pada daun afrika terbilang sangat parah dan bisa mengganggu untu sebagian penggunanya.

2. Terjadinya pebengkakan


Efek samping alami dari daun afrika adalah tubuh bisa mengalami pembengkakan. Pembengkakan yang dialami tidak terlalu terlihat. Namun, gejala ini seribgkali mengganggu untuk pengguna daun afrika. Biasanya pembengkakan yang dialami di daerah tubuh seperti kaki atau tangan. Kondisi ini bisa membuat aktifitas Anda enjadi terganggu. Sebaiknya jika tidak ingin mengalami efek samping ini, hindari konsumsi daun afrika.

3. Alergi


Sebagian orang, tubuh tidak bisa bereaksi positif terhadap daun afrika. Biasanya jika tubuh menolak menimbulkan rasa gatal-gatal atau alergi sama seperti yang dirasakan ketika tejadi alergi akibat makanan laut dan bahan lainnya. Efek yang ditimbulkan ini tidaklah terlalu berbahaya namun sangat mengganggu aktifitas. Sebaiknya lakukan pencegahan dan juga periksaka ke dokter untuk menyembuhkan penyakit alergi terhadap daun afrika.

4. Gangguan Janin


Untuk ibu-ibu yang sedang mengandung, tidak disarankan mengkonsumsi daun afrika. Hal ini dipercaya bisa mengganggun kesehatan janin. Selain dilarang untuk ibu hami, daun afrika juga tidak anjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang menstruasi. Untuk efek samping ini, sebenarnya belum ada penelitian yang membenarkan. Akan tetapi, sebaiknya hindari saja penggunaan ini supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan dan juga demi menjaga kesehatan tubuh untuk tetap sehat.

5. Gangguan pencernaan


Apapun obat herbal maupun obat kimia, jika tubuh tidak bisa bereaksi positif terhadap obat tersebut setelah mengalami rasa mual dan muntah bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Kondisi ini juga bisa disebabkan konsumsi daun afrika yang terlalu berlebihan dan tidak sesuai anjuran dokter. Berhati-berhatilah menjadi konsumen agar tubuh tetap terjaga dan terpelihara. Apapun itu haruslah dikonsultasikan supaya benar-benar diperoleh manfaatnya.

Baca Juga: 15 Efek Samping Vitamin E Kapsul dan Tablet untuk Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang 5 efek samping daun afrika bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...